Rekomendasi 8 Tempat Wisata di Surabaya : Berasa di Luar Negeri!

December 04, 2019

Rekomendasi tempat wisata di Surabaya

Bismillahirrahmanirrahim.

Pernah suatu hari saya bertanya pada Ibu Kos, "Tempat wisata di Surabaya apa aja Bu?"
"Wah di Surabaya mah enggak ada tempat wisata yang banyak, paling Kebun Binatang Surabaya aja. Kalau mau Jawa Timur ya di Malang banyak".

Ya kurang lebih memang jika ditelisik, tempat wisata yang bersifat alam pun juga susah ditemukan, selain pantai Kenjeran. Tapi tenang, untuk sekadar nongkrong bersama keluarga, atau mengambil spot foto-foto yang keren, ternyata banyak lho di Surabaya. Bahkan kita bisa keliling dunia meski hanya di Surabaya. 

Surabaya yang kami tinggali selama 2 bulan lalu adalah Surabaya bagian Barat, tepatnya di sekitar daerah Lidah Wetan. Kami belum mengunjungi semua tempat di Surabaya pastinya. Tapi tempat-tempat di bawah ini cukup laik buat dikunjungi. Jadi enggak melulu mall ya, haha.

Langsung saja cek yuk, tempat-tempat wisata rekomendasi di Surabaya yang pernah kami kunjungi :

1. KBS (Kebun Binatang Surabaya)

Tempat yang biasa disebut dengan KBS atau Bunbin ini memang paling wajib buat dikunjungi. Selain karena tempatnya yang besar dan lengkap, di sini banyak spot-spot menarik juga untuk foto. Ya sepertinya hampir semua tempat wisata sudah menyediakan spot foto ya, hehe. 


Kebun Binatang Surabaya
"belum siap umi"
KBS
komodo mager
Kemarin kami menggunakan kendaraan pribadi berupa motor. Yang ingin menggunakan transportasi umum mungkin bisa juga. Tapi kami kurang tahu, hehe. Pakai ojek online juga bisa jadi alternatif.

Tiket :
Parkir 5000 IDR
Masuk 15.000 IDR/Orang
Untuk masuk wilayah tertentu seperti mini zoo dan lainnya bayar lagi 10.000 IDR.

Apa saja yang ada di dalam?
Ada area unggas , area reptil , area binatang buas , area binatang air, juga minizoo (kelinci, kucing, burung jinak yang bisa disentuh, terapi ikan dll.). Ada juga tempat bermain untuk anak semacam outbond gitu.

Makanan :
Lumayan lengkap menu di warung yang ada di dalam KBS. Harga kisaran 15-20 ribuan. Cukup murah untuk sebuah tempat wisata. O ya sebelum masuk KBS ada juga warung dan jajanan di depan tempat wisata.  Jadi boleh banget ngisi perut dulu baru masuk. Bahkan di dalam ada area snack juga. Seperti minuman masa kini dan makanan ringan. Kami sih empat jajan es krim, hehe.

Alamat :
Jl. Setail No.1, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60241
surabayazoo.co.id
Jam Operasi :
Setiap hari, Buka 08.00 sampai 16.00

Fasilitas & kebersihan :
Untuk kamar mandi harus bayar 2000 IDR sekali masuk di KBS ini. Tapi cukup bersih juga. Banyak tempat buat duduk juga. Waktu bulan Agustus kemarin kami datang bahkan sedang ada renovasi dan pengecetan.

2. Tugu Suro & Boyo Patung Sura & Baya

Tugu berlambangkan Suro (Hiu) dan Boyo (Buaya) ini memang sudah menjadi lambang kota Surabaya. Tidak sah rasanya jika ke Surabaya tapi tidak berfoto di tempat ini. Untuk menuju ke sini sebenarnya smbisa sekalian menuju ke KBS. Karena letaknya berdampingan. Cukup jalan beberapa meter di luar KBS kita bisa menemui tugu ini.


