Cara Menghapus Google Adsense (Karena Email Terkait 2 Akun)

November 13, 2019

Google adsense

Setelah melewati beberapa tahap untuk menempatkan iklan di Blog, akhirnya saya benar-benar bisa bernapas lega. Bukan karena apa, tapi karena panjangnya perjalanan saya dalam mengatasi Google Adsense ini.


Secara umum, perjalanan pemasangan iklan umum dan Adsense di blog  saya hingga menjadi "normal" sebagai berikut :


  • Mendaftar dengan email A (ditolak karena kualitas blog)
  • Mendaftar email B (ditolak karena email terkait dan tidak bisa dihapus)
  • Memasang iklan lain non Adsense (berhasil)
  • Mencoba memasang Adsense dengan email nama baru (email C) yang tidak sesuai KTP (berhasil)
  • Menghapus email nama baru, menghapus email terkait, dan mendaftar dengan email yang lama sesuai KTP (berhasil!)


Lebih lengkap aku tulis di bawah ini ya :

*Bermula dari Ditolak Karena Kualitas Blog

Mungkin karena blogku belum berumur 1 bulan, tulisan belum banyak, aku udah pede banget daftar Adsense. Jadi dengan senang hati ditolak (dapat penolakan via email). Aku mendaftar dengan email A (email yang beda dengan akun Blogger).

*Mendaftar Email Baru Ditolak Karena Email Terkait (dan tidak bisa dihapus)

Tidak putus asa. Aku cari kelemahan penolakan yang aku anggap mungkin jadi sebabnya. Mulai dari template blog, kualitas deskripsi blog, dll. Tulisan juga aku tambah.


Aku daftar email B (email yang sama dengan akun Blogger). Tapi aku ditolak karena aku udah daftarin 1 email sebelumnya (email A). Aku diminta hapus email A, tapi berulang kali mencoba tetap gak bisa, hiks (yang ini poin penting yang aku bahas di akhir)

*Memasang Iklan lain (non Adsense) Berhasil

Aku mencoba pasang Revenue Hits. Dari berbagai sumber katanya bagus.
Baca :

Berhasil pasang revenue hits. Liat iklan nongol di blog tuh kok kayaknya keren ya, haha (padahal sekarang biasa aja). Aku cobain pasang yang lain. Adnow dan infolinks. Semuanya diterima. 3 jenis iklan akhirnya terpampang di blogku. (Maaf yang berkunjung saat itu pasti terganggu, maaf aku masih katro dengan penampilan blog  yang enak dipandang mata).



*Mencoba memasang Adsense dengan email nama baru (tidak sesuai KTP) Berhasil

Aku masih penasaran dengan Adsense. Aku terpikir gini gimana ya kalau aku daftarin email yang bener-bener baru? Soalnya email sebelumnya emang info nama dan alamatnya sama. Gimana kalau aku ubah nama dan alamatnya? Aku coba make alamat mama di kota asal. Make nama baru (bikin gmail baru tentunya). Sebut saja email C. And you know what? Dalam sehari udah di-approve! Wihh, langsung masang Adsense di blog itu emang beda rasanya ama iklan lain, wkwk.


*Menghapus Email Nama Baru, Menghapus Email Terkait, dan Mendaftar dengan Email yang Lama sesuai KTP (Berhasil!)

Aku sebenarnya agak khawatir karena nama baru pada akun Adsense. Gimana nanti kalau diminta nyetor KTP? Duhh.. sayang banget kalau gak bisa narik nantinya kan?

Kebetulan aku pengen ganti email blogger jadi email yang sama dengan akun Adsense. Soalnya gak tahu napa kok menu penghasilan di dashboard blogger gak konek gitu sama Adsense. Aku dapat info kalau gmailnya harus dibuka di browser lain dan logout semua email sebelum mengubah email blogger.

Dari situ aku berpikir, apa ini solusi biar bisa hapus Adsense? Aku akhirnya mencoba menghapus email A yang terkait Adsense. Sebelumnya udah kulogout hanya tersisa yang email A. Dan finally berhasil! Yeaaay.

Aku yang udah make email C buat akun Adsense akhirnya memberanikan diri buat hapus

 Meski udah jalan 2 bulan. Yah kalau dipikir daripada ribet nanti soal KTP kan? Aku berniat make email B yang emang sesuai ama email bloggerku.
Aku mencoba daftar (lagi) dengan email B. Nunggu sehari belum dapat jawaban. Ternyata 4 hari kemudian baru di-approve. Ternyata beda-beda sih waktunya ya. Padahal email baru sebelumnya cuma sehari. Hmmm.

Jadilah Adsense yang ada si blogku ini adalah akun kedua. Akun pertama dan ketiga aku udah hapus.

Ini langkah mudah menghapus iklan Adsense :

1. Logout semua email kecuali akun yang mau dihapus
2. Masuk akun Adsense, pilih tanda setting, pilih akun, dan hapus
3. Kita akan diarahkan ke email (1x24 jam masa berlakunya)
4. Langsung buka email dan klik link yang diberikan
5. Adsense anda sudah terhapus (yeayy)

Ingat Adsense yang bisa dihapus hanya yang memiliki akun setting (akun ini biasanya udah pernah diterima/ditolak). Kalau akun yg masih dalam proses belum bisa dihapus.

