Review Flip : Aplikasi untuk Transfer Beda Bank dengan Biaya Admin Gratis (disertai langkah penggunaannya)

August 05, 2019




"Halo Triyatni! Kamu telah menghemat Rp 179.500 selama menggunakan Flip"

Pernah mikir gini enggak?
 "Ah cuman Rp 6.500 doang tidak apa, transfer langsung saja"

Coba bayangkan, transaksi beda bank yang kamu lakukan dalam setahun? Anggap saja sekitar 3x sebulan. Dikalikan 12 menjadi 36x setahun. Jika 36 dikalikan Rp 6.500 maka  total hasilnya Rp 234.000.

Bisa beli apa? Kalau untuk langganan domain .com bisa 2 tahun itu, hihi.

Apalagi jika kamu seorang pengusaha atau pedagang online yang tiap hari ada proses transfer. Bisa lebih lagi!

Saya pernah punya cerita dari kawan saya, katanya dia punya teman yang setelah menggunakan flip, dia akhirnya tahu bahwa dia telah menghemat 700 ribu!

Yes, dari kecil lama-lama jadi bukit bukan?
Saya pribadi kenal flip kurang lebih setahun lalu. Kami bertemu di pantai ....
No, no, no ... Dia bukan ... Ah sudahlah gaje ... 😜

Saat itu suami men-share sebuah link video tentang aplikasi Flip yang katanya bisa membantu kita transfer beda bank gratis. Awalnya ragu, tapi setelah lihat video tersebut ditayangkan di salah satu tv swasta nasional saya jadi penasaran.

Saya pun mengunduh aplikasi tersebut. Dan benar saja aplikask flip sangat bermanfaat buat kita yang sering transfer beda bank.

Jadi tidak perlu lagi ada pertanyaan :

⛔ Kamu pakai bank apa?
⛔ Ada bank ini enggak?

Dengan flip masalah itu bisa teratasi dengan mudah!

Bagaimana cara kerja flip?

Secara umum flip adalah pihak ketiga.
Singkatnya misal saya punya bank BNI. Saya ingin transfer ke bank BRI. Tapi saya tidak punya BRI. Nah, saya akhirnya transfer ke bank BNI si FLIP, lalu si FLIP menggunakan akun BRInya akan meneruskan ke bank BRI teman saya.

BNI SAYA > BNI FLIP > BRI FLIP > BRI TEMAN

Apakah flip aman dan terdaftar?
Yes, Flip sudah tercatat di BI ya. Bisa lihat gambar di bawah.


Bagaimana cara pakainya?

1. Registrasi terlebih dulu. Siapkan email, foto KTP/SIM dan muka siap foto. Karena saat registrasi akan diminta tanda pengenal dan fotl kita bersama tanda pengenal tersebut.

 Tips :
Pengalaman kemarin karena mungkin hasil kera depan agak blur dan tulisan KTP kecil sehingga susah terdeteksi, saya akhirnya menggunakan SIM saja sebagai tanda pengenal. Karena pada SIM tulisan yang tercatat agak lebih besar. Alhamdulillah registrasi berhasil saat menggunakan SIM

2. Langsung masukkan nomor rekening yang ingin dituju, dan jumlah transaksi

4. Klik ok data sudah benar

5. Klik siap saya setuju
6. Transfer sesuai nominal jumlah dengan kode unik di belakangnya ke rekening FLIP

Ingat rekening flip ya!
Ingat kode unik!

Note :  Jika kamu lupa memberi kode unik, maka kamu harus mengajukan refund lalu membuat transaksi baru ya. Saya pernah mengalami hal tersebut. Proses refund cukup muda dan cepat kok.


6.  Klik saya sudah transfer

Note : jika kamu tidak klik tombol ini meski kamu sudah transfer, maka kamu tidak akan masuk antrian dan tidak diproses.

Tips : langsung tekan saya sudah transfer saja sebelum melakukan transfer, agar tidak lupa dan antrian lebih cepat hehe.

7. Tunggu prosesnya

8. Nanti akan ada notifikasi jika berhasil, yeaaay.

Note :
-kode unik yang kita transfer akan menjadi deposit kita. Jadi tetap akan menjadi milik kita. Jika ingin mengambil deposit, tunggu hingga berjumlah Rp 10.000 ya.
-jangan takut dengan antrian hingga 900 lebih ya. Prosesnya cukup cepat kok. Paling lama sejam biasanya sudah selesai. Selama kita melakukan proses di jam kerja
-tips lanjutan, jika kamu ingin transfer keesokan harinya, ada baiknya sudah kamu proses sejak malam hari, agar antrian esok hari tidak terlalu panjang.
-ada fitur antrian cepat dengan menambahkan biaya Rp 2.500. jika terburu-buru bisa menggunakan ini. Setidaknya masih lebih hemat dibanding 6.500 bukan?

