Harga Bekas Asus Zenfone 3 ZE520KL/Z017DB (Review Kelebihan dan Kekurangan)

Daftar Isi [Tampil]
harga bekas asus zenfone 3


Sudah hampir 4 tahun sejak dikeluarkannya smartphone (gawai pintar) ini, kira-kira berapa harga bekas Asus Zenfone 3 ZE520KL/Z017DB sekarang?


Sebelum kita bahas harga, kita cerita dulu yuk soal ASUS ini.

Sebenarnya ini adalah gawai merk ASUS pertama saya. Dulu saya pernah memiliki notebook merk ASUS semasa kuliah. Untuk gawai sendiri, saya sudah pernah memakai merk Nokia, LG, Blackberry, SonyXperia, Lumia, Ipad, Xiaomi dan terakhir ASUS ini.

Ipad mungkin tidak perlu dibandingkan ya karena bukan smartphone melainkan tablet. Di antara semua merk yang saya gunakan, khususnya smartphone (android maupun windows), saya paling menyukai ASUS ini secara umum. Alasannya?

Harga Bekas Asus Zenfone 3 ZE520KL/Z017DB

Gawai yang saya miliki kurang lebih setahun ini sebenarnya gawai bekas suami yang telah beli gawai baru. Sebenarnya awalnya saya beli gawai baru merk lain, namun tidak berapa lama malah baterainya cepat habis setelah beberapa bulan pemakaian. Asus ini pun sebenarnya awalnya hp bekas yang dibeli suami, namun masih kuat.


Baik daya tahan baterai dan fiturnya. Kekuranganya di bagian kamera (sedangkan suami saya butuh kamera bagus untuk rekam channel youtubenya), akhirnya membuat suami saya berpikir membeli yang baru.

Saya pun menawarkan hp lama saya dijual, dan saya akan memakai ASUS suami dan suami bisa beli yang baru. Jadilah kini ASUS Zenfone 3 ZE520KL/Z017DB menjadi milik saya.

Selama beberapa bulan pakai, saya masih cukup puas dengan performanya. Padahal ini hanya hp bekas yang sudah dipakai bergiliran suami dan saya.


Harga baru saat pertama kali peluncuran di tahun 2016 silam adalah sekitar Rp4.000.000. Harga yang lumayan sedikit mahal menurut saya dengan spesifikasi yang sebenarnya tidak terlalu tinggi.

Dibandingkan dengan gawai lain dengan spesifikasi yang sama, ASUS ini memang terbilang sedikit di atas harga rata-rata.  

Tapi sekali lagi, harga dan kualitas memang tidak bisa dibohongi. Saya sudah merasakan menggunakan gawai ini dan memang bagus. Apalagi dari segi daya tahan.

SPESIFIKASI Asus Zenfone 3 ZE520KL/Z017DB

 

spesifikasi Asus Zenfone 3 ZE520KL/Z017DB

spesifikasi Asus Zenfone 3 ZE520KL/Z017DB
Sumber :
https://gadgetevo.com

Langsung saja ini kelebihan dan kekurangan ASUS Zenfone 3 ZE520KL/Z017DB menurut saya pribadi:

KELEBIHAN


Baterai Tahan Lama

Yes, dari semua gawai pintar yang saya gunakan, ASUS ini yang baterainya paling oke, padahal spesifikasi hanya 2650Mah. Berbeda dengan gawai saya dulu, katanya 4000Mah, tapi cepat sekali baterainya habis.

Kerangka Mewah
Harga Bekas Asus Zenfone 3 ZE520KL/Z017DB
image : olx.co.id
 

Menurut saya, karena sudah ada perlindungan Corning Gorilla Glass 3 di bagian depan dan belakang, kerangka gawai ini terlihat mewah dan kuat. Mungkin ini salah satu yang membuat mahal kali ya?

Kamera Belakang Oke

Dengan kamera 16 MP, cukup bagus untuk berfoto. Jika foto sesuatu yang agak dekat (sekitar 5 cm), foto bisa menampilkan efek fokus yang bagus.



Hasil foto kamera belakang (dokpri)

Jaringan Kuat


Jaringan di ASUS ini termasuk kuat disbanding hp saya sebelumnya. Jika dengan posisi yang sama, kartu sama, namun gawai beda, ternyata bisa menghasilkan kualitas jaringan yang berbeda pula

Sidik Jari Responsif

Sidik jarinya termasuk responsif, padahal gawai ini sudah digunakan lama.