Itu dia cara menghapus akun Adsense dan mengatasi email terkait (atau 2 akun Adsense). Semoga bermanfaat!

You Might Also Like

19 komentar

  1. Aku dari dulu gak ngerti pakai adsense, alhamdulillah kebantu sama Auto Ads. Makasih ya Mbak trik-triknya.

    ReplyDelete
  2. Wah bisa dicoba nih caranya, masih bingung cara pasang adsense padahal udah lama ngeblog hahaha

    ReplyDelete
  3. Kalau masalah menu penghasilan di dashboard blogger gak konek gitu sama Adsense, itu masalah bahasa blog aja kak. Pilih pengaturan, lalu ganti bahasa inggris kak.
    Makasih udah berbagi. Aku baru beberapa bulan aja sih daftar ads setelah migrasi .com

    ReplyDelete
  4. Ilmu penting ini. Makasih ya mbak. Aku juga penasaran pengen nyoba nambahin iklan-iklan gitu di blogku. Tapi diterima gak ya? Blogku masih baru juga soalnya.. hehe

    ReplyDelete
  5. Kalau aku malah digantungin google adsense, udah daftar tapi nggak dapat penolakan atau persetujuan, jadi entahlah gimana nasibnya ini. Apa aku salah daftar ya.

    ReplyDelete
  6. Pengetahuan baru nih mba tentang adsense. Aku udah 10 tahun ngeblog belum pernah daftar adsense. Sempet ditawarin sama agency yang urus adsense tapi aku belum berminat gitu, mungkin nanti ada saatnya. Hehe.

    ReplyDelete
  7. Lumayan ribet yak ngapusnya. Daku belum pernah kak Tri, buat coba daftar adsense. Soalnya balik ke diriku sih kalau berkunjung ke web yang kebanyakan iklan suka malas. Makanya daku belum.ingin pasang adsense di blogku 😂

    ReplyDelete
  8. Aku kok kalo liat blog yg ada iklan pop up gitu kok bawaannya malah males baca yah wkwkwkwkwkkw. Makanya suka memposisikan diri gitu, kalo aq yg punya blog takutbya bikin males di buka pembaca 😂 skrg sih Belom kepikiran buat pasang ads di blog, entah nanti. Makasih infonya kak

    ReplyDelete
  9. Trims informasinya tentang Adsense yaa.. jujur aku masih belum ngerti banget nih, ada penawaran tapi yaampun gapteknya mau belajar haha :))

    ReplyDelete
  10. Belum pernah coba appied Adsense sih, soalnya masih harus banyak PR seperti ningkatin traffic, ningkatin SEO supaya gampang terindex. Sepertinya sekarang ngajuin Adsense jadi lebih mudah ya.

    ReplyDelete
  11. Wah, berguna banget nih mbak, siapa tau lagi butuh dan kayaknya belum banyak yg bikin artikel kayak gini. Tapi untungnya aku belum pernah ditolak sih sama adsense jadi gak ngalamin hal kayak gini, but ini bisa banget aku share ke temen-temen bloggerku yg pejuang adsense

    ReplyDelete
  12. Aku jadi pengen otak atik langsung iklan Adsense, karena sudah lama banget gak diotak atik Adsense

    ReplyDelete
  13. Sama aku juga Mbak, dulu blog baru umur berapa bulan udah pede aja daftar AdSense dan sudah cench ditolak. Wkwk. Trus beberapa waktu lalu nyoba daftar AdSense lagi dan diterima, tapi akhir2 ini malah males pasang AdSense di blog soalnya bikin lelet haha.

    Tapi makasih info nya nih Mbak, berguna banget buat yg membutuhkan.

    ReplyDelete
  14. Sama aku juga Mbak, dulu blog baru umur berapa bulan udah pede aja daftar AdSense dan sudah cench ditolak. Wkwk. Trus beberapa waktu lalu nyoba daftar AdSense lagi dan diterima, tapi akhir2 ini malah males pasang AdSense di blog soalnya bikin lelet haha.

    Tapi makasih info nya nih Mbak, berguna banget buat yg membutuhkan.

    ReplyDelete
  15. Ilmu baru buat aku nih Mba
    Aku paling ga pinter otak atik hehehhe ga telaten. Biasanya minta bantuan mas Suami.

    ReplyDelete
  16. Euih banyak bahasan Google Adsense neh disini, bagus buat orang-orang yg kena kendala baca blog ini.

    ReplyDelete
  17. Heelllpppp aku belum berhasil nih Mba pasang adsense. Gak tau lagi harus gimana caranya supaya berhasil tembus.

    ReplyDelete
  18. Aku mlh lg bingung nih krn google adsense ku gak muncul abis pasang domain.. Makasih ya infonya mbak, bermanfaat buat yg membutuhkan..

    ReplyDelete
  19. Baca blogpost ini mengingatkanku bahwasanya aku belum pernah bikin Google Adsense huhu. Soalnya jarang banget bye log d laptop lebih seeing pegang hape. Atau bisa yaa via hape daftar Google Adsenses?

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca dan berkomentar :)
Komentar akan muncul setelah dimoderasi
Untuk komentar berisi link mohon maaf tidak akan dipublikasikan
Salam kenal :D

Tulis Email untuk Langganan gratis yuk!