5 Jenis-jenis Bed di Hotel dan Ukurannya, Wajib Tahu sebelum Memesan Fasilitas Kamar Hotel

5 Jenis-jenis Bed di Hotel dan Ukurannya, Wajib Tahu sebelum Memesan Fasilitas Kamar Hotel

Konten [Tampil]


Sebelum memilih hotel, ada baiknya melakukan banyak pertimbangan. Mulai dari lokasi hotel, kendaraan yang bisa digunakan di sekitar hotel, review hotel, harga, dan masih banyak lagi. Nah ketika sudah sampai di hotel, perlu lagi mengetahui fasilitas kamar hotel yang sesuai dengan kebutuhan. Seperti bagaimana jenis-jenis bed di hotel dan ukurannya yang diinginkan, atau bagaimana pelayanan yang akan didapatkan. Beda jenis kamar, beda pula pelayanannya. ada yang biasanya mendapatkan breakfast, ada juga yang tidak. Ada kamar yang memiliki lounge dan ruang makan, ada yang kamar saja. 

Perlengkapan kamar tidur hotel juga biasa berbeda tiap kamar. Untuk fasilitas twin room misalnya, memang diperuntukkan untuk 2 orang, akan sulit jika membawa balita. Kamar yang tepat membawa balita adalah yang double bed. Untuk lebih jelasnya, apa saja sih jenis dan size kasur hotel yang biasanya disediakan? Yuk simak di bawah ini :

Single Bed

single bed size
single bed, foto : bukalapak.com

Jenis kasur ini biasanya digunakan untuk orang-orang yang ingin traveling seorang diri. Ukuran yang biasa disediakan adalah 100x200 cm, atau bisa saja lebih lebar. Single bed ini direkomendasikan untuk para traveler karena harganya yang biasanya lebih terjangkau, juga ukuran kamar yang lebih kecil. Bukankah traveler lebih banyak menghabiskan waktu di luar daripada tinggal di kamar? Single bed memang pas untuk dijadikan pilihan.

Twin Bed

Jenis-jenis Bed di Hotel dan Ukurannya
twin bed, foto : id.aryaduta.com

Untuk kasur ini, biasa digunakan oleh 2 rekan kerja yang misalnya sedang dinas bersama. Tipe kasur ini juga biasa disebut dengan 2 single bed. 

Adapun ukuran twin bed ini sama dengan single bed cuma berjumlah 2. Luas kamar untuk twin bed juga terkadang lebih luas dari single bed. Untuk harga tentu lebih mahal dari single bed. Peralatan fasilitas kamar hotel juga dilebihkan menjadi untuk 2 orang.

Double Bed

double bed size
double bed, foto : id.aryaduta.com (tipe deluxe room)

Apa beda double bed dan twin bed? Twin bed adalah kasur single bed yang terdapat 2 buah dalam satu kamar. Sedangkan double bed ukurannya lebih besar dan terdapat hanya 1 di dalam ruangan. Kasur double bed sangat pas digunakan untuk pasangan yang telah menikah. Jika ingin berbulan madu, jangan lupa untuk memesan kasur double bed. Untuk pasangan yang memiliki anak balita yang masih  tidur bersama orang tua, juga harus memesan kamar jenis ini. Untuk ukurannya memang lebih besar. Biasa disebut juga king size bed. Ukuran biasanya adalah 180 x 200 cm. terkadang ada juga yang memiliki ukuran 200x200.

Extra Bed

extra bed hotel
contoh extra bed, gambar : tokopedia.com

Kasur ini dinamakan kasur extra karena merupakan kasur tambahan. Ukurannya sama dengan single bed, namuan biasanya hanya diletakkan di bawah tanpa ranjang. Menambah extra bed biasanya dibebankan biaya tambahan namun tentu lebih murah daripada harus memesan 1 kamar hotel lagi.

Kamar ini cocok untuk pasutri yang misalnya telah memiliki 2 anak, namun tidak bisa tidur bersama di kasur ukuran double bed karena tidak cukup. Extra bed bisa menjadi solusi tambahan..

Atau untuk orang tua yang telah memiliki 3 anak remaja, bisa memesan twin bed sekaligus extra bed.

Baby Cot atau Crib

baby cot hotel
baby cot, foto : tripadvisor.co.id

Ternyata, baby cot atau keranjang bayi untuk tidur bisa dipesan ketika menginap di hotel. Bagi orang tua yang masih memiliki bayi yang dikhawatirkan jatuh dari tempat tidur karena masih aktif dan pelum paham, ada baiknya memesan baby cot ini. Mungkin juga akan ada tambahan semacamnya.

Kesimpulan

Itu dia macam-macam bentuk tempat tidur yang ada di hotel. Harga tempat tidur hotel sebenarnya menyesuaikan dengan fasilitas kamar hotel dan tentunya pelayanan yang ada. Penting untuk memperhatikan size kamar hotel sebelum memesan kamar. Single bed ukurannya juga terkadang berbeda-beda. Jika memiliki badan lebih bongsor, pastikan single bednya lebih besar atau pilih double bed sekalian.

Adapun kamar hotel bukan hanya mengenai ukuran. biasanya untuk yang double bed (king siza bed), juga masih terbagi beberapa maacam, seperti ada yang namanya deluxe room, suite room, dan lain-lain.  Fasilitas deluxe room dan fasilitas suite room tentu berbeda-beda.

Biasanya kamar hotel juga berbeda jenis kamar berdasarkan letaknya. Untuk yang paling mewah dan mahal, diletakkan di lantai paling atas dan memiliki akses yang tidak banyak orang bisa melaluinya. Pemandangan yang ditawarkan juga lebih menarik ketiak melihat dari jendela kamar. 

Semoga info mengenai size kasur hotel atau jenis-jenis bed di hotel dan ukurannya ini bisa membantu teman-teman dalam memilih kamar hotel. Semoga bermanfaat!


Referensi :
https://travel.tribunnews.com/2018/11/08/5-jenis-tempat-tidur-yang-ada-di-kamar-hotel-jangan-sampai-salah-pilih
Baca Juga

2 komentar

  1. Sebelum covid, aku rutin staycation tiap bulan di hotel2, hanya Krn suka aja Ama bedding mereka yg LBH nyaman :D. Tp biasanya kami pesen yg double bed king size Krn ada 2 krucils yg slalu ikut :D.

    So far cm baby cot yg aku blm prnh pake ato request. Krn pas anak2 msh baby, LBH suka ditaro di tengah2 aja :). Baca ini jd kangen staycation LG mba..

    BalasHapus
  2. lama juga nggak nginep di hotel, biasanya kalau lagi pengen nyari kasur yang gedean atau dapetnya kamar yang ukuran double bed ya terpaksa diinapi, karena sisa kasurnya hanya yg tipe itu

    BalasHapus

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...