Tugu Suroboyo

Yang ingin mengabadikan foto dengan lebih profesional, ada jasa foto yang sudah stanby mulai dari KBS hingga sepanjang trotoar jalan menuju tugu. Harga foto 10000 IDR. Katanya filenya juga bisa diambil lho.


Tiket : 
Gratis

Alamat :
Jl. Diponegoro No.1-B, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60241
Buka 24 Jam

3. Tugu Pahlawan & Museum 10 November

Waktu kami menuju ke sini, kami dari arah lidah wetan. Kami menggunakan Suroboyo bus 2x. Kalian bisa menanyakan pada kenek busnya untuk turun di mana. Tapi di halte kedua, kita harus jalan dulu sekitar 1 km untuk bisa masuk ke pintu gerbangnya.

Tempat ini juga wajib banget buat kita agar tahu sejarah perjuangan kemerdekaan Arek-arek Suroboyo. Selain tugu pahlawan, di bagian bawah ada museum peninggalan barang-barang yang digunakan para pahlawan saat berjuang. Lengkap dan antik banget pastinya!



surabaya
Foto dulu di tugu km. 0 sebelum masuk museum


SURABAYA
Tugu 10 November
surabya
Bagian dalam Museum
Di sekitar tugu yang menjulang tinggi, banyak tanaman yang cantik dan tempat oke buat spot foto. Lagi-lagi foto. Ya zamannya foto kan ya? Hoho.

Tiket :
Masuk Wilayah Tugu gratis
Masuk Museum 5.000 IDR/Orang

Makanan :
Kami menemukan hanya 1 warung yang ada. Itu pun hanya menjual minuman dan snack ringan. Harga air mineral sekitar 5000 IDR. Kami beli air karena minuman botol yang kami bawa sudah habis. Kami datang di saat terik soalnya hoho. Ada baiknya makan siang dulu di luar baru masuk. Soalnya museumnya tutup sore.

Alamat :
Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Kota SBY, Jawa Timur 60174
Setiap hari, Buka 08.00 sampai 16.00

Fasilitas & kebersihan :
Bersih banget. Kamar mandi dan musholla juga bersih dan nyaman (ber-AC). Cuma di bagian taman di siang hari memang agak panas karena tidak ada tempat berlindung. Di dalam museum baru agak adem dikit hihi.

4. Monumen Kapal Selam (Monkasel)



MONUMEN KAPAL SELAM
Kapal dalam proses pengecetan


monkasel
Bagian dalam kapal selam
monumen kapal selam
Salah satu tempat bermain di sekitar monkasel
Monkasel ini juga oke buat dikunjungi. Tidak hanya melihat kapal selam peninggalan para tentara TNI dulu, tapi juga ada taman-taman untuk bermain si kecil. Banyak permainan seperti ayunan, jungkat jungit, dsb. Letaknya juga pas disamping sungai, jadi ada pemandangan unik dengan sungai dan hiasan lampu di atas sungai yang berbentuk binatang seperti paus.


Waktu menuju ke sini lagi-lagi kami meanfaatkan Suroboyo Bus lalu dilanjutkan dengan order transportasi online.

Tiket :
Masuk 15.000 IDR/Orang

Makanan :
Banyak warung yang jualan snack dan mie instan rebus atau goreng. Kemarinmemesan mie rebus tambah telur seharga 10000 IDR. Kalau mau tambah nasi 4.000 IDR. Ada juga makanan

Alamat :
Jl. Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60277
Setiap hari, Buka 08.00 sampai 16.00

5. Danau Unesa

Danau Unesa
Danau Unesa
Meski tidak ada yang terlalu berbeda dengan penampilan danau biasa lainnya, di danau Unesa ini banyak tmpat yang luas untuk melakukan banyak aktivitas. Seperti Olahraga, bermain, dan beberapa sering diadakan acara di tempat ini. Buat bersantai sambil makan pentol dan menonton orang-orang ini adalah tempat yang tepat.