Kelebihan Flip :
-mudah digunakan
-aman dan terpercaya
-kadang meski hari libur transaksi tetap dikirim (ini heran juga, hehe)

Kekurangan :
-tidak semua bank bisa. Saat ini yang bisa hanya bank (dari dan ke ) :

BNI/BNI Syariah
Mandiri
BSM
BCA
BRI
Muamalat
CIMB Niaga / CIMB Niaga Syariah
BTON/Jenius/BTPN Now!


Sebenarnya masih banyak aplikasi semcam ini dimana kita bisa transfer gratis beda bank. Cuma yang paling terkenal saat ini menurut saya Flip ini. Saya sendiri kadang menggunakan ovo dan suami kadang menggunakan jenius untuk transfer beda bank yang juga gratis admin.

Penilaian untuk aplikasi flip ini 4🌟/5🌟

You Might Also Like

11 comments

  1. iya juga yah mba ga kerasa kalau diitung-itung sedikit-sedikit ya kalau dikali setahun bisa buanyak dari 6500 doang.. aku baru ngeh juga nih kadang ga merhatiin maen tranfer ternyata sekarang bisa menghemat dengan flip baru tahu aku wkwkwkwk kalau mba udah dari setahun lalu aku malah baru tahu pas baca ini :p

    mau juga ah pake flip karena aku ada trasferan wajib ke bank lain soalnya diitung2 mayan ya bener buat biaya domain 2 th :D

    ReplyDelete
  2. Baru tahu nih ada aplikasi macam ini. Pengalaman setahun ini memang cukum menguras kantong. Tiap bulan minimal ada 5 transaksi antar bank. Kalau mau buka rekening lagi, wah nggak sanggup mengurusi. Sepertinya aku harus nyoba aplikasi ini. Makasih mbak informasinya. Jazakillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba. Kalau mau trf bisa juga pakai OVO sih. Enaknya bisa semua Bank. Kalau flip terbatas

      Delete
  3. mba ini review aplikasi flip buat transfer uang udah aman dan ada ijin resmi dari OJK dan KOMINFO ya? agak serem ya kalo ngasih data pribadi apalagi data rekening. btw mba blog-nya banyak sekali iklannya..hhehhe kiri kanan juga ada, buat komen jadi ketutupan deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. OJK belum ada kayaknya Kak. Tapi ada surat badan usaha dan izin dari BI. Mungkin OJK tidak perlu karena kita tidak menyimpan saldo di sini seperti OVO dan lainnya. Flip hanya sebagai jembatan, dan proses transfer berlangsung tetap melalui bank asli. Ceritanya kayak nitip trf gitu aja Mbak hehe. Terima kasih masukannya Mbak mengenai iklannya, hihi. Iya nanti diliat lg Mbak. Ini masih coba-coba 🤭🤣

      Delete
  4. Aku biasanya pasrah aja sama biaya administrasi transfer, apalagi pas belanja online. Habisnya mau gimana, penjualnya punyanya rekening yang beda bank. Ternyata ada aplikasi yang gratis antar bank ya, dan ada bank Syariah juga. 😉

    ReplyDelete
  5. Ini enak nih, gak kena biaya admin ya kalau transfer. Soalnya beberapa teman juga suka ada yang mempermasalahkan jika transfer beda bank gitu, makanya sekarang aku kalau pada mau transfer aku suruh ke dompet digital aja.

    ReplyDelete
  6. Aku penikmat gratisan hahaha, mau coba aplikasi Flip. Karena aku memang suka transaksi2 dalam sebulan dalam jumlah banyak. Biar lebih irit.

    ReplyDelete
  7. Oooh ini ada yg baru lagi toh.. mirip ovo sih hehe.. aku pake ovo sama dana juga gratis transfer ke bank2 lain.. zaman now makin banyak aja inovasi produk transaksi online :D

    ReplyDelete
  8. Yuhuu!! Aku adalah salah satu pengguna FLIP. MasyaAllah sangat terbantu sekali. Mau transfer ke bank lain gak puyeng musti mikirin biaya admin. Salut untuk penemu aplikasi ini yang kabarnya adalah mahasiswa UI.

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca dan berkomentar :)
Komentar akan muncul setelah dimoderasi
Untuk komentar berisi link mohon maaf tidak akan dipublikasikan
Salam kenal :D