Move on itu, Melupakan atau Mengalihkan?

September 19, 2019



Menurut lama katagaul.com, Move On berasal dari bahasa Inggris "Move On" yang terjemahannya adalah berpindah, bergeser, dan sebagainya. Ternyata digunakan juga di Indonesia untuk arti yang sama, namun lebih mengarah kepada perpindahan cinta atau berpaling dari pasangan yang lama ke pasangan yang baru.

Move on dengan arti berpindah ke pasangan yamg baru kadang lebih dinilai efektif dibanding saran obat patah hati lainnya. Itu semua tergantung dari mana kita memandang sebuah masalah dan solusinya --lagi bijak--.

Picture : reesays.com

Move on secara luas juga bisa berarti melupakan, tidak lagi merasa terganggu ketika bertemu, atau sudah sibuk dengan hal-hal baru lainnya.

Sebenarnya mau move on atau tidak itu pilihan masing-masing. Ada yang nyaman menikmati rasa kesendirian, mengeluhkesahkan hal-hal yang berlalu, menyesali apa yang terjadi, hingga benar-benar siap bergabung kembali.

Ada yang tidak ingin terlalu lama. Memilih mencari kesibukan, dan memilih memulai hal lain yang lebih bermanfaat.

Kadang memang kita berpikir kalau hidup ini tidak perlu memaksa diri. Sedihlah jika ingin sedih. Menangislah jika ingin. Pelampiasan emosi memang penting, karena hal tersebut kadang membuat lega di hati.

Namun tak jarang, kita menuhankan perasaan di atas logika. Maksudnya? Segala hal akan kita lakukan demi menuruti 'pinta' perasaan. Yang notabene berasal dari nafsu. Sedangkan kita diberi akal oleh Tuhan untuk mengontrol nafsu kita. Rasa ingin marah, ingin memaki, ingin menghancurkan barang, dan rangkaian berkata kasar lainnya adalah bentuk pelampiasan perasaan yang tidak terkontrol. Saya yakin ketika kita melampiaskan dengan cara itu rasa lega hanyalah sementara, namun rasa sesal yang kemudian lebih terasa. Bukankah itu menimbulkan masalah baru?

Move on memang berarti keinginan melupakan. Meski secara dasar tidak ada kejadian yang bisa dilupakan. Secara tidak langsung, semakin kita berusaha untuk melupakan sesuatu, maka semakin kita mengingat sesuatu itu.

Justru hal paling tepat dari kata move on adalah mengalihkan. Karena ketika kita sibuk dengan sesuatu yang baru, maka tidak adq ruang untuk mengingat sesuatu lainnya.

Yang pasti, move on itu penting. Karena kalau enggak move on itu dampaknya justru lebih besar. Apa saja?

1. Hidup tidak bersemangat
2. Aktivitas terasa membosankan
3. Ingin menyalahkan banyak orang dan keadaan
4. Berpikiran Negatif
5. Merasa diri ini tidak berharga
6. Melewatkan waktu untuk melakukan hal positif


Mari mengingat kembali, setiap hari waktu kita sebenarnya berjalan menuju kematian. Akankah kita mengisinya dengan sia-sia kawan?

Tidak akan kembali waktu yang telah terlewati. Maka isilah waktu dengan hal-hal yang tidak menjadikan kita putus asa dan merasa tidak berharga ya. Ingat, hidup ini terlalu indah untuk dihiasi dengan gundah, dan Hidup ini terlalu singkat untuk memikirkan hal yang tidak tepat.



Dalam laman bincangsyariah.com, disebutkan bahwa ada doa agar bisa move on lho. Bukankah selain usaha, do'a juga berperan penting? Yang pasti sebelumnya ingat bahwa Allah Maha Tahu yang terbaik untuk kita. Kenapa? Dalam QS Al Baqarah ayat 216 disebutkan:

وَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۖ وَعَسَىٰ أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahu

Jadi bagi yang beragam Islam, bisa membaca doa berikut ini :

اللهم آجرني في مصيبتي، وأخلف لي خيرًا منها

Allahumma ajirni fi mushibati wa akhlif li khairan minha

Ya Allah berilah aku pahala dam musibah ini, dan gantikanlah bagiku dengan sesuatu yang lebih baik dari padanya.

Yuk semangat move on!
Karena kita begitu berharga ---nyontek iklan--

With love, 


You Might Also Like

1 comments

  1. Yang gak enak adalah menimbulkan penyakit buat kita sendiri, fiuh. Sementara yang menyakiti santuy aja. Nyebelin deh.

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca dan berkomentar :)
Komentar akan muncul setelah dimoderasi
Untuk komentar berisi link mohon maaf tidak akan dipublikasikan
Salam kenal :D