Di bagian luar kampus yang tetap menghadap danau banyak jualan yang mengundang selera. Cukup lengkap dan variatif mulai dari minuman, dan makanan ringan maupun berat.

Tiket :
Gratis

Alamat :
Jl. Raya Kampus Unesa, Lidah Wetan, Kec. Lakarsantri, Kota SBY, Jawa Timur 60213


6. Pantai Kenjeran

Kompak ciee
surabaya
Air yang lagi surut
Untuk menuju ke tempat ini cukup jauh. Kemarin kami beberapa kali pindah Bus, lalu lanjut menggunakan transportasi online. Yang menarik mungkin karena cuaca lagi kemarau, pantai ini sangat surut. Jadi tidak bisa melihat deburan ombak maupun berjalan-jalan di pesisir pantai. Yang tersisa hanyalah lumpur. Namun cukup terobati karena banyak mainan di sana. Seperti ayunan, jungkat-jungkit dan lainnya.

Ada anjungan panjang juga yang mengarah ke tengah pantai. Tempat yang menarik untuk foto-foto.

Katanya sih ada kenjeran baru dan lama. Yang kemarin kami kunjungi yang lama. Di tempat yang baru ada wahana semacam dunia atlantis.

Tiket :
Tiket 10.000 IDR/ Orang

Alamat :

Jl. Pantai Kenjeran

7. Taman Bungkul CFD

Taman Bungkul CFD Surabaya
Taman Bungkul CFD Surabaya
Sepertinya hampir di setiap kota sudah memiliki lokasi CFD (Car Free Day). Tempat di mana biasanya saat weekend orang-orang berkumpul untuk melakukan jogging maupun sekadar jalan-jalan tanpa menghirup asap knalpot kendaraan. Di Surabaya kami sempat sekali ke sana. Meski agak siangan sekitar jam 9 pagi, tempat tersebut masih cukup ramai. Bukannya olahraga, kami malah hunting makanan, haha. 

Hanya 1 pesan saya, hati-hati makan bakso di bagian luar dari taman. Ada salah satu penjual yang maaf saat memakan baksonya rasanya tidak akan bertekad untuk makan kedua kalinya. Tercium dari aromanya. Saya sempat trauma makan bakso saat itu.

Tiket :
Gratis

Alamat :
Jl. Taman Bungkul, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60241

8. Taman Unik & Patung Internasional di Perumahan Elit

Beberapa perumahan elit di Surabaya ternyata memiliki bangunan-bangunan yang menarik untuk menjadi spot foto. Bangunan tersebut tampak seperti duplikat beberapa bangunan di luar negeri, seperti patung merlion Singapura, benteng Roma, dan benteng di Paris. Selain itu, kemarin sempat mengikuti bazar makanan juga yang diadakan di salah satu bangunan benteng duplikat Arche De Triomphe. Acaranya sangat menarik karena banyak mainan dan makanan. Belum lagi hiasan di malam hari yang terkesan romantis. Rekomendasi buat keluarga karena tempat ini juga gratis.


Taman Angsa

Di taman ini free masuknya. Banyak angsa yang lucu-lucu. Cuma ada satpam yang jaga, katanya engak boleh lama-lama.


taman angsa surabaya
Taman Angsa
Alamat:
Jl. Pakuwon Indah Lontar Tim., Lidah Wetan, Kec. Lakarsantri, Kota SBY, Jawa Timur 60213

Patung Duplikat Singapura

Awalnya kami hanya iseng jalan-jalan sore di sekitaran komplek Citraland. Sambil menikmati udara sore hari, kami mulai menyusuri lorong-lorong komplek perumahan mewah tersebut. Siapa sangka kami menemukan mini merlion di dalam sini. Padahal kami tidak tahu ada patung seperti ini sebelumnya. Lalu kami juga menyusuri yang lainnya dan juga mendapatkan benteng seperti di Roma. Mirip lho, jadi seperti berasa di luar negeri.


