MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Partipost Review: Gajian Sejuta Lebih, Ini Kelebihan dan Kekurangan Aplikasinya!

Partipost Review: Gajian Sejuta Lebih, Ini Kelebihan dan Kekurangan Aplikasinya!
Add Comments
1/03/2021
Daftar Isi [Tampil]

Sudah tahu Partipost? Salah satu aplikasi penghasil uang ini sudah cukup banyak dikenal di kalangan influencer atau reviewer di media sosial. 

Saya sendiri sudah bergabung sejak Awal 2020. Itu pun baru tahu tanpa sengaja setelah saya menulis sebuah artikel tentang Belasan Aplikasi dan Website untuk Menjadi Influencer dan ada yang komen soal aplikasi ini. 

Menurut saya, aplikasi ini adalah salah satu aplikasi terbaik karena saya sudah lumayan beberapa kali mendapat Job dari sini. Lantas bagaimana review saya? Berikut saya ulas ya …

Tentang Partipost

Bagi yang belum tahu, Partipost adalah sebuah aplikasi yang menghubungkan antara pemberi pekerjaan (advertiser), dan freelancer yang akan mengerjakan pekerjaan itu.

Aplikasi ini sudah ada di Singapore, Indonesa, dan Taiwan. Tapi kali ini saya akan bahas partipost Indonesia aja ya.

Aplikasi berlogo P ini sejauh yang saya ketahui sudah menyediakan fitur kerjasama di berbagai media sosial. Seperti Instagram, twitter, facebook, dan kali ini mulai merambah ke tiktok. Di sana, kita akan menemukan beberapa tampilan mengenai iklan yang available untuk kita mengajukan diri.

Untuk fee yang dibayarkan variatif sih, tapi menurut saya cukup lumayan di aplikasi ini. Masih worth lah dengan brief/Tasks (tata cara pekerjaan) yang harus dijalankan. 

Partipost Review oleh Pohontomat

Sejak bulan April 2020, yaitu sekitar 8 bulan, saya mulai aktif dan mendapatkan payout pertama saya di Partipost. Sepertinya saya gabung sejak bulan Februari atau Maret 2020, lupa-lupa ingat hehe.

Job pertama saya waktu itu adalah sebuah campaign salah satu vitamin. Modal sekitar Rp2.000, dapat bayaran Rp110.000 dengan SOW (Scope of Work) 1 kali foto feed di Instagram. 

Selama ini, saya sudah ikut 11 campaign. Paling tinggi pernah dapat campaign seharga Rp250.000, tapi ada juga yang campaign twitter receh dengan 1x tweet dengan bayaran Rp10.000.

Kebetulan karena saya hanya pengguna Instagram dan Twitter, saya baru bisa mengikuti campaign IG dan twitter saja. Padahal banyak job dengan Tiktok juga sih. 

Salah satu kendala juga sebenarnya job banyak yang hanya di sekitaran Jakarta, Jabodetabek, atau kota-kota besar lainnya di pulau Jawa. Apalah saya yang tinggal di pedalaman Kalimantan wkwkw. 

Patripost Aman Enggak Sih?

Sejauh ini aman-aman aja. Enggak ada penipuan setahuku. Cuma memang kita harus membaca dengan baik ketentuannya. Soalnya ada campaign yang kita harus modal keluar dulu, tapi belum tentu lolos jobnya. Jadi pastikan kita ikut kalau kita sesuai dengan ketertarikan kita akan produk itu yah.

Cara Daftar “Campaign” Partipost

Kalau tidak salah, ada minimal followers jika ingin daftar Partipost. Rasanya harus minimal 1000 followers Instagram. Tidak tahu sekarang berapa. Jadi pastikan temen-temen punya followers segitu dulu ya baru join. Nah, untuk daftar Partipost, caranya adalah:

