2 Tips Sederhana Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus

2 Tips Sederhana Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus

Konten [Tampil]
mengembalikan chat whatsapp yang terhapus.

Whatsapp adalah aplikasi chatting paling populer saat ini. Dan mungkin anda adalah salah satu orang yang senang menggunakan whatsapp untuk menemani pekerjaan karena selain gratis dan juga mudah untuk kita gunakan whatsapp juga minim masalah.


Whatsapp juga merupakan sarana yang paling mudah untuk tetap bisa berhubungan dengan teman, keluarga dan juga rekan kerja.


Bagaimanapun, mungkin anda juga memiliki pesan yang sangat penting yang anda simpan di dalam whatsapp yang bisa saja membuat anda pusing tujuh keliling saat pesan whatsapp tersebut ternyata harus terhapus, lalu bagaimana kembalikan chat whatsapp yg terhapus?


Tips Sederhana Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Terhapus

Mengembalikan Chat Whatsapp Dari Backup Lokal


Terkadang kita tidak sengaja menghapus atau melakukan hal-hal yang bisa berdampak kepada chat whatsapp kita. 


Oleh sebab itu melakukan pencadangan chat whatsapp di Google Drive sangat penting untuk dilakukan, karena jika sewaktu-waktu ternyata chat anda tersebut hilang anda tidak akan perlu takut dan kebingungan dalam mengembalikannya.


Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi mengenai bagaimana sih tips sederhana mengembalikan chat whatsapp yang terhapus. Berikut adalah langkah-langkah yang harus anda ikuti.


▶▶ Cara Mengembalikan Chat Whatsapp Dengan Google Drive

Apabila ponsel anda tiba-tiba mengalami kerusakan sehingga terkadang mengharuskan anda melakukan reset data, maka secara otomatis data yang ada di ponsel anda termasuk juga data aplikasi dan lain-lain sebagainnya akan hilang.


Mungkin hal pertama yang anda pikirkan adalah tentang bagaimana cara mengembalikan chat Whatsapp yang sudah terhapus. Karena pada dasarnya ada beberapa hal yang bisa membuat chat Whatsapp terhapus, mulai dari karena HP yang rusak, ganti hp baru dan tidak sengaja terhapus.


Untuk anda yang pernah melakukan pencadangan chat Whatsapp di Google Drive, tentu saja anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus tersebut.


Pertama anda buka dulu aplikasi Whatsapp yang anda miliki.


Kemudian anda masukkan nomor telepon yang anda gunakan untuk whatsapp sebelumnya.


Selanjutnya masukkan kode verifikasi dari Whatsapp untuk masuk ke akun whatsapp yang anda miliki tersebut.


Anda akan dihadapkan pada pilihan apakah ingin melakukan restore data dari google drive, selanjutnya anda pilih continue dan restore saja.


Memasukkan nama, kemudian anda pilih next.


Selesai, sekarang anda tidak perlu lagi kebingungan karena kehilangan data percakapan atau chat whatsapp anda karena chat tersebut sudah kembali.


▶▶ Mengembalikan Chat Whatsapp Dari Backup Lokal

Jika ternyata anda tidak melakukan backup google drive tenang saja karena anda masih bisa melakukan restore atau pengembalian chat whatsapp yang terhapus dari backup lokal.


Apabila anda memiliki keinginan untuk menggunakan backup lokal, ana hanya perlu mentransfer atau memindahkan semua file yang anda gunakan ke komputer. Gunakan file explorer atau kartu SD untuk memindahkan data tersebut.


Biasanya file pencadangan backup yang kita miliki ini tersimpan di penyimpanan internal kemudian di folder Whatsapp


Secara otomatis ponsel anda akan menyimpan file backup lokal selama tujuh hari terakhir. Artinya jika anda chat anda tidak terhapus selama tujuh hari terakhir, anda masih bisa mendapatkan chat whatsapp anda tersebut. 


Berikut adalah tips sederhana mengembalikan chat whatsapp yang terhapus via backup lokal.

Pertama anda download dulu aplikasi file manager dari playstore.


Selanjutnya setelah terdownload, anda buka aplikasi file manager tersebut. Kemudian anda masuk pada folder Whatsapp/Database. Jika anda tidak menemukan di dalam kartu SD, maka anda bisa menemukannya di penyimpanan internal.


Selanjutnya anda ganti nama file cadangan yang akan anda pulihkan dengan cara menghapus "-TTT-BB-DD.1" artinya nanti akan tersisa nama file menjadi msgstore.db.crypt12. Jangan mengubah nomor ekstensi dari Crypt tersebut karena bisa berimbas pada proses restore yang gagal.


Selanjutnya anda hapus dulu aplikasi Whatsapp kemudian anda install ulang aplikasi tersebut.


Ulangi langkah pada tahap pertama dan jika diminta untuk melakukan restore data, anda restore saja data anda tersebut.


encadangan chat whatsapp di Google Drive


Itulah beberapa tips sederhana mengembalikan chat whatsapp yang terhapus baik itu terhapus secara sengaja atau tidak sengaja.


Untung saja Whatsapp selalu melakukan pencadangan otomatis ke dalam backup lokal, jadi bagi anda yang tidak pernah melakukan pencadangan via Google Drive, anda akan tetap aman karena ada file pencadangan di file manager anda.


Itulah kenapa aplikasi Whatsapp begitu populer karena mereka selalu memperhatikan kenyamanan dan juga data dari para penggunannya.


Jika tidak tentu saja mereka akan mengabaikan setiap data chat yang kita miliki dengan tidak melakukan backup harian di file manager lokal yang kita miliki tersebut.


Semoga tips diatas bisa bermanfaat dan bisa membantu untuk anda yang ingin mengembalikan chat whatsapp yang terhapus. 


Baca Juga

5 komentar

  1. mantap bangeut info nya ka , aku user setia whatsapp . jadi info ini bermanfaat bageut dong buat aku hehe

    BalasHapus
  2. Wah infonya bermanfaat sekali nih kak, apalgi ya kadang suka salah hapus pesan mana penting ini nice banget kk .😍

    BalasHapus
  3. Wah infonya penting banget dan bermanfaat, emang kadang suka lupa gitu hapus pesan wa padahal penting kan ya jadi suka bingung mau balikin chat gak bisa , ni sih nice banget kak😍

    BalasHapus
  4. Soal backup chat wa ini biasanya suamiku yang selalu bantu. Dia lebih aware soalnya wkwkw. *efe aku gaptek.
    Ternyata baca artikel ini, caranya mudah ya.
    Memang penting banget sih ada backup chat, karena kalau terjadi apa-apa sama hp, kita bisa lebih tenang dan aman.

    BalasHapus
  5. Bermanfaat banget infonya mba, terimakasih banyak.

    Bisa nih buat yg suka ngecek ngecek hp pasangan. Hihihi

    Tapi balik lagi yg , kemajuan teknologi dan ilmu sebaiknya digunakan dengan bijak

    BalasHapus

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...