mini merlion surabaya
Mini Merlion



Benteng duplikat Colloceum Roma Citraland
Benteng Colloceum Roma
Benteng Colloceum Roma
Benteng duplikat Arche De Triomphe di Paris atau Arco Della Pace di Milan


Arche de Triomphe surabaya
Arche de Triomphe
Alamat: 
Jl. Emerald Mansion Citraland, Lidah Kulon, Kec. Lakarsantri, Kota SBY, Jawa Timur 60213


Tiket :
Gratis

TIPS MEMILIH PENGINAPAN

Karena kami akan menginap 2 bulan, kami berencana mencari kos atau kontrakan. Namun kami mencari penginapan sementara dulu sambil nanti melihat-lihat calon rumah kos yang akan ditempati. Jadi ada baiknya menyiapkan penginapan sebelum tiba di sana. Apalagi saat weekend, biasanya beberapa hotel sudah penuh lebih dulu. Kami kebetulan sampai di sana juga saat weekend. Dulu pada 2 hari pertama di Surabaya, kami memilih untuk menginap di Hotel. Banyak hotel di sana, namun kami memilih salah satu hotel murah di Surabaya.


MasyaaAllah ada yang lagi santai (salah satu kamar di hotel OYO 217 Surabaya)
Kebetulan hotel yang kami tempati berdekatan dengan kampus tempat suami belajar. Namanya OYO Hotels Indonesia. Beruntung banget, tidak perlu cari penginapan kesana-kemari, cukup memesan secara online, kami sudah bisa mendapatkan penginapan yang diinginkan. Saat itu juga dapat diskon dan kami hanya membayar sekitar 130 ribuan per malam. Fasilitas cukup lengkap, mulai dari free wifi, ada air shower panas, TV, Ac yang sejuk, tentu juga tempat tidur yang nyaman. Nilai tambahan adalah hotel dekat dengan Mall Pakuwon Surabaya, jadi tinggal jalan kaki, kami bisa jalan-jalan di Mall.
Kalau ada kesempatan ke sana lagi, hotel OYO sudah pasti jadi pilihan. Apalagi ada kesempatan untuk dapat diskon 70%, saya akan memanfaatkan untuk segera memesan penginapan di Hotel OYO, dan kembali lagi jalan-jalan ke sekitar Jawa Timur. Masih banyak tempat yang belum kami eksplorasi karena terbatasnya waktu saat dulu. Kami biasanya memanfaatkan liburan weekend saat suami tidak kuliah, atau jalan-jalan di sore hari sepulang kuliah.  



OYO Hotels Indonesia saat ini sudah memiliki banyak cabang. Ada 1000+ hotel di 100 Kota di Indonesia. Jadi tidak perlu khawatir jika ingin liburan di suatu tempat, OYO Hotels Indonesia bisa menjadi pilihan. Mau sendiri, bareng teman, atau keluarga, OYO Hotels Indonesia sudah sangat pas sebagai sebuah penginapan yang murah dan berkualitas.

Sekadar informasi OYO Hotels ini juga ada di berbagai negara. Properti mereka ada sekitar lebih dari 23,000+ hotel di 800+ kota di 18 negara di seluruh dunia. Keren kan? Jadi tidak perlu lagi pusing liburan ke mana aja, kita tinggal memesan OYO yang sudah punya banyak cabang. Hotel murah dan nyaman.

Hotel oyo

Nah itu dia informasi mengenai tempat wisata yang kami kunjungi selama kurang lebih 2 bulan di Surabaya. Juga tips mengenai hotel yang murah yang bisa jadi pilihan menginap kamu. Semoga bisa jadi referensi dan bermanfaat!

Sebelum liburan, persiapkan segala hal termasuk kesehatan. Karena jalan-jalan butuh energi lebih untuk dikeluarkan. 