  1. Unduh dulu aplikasinya (sudah tersedia di playstore dan Appstore)
  2. Login dengan cara mendaftar diri (ikuti saja petunjuknya wkwk)
  3. Pastikan menyambungkan dengan semua sosial media yang kita miliki. Khususnya Instagram, mereka perlu izin akses agar bisa membaca berapa likes dan comment yang kita dapatkan
  4. Jika sudah, cek bagian campaign, klik untuk informasi lebih lengkap
  5. Pastikan syarat sudah sesuai, lihat briefnya
  6. Ada 2 jenis campaign, yaitu campaign yang perlu registrasi, dan campaign yang bisa langsung ikutan. Nah, untuk format campaign terbagi lagi, ada yang perlu beli barang dulu, ada yang cukup foto saja, tapi ada juga yang tinggal menulis draft tweet seperti campaign twitter.
  7. Klik Start Partiposting untuk mendapatkan lebih banyak informasi
  8. Lakukan sesuai petunjuk
  9. Tunggu apabila ada informasi lolos atau tidak
  10. Jika lolos atau diterima, pastikan mengikuti jadwal campaign dengan tepat. Jika lewat, aplikasi otomatis akan menghapus campaign yang sudah diterima.
  11. Jika sudah menyelesaikan campaign, biasanya akan diminta untuk menyetorkan insight (tergantung brandnya). Untuk feed, mereka bisa mengecek otomatis jumlah komen dan likes. Tapi untuk story dan twitter, biasanya diperlukan untuk screenshot insightnya. Jadi pastikan story sudah ditangkap layarnya sebelum 24 jam (sebelum hilang). Saya biasanya membuat alarm sih hehe

Cara Penarikan Saldo

Untuk withdrawal hanya bisa dilakukan jika saldo sudah mencapai batas minimal yaitu Rp110.000. Menurut saya ini yang paling rendah sih. Aplikasi dan website lain yang sejenis rata-rata minimal penarikannya lebih tinggi.

Lebih jelasnya, begini langkah-langkahnya:

  1. Pergi ke menu me (sudut kanan bawah)
  2. Daftar dulu rekening bank yang kita punya (bisa semua kok) 
  3. Jika sudah didaftarkan dan saldo minimal mencukupi, langsung saja klik withdrawal
  4. Ada potongan 5% admin ya
  5. Biasanya akan langsung masuk kok, cepet banget prosesnya

Kelebihan Partipost

Banyak kelebihan dari Partipost ini. selain itu, sejauh ini (Bulan April-Desember 2020) yang cair ke saya sudah total Rp1.109.600 (sudah dipotong admin 5%) dari 11 campaign baik IG maupun Twitter. 

Dikt ya? Hehe. Dikit atau banyaknya tergantung pandangan masing-masing temen-temen. Kalau untuk belajar dulu, bolehlah coba ini. Sekalian bantuin Brand atau UMKM untuk iklan. Nah, kita kan akhirnya juga memanfaatkan media sosial juga untuk hal-hal yang menghasilkan bukan?

Tapi kalau sudah menjadi influencer ternama seperti artis, ya tentu ini terlalu sedikit wkwkw. Mereka ratenya ratusan juta hingga milyaran kali ya? Hehe. 

Jadi disesuaikan saja dengan followers masing-masing dan rate cardnya ya. Lalu apa saja kelebihan Partipost? 

  1. Banyak campaign yang tersedia
  2. Brief jelas 
  3. Withdrawal minimal rendah
  4. Transfer cepat
  5. Harga/rate lumayan (tidak rendah tapi juga tidak tinggi)
  6. Mudah menghubungi CS jika ada masalah
  7. Jika ada kesalahan, kita diberitahu melalui email yang harus direvisi

Kekurangan Partipost

Tentu ada kelebihan ada kekurangan. Saya menulis kekurangan ini juga agar Partipost bisa lebih berkembang ke depannya.

  1. Mostly campaign khusus daerah jakarta dan sekitarnya
  2. Aplikasi dulu sering crash (jadi harus email jika ada masalah)
  3. Campaign cepat full
  4. Beberapa brand yang harus modal/aksi dulu tapi belum tentu diterima itu lumayan nyelekit hehe. Harus sabar jika ditolak. 