Ada mode Multi Window

Ini keren nih. Meski memang udah ada gawai lain yang sudah memiliki fitur ini, saya baru pertama kali memiliki gawai dengan fitur ini. Jadi saat buka Youtube, kita masih bisa membuka Whatsapp secara bersamaan.

Speaker Oke
Harga Bekas Asus Zenfone 3 ZE520KL/Z017DB
image : olx.co.id
 

Speaker termasuk bagus dan tidak pecah.
Di balik kelebihan, biasanya ada kekurangan. Lalu apa kekurangannya?

KEKURANGAN


Kamera Depan Kurang Bagus

Entah kenapa, sejak awal beli gawai ini, kamera depan kurang memuaskan. Padahal sudah 8 MP. Kamera terkesan menampilkan efek tidak natural, dan kurang jernih. Atau mungkin gawai saya saja kali ya yang kamera depannya sudah tidak bagus. Karena sekelas ASUS harusnya kameranya bagus.

SIM 2 dan Micro Card Memory Masih Satu Slot

Karena saya menyukai menggunakan 2 kartu, kadang harus ganti-ganti menggunakan kartu dan micro SD.

Interface/Antarmuka OS Zen UI 3.0. Kurang Menarik

Ini menururt pribadi lho ya, dibanding hp sebelumnya yang terlihat halus, interface dari ASUS ini emang kurang oke. Tapi lumayan aja.

USB C yang Masih jarang digunakan

Karena ini gawai pertama saya yang USB Tipe C, jadi masih kurang familiar. Beberapa kabel data yang tersedia adalah tipe B. Jadi lumayan repot hanya memiliki USB kabel sendiri. Tapi enaknya, USB tipe C tidak perlu algi khawatir kabel terbalik karena posisi atas bawah yang sama. Berbeda dengan tipe B yang posisinya harus pas.

Kontras Layar Minimum Kurang Gelap


Tingkat kecerahan di gawai ASUS ini saat minimum masih terang menurut saya. Jadi saya harus menambahkan aplikasi pihak ketiga untuk membantu pengaturan blue filter.

Lalu berapa harga bekas gawai ini?

Berdasarkan OLX, Harga Bekas Asus Zenfone 3 ZE520KL/Z017DB adalah sekitar Rp1.100.000-Rp1.350.000 (Update Februari 2020)
Harga bekas ASUS ini cukup worth it. Kalau pun ingin beli gawai baru, sepertinya saya akan tetap memilih ASUS sebagai merk pilihan ke depannya. 



Nah itulah review kelebihan dan kekurangan serta spesifikasi lengkap terkait ASUS Zenfone 3 ZE520KL/Z017DB. Jika gemar berselfie mungkin ini kurang tepat.  Tapi melihat performanya yang bagus dari sisi ketahanan baterai sangat direkomendasikan. Bukankah itu yang terpenting?

Harga Bekas Asus Zenfone 3 ZE520KL/Z017DB
image : olx.co.id

Kalau kamu, apa smartphone favoritmu?

Baca Juga :
@pohontomat | Triyatni Ashari
ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀɴ | ᴍᴜꜱʟɪᴍᴀʜ | ᴀ ᴍᴏᴍ | ᴄᴏᴍᴘᴜᴛᴇʀ ɴᴇᴛᴡᴏʀᴋɪɴɢ ᴠᴏᴄᴀᴛɪᴏɴᴀʟ ʜɪɢʜ ꜱᴄʜᴏᴏʟ ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ᴊᴀᴘᴀɴᴇꜱᴇ STUDY ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ʟᴏᴠᴇ ᴛᴏ ʀᴇᴀᴅ ᴀɴᴅ ꜱʜᴀʀᴇ | ᴄᴏɴᴛᴀᴄᴛ ᴍᴇ ꜰᴏʀ ᴍᴏʀᴇ pohontomat.com@gmail.com ɪɴꜱᴛᴀɢʀᴀᴍ : @ᴘᴏʜᴏɴᴛᴏᴍᴀᴛ

Related Posts

Posting Komentar

Recent

Masukkan Email untuk Langganan Gratis