Love,


Referensi :
www.googlemaps.com
www.oyorooms.com
www.twitter.com/oyoindonesia

Hotel oyo



You Might Also Like

22 komentar

  1. Danau Unesa itu menarik juga ya, biasanya cuman lewatin doang.
    Anak saya minta ke Tugu Pahlawan nih, nanti bakal jadi agenda menarik ketika libur sekolah nanti.
    Tapi kudu nunggu seminggu lagi, karena anak saya baru akan ujian minggu ini huhuhuhu.
    Btw keren ya nginap di hotel OYO, saya juga pernah nih nginap di Hotel Oyo dekat TP :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya menarik Mba di tugu pahlawan. Di dalam museumnya juga lumayan oke. Wah sama-sama pernah nginep di OYO nih 😆 Mba asli Surabaya ya?

      Delete
  2. Aku baru pernah 2 kali ke Surabaya buat kerja dan dari list di atas baru sempat ke Taman Bungkul aja. Memang untuk penginapan murah OYO banyak banget pilihannya ya Mba sehingga memudahkan para travelers.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ago nanti kunjungi yg lainnya Mbak. Bener OYO pas banget murah soalnya

      Delete
  3. Komodo nya mager yak, haha. Kak Tri jalan-jalannya pas bulan apa? Soalnya Daku juga pernah melihat komodo mager pas berkunjung ke pulau Rinca di bulan Juli. Katanya sih lagi musim kawin makanya mager 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, gak tahu itu mager atau style 🤣 kemarin sekitar bulan Agustus-Sept Mbak di sana

      Delete
  4. Sebagai anak Surabaya yang lama merantau di luar negeri dan kemudian pindah ke Sidoarjo, rekomendasi tempat wisatanya membantu sekali. Sudah lama nggak jalan-jalan di Surabaya. Terakhir ke Tugu Pahlawan kira-kira 15 tahun lalu, ke KBS 9 tahun lalu, ke Kenjeran wah mungkin ada kali 20 tahun lalu hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Mbak merantau di mana sekarang? Pasti beda banget ya kalau nanti pulang banyak yang berubah 😆

      Delete
  5. wah aku udah pernah ke tempat2 wisata di Surabaya itu hehe.. malesnya ke sana tuh panasnya ga nahan.. aku tinggal di jakarta juga panas tapi panasnya Surabaya lebih nyelekit di kulit huhu.. jadi males lama2 di Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbak apalagi kemarin pas musim kemarau gak hujan berbulan-bulan. Surabaya full debu panas 🤣

      Delete
  6. Hahahaha aku tinggal lama di Sby tapi blm pernah sekalipun masuk monkasel. Next mudik kudu diagendakan nih ke sana trmasuk naik bus Surabaya yang bayar pakai plastik itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak rata2 banyak asli sby malah blm naik busnya hehd. Para pendatang yg cepet-cepet cobain soalnya takut keburu pulang 🤣

      Delete
  7. Mungkin nama SUROBOYO juga terinspirasi dari dua hewan itu ya mbak. Atau malah sebaliknya.. hehe

    ReplyDelete
  8. Aahh.. makasih mbak. Pas banget liburan ini rencananya mau ke Surabaya. Pilihan tempat wisatanya keren-keren, plus ada review hotelnya juga. Sangat bermanfaat ini mbak..

    ReplyDelete
  9. Masih banyak nih tempat Wisata di Surabaya belum dikunjungi, Danaunya, Pantainya juga belum dikunjungi nih

    ReplyDelete
  10. Beberapa udah semua kecuali Danau Unesa dan Patung yang di dalem perumahan. Gimana Surabaya hari ini? adem dikit gak kalo musim ujan? hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 bulan kemarin gak dapat hujan Mbak 🤣 keburu pulkam ke kalsel hehe

      Delete
  11. Setiap kali maen ke Surabaya, aku cuman mampir ke Bonbin (KBS) doang. Hehehe.

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca dan berkomentar :)
Komentar akan muncul setelah dimoderasi
Untuk komentar berisi link mohon maaf tidak akan dipublikasikan
Salam kenal :D

Tulis Email untuk Langganan gratis yuk!