Tips Menggunakan Partipost

  1. Pastikan aplly campaign brand yang sesuai passion. Jangan yang tidak disuka, malah diiklanin hehe.
  2. Jika tidak mau rugi, apply campaign yang registrasi dulu saja. Jadi jika sudah pasti diterima, baru deh menjalankan tasks atau belanja produknya. 
  3. Ada juga yang namanya invite campaign (campaign yang tidak kita daftar, tapi kita diajakin langsung oleh brand buat ikutan). Jika menerima invite campaign, itu juga belum tentu diterima lho hasil kerjanya! Soalnya saya pernah gitu sekali hehe. Tapi mostly pasti lolos sih. 

Aplikasi Seperti Partipost

Apa ada aplikasi seperti Partipost lainnya? banyak! Yang pernah saya unduh ada Popstar Influencer, Anycreator, Revu,  Allstarts, Endorsegram, dan masih banyak lagi. Beberpa masih bertahan di gawai, beberapa sudah saya hapus karena kurang cocok. Semua punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Beberapa sudah saya review di tulisan ini

Kesimpulan

Yang perlu teman ketahui, bahwa menjadi reviewer dan influencer juga punya etika agar bisa dipercaya. Namanya juga influencer (pemengaruh), pastikan memengaruhi dalam hal positif. Review dengan jujur tapi tidak menjatuhkan. Jangan sampai bohong aja sih, gunakan kata-kata yang pas.

 Semua produk pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Masyarakat tentu sudah pandai membedakan mana yang jujur dan mana yang dilebih-lebihkan. 

Etika lainnya adalah, jika brand menawarkan harga yang rendah sekali, jangan sampai di up dan complain. Jika sepakat dengan ratenya ikuti dengan ikhlas, tapi jika tidak suka, maka tolak dari awal.

Tapi banyak juga kok brand yang membayar cukup tinggi. Semua kembali kepada masing-masing ya. Jika cocok jalankan, tidak cocok tinggalkan.

Semua saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi ya. Jadi memang sejauh ini aplikasi yang mudah digunakan ya Partipost. Tapi tidak ada salahnya teman-teman coba aplikasi lain siapa tahu cocok. 

O ya fitur lain dari Partipost ada fitur polling. Dari situ mungkin mereka juga cukup mendapatkan beberapa informasi pasar yang berguna untuk kedua belah pihak (advertiser dan influencer).

Saran saya ingat untuk mengisi lengkap profil kita. Seperti status pernikahan, usia, dan kesukaan. Pastikan juga membuat feed cantik juga ER yang tinggi agar diterima. 

Enaknya Partipost ini selalu ada notif jika sudah mau deadline. Baik itu email dan terkadang melalui DM dan twitter. Tapi jangan mengandalkan reminder dari mereka ya Usahakan kerjakan campaign sebelum mendekati batas waktunya. 

O ya sekarang Partipost juga membuka campaign afiliasi yang dibayar berdasarkan klik. Jadi enggak ada klik, enggak ada bayarannya. 

Nah, Itu di Partipost review Indonesia oleh saya. Untuk informasi FAQ atau pertanyaan yang sering diajukan, boleh cek di bagian menu help centre di aplikasinya. Semoga bermanfaat!

Gambar: beermoneyforum.com, unsplash.com, dan dokumen pribadi tangkapan layar aplikasi

Istilah-istilah Partipost:
Campaign: Kampanye dari brand 
Sumbmission open: Kampanye masih terbuka/bisa daftar
Sumbmission closed/full: Kampanye sudah tutup/tidak bisa lagi daftar
Submission filling fast: Harus segera daftar sebelum tutup karena banyak yang daftar
Start Partiposting: Mulai untuk Register atau join
Partiposter: panggilan untuk pengguna Partipost
Payout: fee yang dibayarkan brand
Withdraw: Penarikan
Total Balance: Total saldo kita (atau saldo yang bisa ditarik jika sudah minimal Rp110.000)

Baca juga: Tanya Veronika Asisten Virtual 

Baca Juga
Triyatni A.

ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀɴ | ᴍᴜꜱʟɪᴍᴀʜ | ᴀ ᴍᴏᴍ | ᴄᴏᴍᴘᴜᴛᴇʀ ɴᴇᴛᴡᴏʀᴋɪɴɢ ᴠᴏᴄᴀᴛɪᴏɴᴀʟ ʜɪɢʜ ꜱᴄʜᴏᴏʟ ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ᴊᴀᴘᴀɴᴇꜱᴇ STUDY ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ʟᴏᴠᴇ ᴛᴏ ʀᴇᴀᴅ ᴀɴᴅ ꜱʜᴀʀᴇ | ᴄᴏɴᴛᴀᴄᴛ ᴍᴇ ꜰᴏʀ ᴍᴏʀᴇ pohontomat.com@gmail.com ɪɴꜱᴛᴀɢʀᴀᴍ : @ᴘᴏʜᴏɴᴛᴏᴍᴀᴛ

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Partipost, inisialnya mirip sama blog ini ya hahaha. Menurut saya sih angka penghasilan segitu untuk seseorang (yang ngakunya blogger, tapi masih zero income) sih gede banget hahaha.

    Nggak tau sih tar kalo tahun ini income-nya dari blog & media sosial udah tembus dua digit hehehe.

    Anyway, nice post mbak. Informatif sekali tentang peluang penghasilan menjadi influencer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir Mas Prim, hehe. Untuk saya emak-emak di rumah juga udah tinggi. Soalnya kan lumayan bisa jajan pentol atau tambahan beli beras wkwkw

      Hapus
  2. Aku baru tahu Partipost bund, sepertinya aku harus nyoba nih ya itung" biar lebih tahu hehe

    BalasHapus
  3. Bisa nih kak di coba aplikasinya.

    BalasHapus
  4. Aku justru baru tau Partipost ini. Untuk influencer jaman now, sejeti itu udah sangat lumayan sekali, kak. Apalagi bisa dapet sampai 11 kali. Di tempat lain, ngebid berkali-kali malah belum tentu dapetnya berkali-kali juga, hehe. Tapi, patut dicoba juga. Terima kasih rekomendasinya, kak

    BalasHapus
  5. Pernah download aplikasi ini, tapi tidak bisa daftar soalnya followers akun saya masih kurang dr 1k. Heheheh

    Semangat terus kk Tri ~

    BalasHapus
  6. Makasih infonya. Sejuta lumayan lah, apalagi saat ini nyari duit susah.kalo ada kesempatan di partipost, sepertinya boleh dicoba...

    BalasHapus
  7. Aku sudah daftar kurang lebih sebulan yg lalu ka Tri. Tapi memang belum dioptimalkan. Baca ulasannya jadi semangat euy

    BalasHapus
  8. Makasih mb tri infonya bermanfaat nih buat yang mau cari tambahan hihi

    BalasHapus
  9. Kalau gak baca artikel Mbak Tri yang ini, saya gak akan tahu tentang Partipost. Ternyata memang banyak platform influencer itu ya, jadi semangat membangun media sosial lebih baik lagi

    BalasHapus
  10. Bagus juga ya Partipost ini mbak, witdrawnya minimal 110K saja, keren...beda banget ya sama Google AdSense yang harus $100 dulu baru bisa WD. Wah makasih mbak saya baru denger ada Partipost ini...

    BalasHapus
  11. Aku dulu pernah daftar ini hihi terus dianggurin kak Tri. Jadi penasaran pengin aktif lagi deh heherhe

    BalasHapus
  12. Wah bermanfaat sekali infonya kak, baru tahu nih partipost mau ah ikutan daftar mayan tambah cuan wkwkwk

    BalasHapus
  13. Kerenlah udah satu juta mbak tri...aku masih ratusan ribu, dulu gampang masuk job di partipost awal2 sekarang saingan udah banyak eh. Heheh. Tapi Krn aku jarang bikin konten sih heheh. Semangaat mbak tri

    BalasHapus

  14. Kepo dengan partiposter, terdampar lah saya di blog yg keren ini
    Terima kasih ya mbak. mencerahkan sekali buat saya yg awam.

    BalasHapus