MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

5 Tips Staycation di Hotel Saat Pandemi

5 Tips Staycation di Hotel Saat Pandemi
Add Comments
12/16/2020
Daftar Isi [Tampil]
Mumpung lagi liburan semester, sudah ada rencana liburan? Mungkin sudah ada yang menyusun rencana mau stay di rumah aja atau jalan-jalan? Nah, apakah ada yang berniat staycation di hotel?

Emang staycation itu apa? Bagi yang belum tahu, sebenarnya kata ini baru saja dipopulerkan sekitar tahun 2005-2008 di Amerika. 

Sebuah konsep liburan hanya dilakukan di dalam kota, tidak jauh-jauh. Seperti jalan-jalan ke museum dekat rumah, berenang, dan sebagainya.

Tapi makin ke sini di Indonesia sendiri, kata staycation lebih menyempit daripada hanya sekadar liburan di kota sendiri. 

Staycation adalah sebuah jenis liburan berdiam di Hotel untuk menikmati fasilitas hotel dan bersantai dengan pelayanan hotel. Jadi memang tidak perlu jauh-jauh, hanya di sekitar tempat tinggal. 

 Nah, ada baiknya, meski hanya berdiam di hotel, jangan lupa untuk mempersiapkan segala hal. Apalagi di era pandemi yang belum berakhir di tahun 2020 ini. 

Lantas sebelum staycation, apa saja yang perlu kita siapkan?

Memilih Tempat Staycation

Ini langkah awal paling mutlak menurut saya. Ketika sudah tahu kita ingin menginap di mana, kita bisa mengatur yang lainnya lebih tepat. 

Teman-teman bisa mencari rekomendasi atau misalnya review di google dengan kata kunci yang teman-teman inginkan. 

Misalnya staycation Jakarta, staycation Bogor, atau apa saja. Biasanya sudah banyak yang mengulas sebuah tempat yang tempat untuk staycation di berbagai kota di Indonesia.

Jangan sampai salah memilih tempat staycation yes! Pastikan tempat yang dipilih juga mematuhi protokol kesehatan.

Siapkan Budget

Meski hanya staycation, tidak ada salahnya dong menabung dulu. Apalagi target staycation yang ingin dituju adalah sebuah hotel berbintang 5 dengan fasilitas yang wau

Mungkin saja ada budget untukpelayanan hotel tambahan yang berada di luar pemesanan kamar. 

Bisa kita lakukan dengan menabung dulu beberapa bulan sebelumnya. Atau yang sudah memang membagi pos-pos liburan sejak awal itu lebih bagus lagi.

Sesuaikan kemampuan dengan pilihan tempat staycation, itu yang paling penting. 

Siapkan Tanggal

Melihat staycation mulai naik lagi setelah sebelumnya betul-betul redup di awal-awal pandemi, tidak ada salahnya teman-teman tetap memperhatikan tanggal sebelum staycation.

Jika teman-teman memiliki waktu yang fleksibel, saya menyarankan untuk staycation jangan di tanggal-tanggal weekend.

Selain harga lebih murah, hotel biasanya juga tidak terlalu ramai. Kita akhirnya bisa menikmati fasilitas hotel lebih leluasa. Seperti kolam renang, gym, dan lainnya.

Siapkan Perlengkapan

Nah, dulu sebelum pandemi, perlengkapan staycation mungkin seperti biasa standar berkutat di baju dan segala hal peralatan pendukung.

Namun, saat di era pandemi ini, ada beberapa perlengkapan tambahan yang dibutuhkan. Yaitu:

  1. Masker (siapkan yang sekali pakai buang saja, agar tidak perlu membawa banyak pulang yang dicuci)
  2. Handsanitizer
  3. Face Shield jika suka mengenakannya sebagai double protection
  4. Handuk dan peralatan pribadi lainnya

Mungin beberapa ada yang menyukai menggunakan fasilitas handuk di Hotel. Namun di era pandemi ini, saya sarankan menggunakan handuk sendiri. 

Juga peralatan-peralatan lainnya. Meski hotel yang dituju menyediakan semua perlengkapan yang baru, tidak ada salahnya berjaga-jaga.

Sewaktu Staycation

Nah sewaktu staycation tentu ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Tiap daerah mungkin memiliki indikasi yang berbeda dari segi zona penyebaran virus. 

Jika kita melakukan staycation di hotel Jakarta, yang masih zona merah, usahakan jangan terlalu sering bersinggungan dengan barang-barang yang tidak perlu dipegang. Jangan berenang dulu sih kalau saya, hehe. 

Jangan juga terlalu banyak bertemu orang. Hindari kerumunan, tidak apa saat ini berlibur sendiri atau bersama keluarga saja.

Penutup

Itu dia kelima tips saya pribadi selama staycation. Kemarin waktu suami ada lomba di salah satu hotel di kota kami, kami menyempatkan untuk ikut staycation jadi memesan kamar bersama si kecil juga. 

Meski cuma sehari, rasanya itu sudah bisa men-charge energi kembali sebelum berkutat lagi dengan urusan rumah tangga yang tidak ada habisnya hehe. 

staycation Jakarta

Sebelum staycation, ingat untuk mencari review yang tepat dan kalau bisa berdasarkan pengalaman pribadi. Cari saja sesuai nama daerah teman-teman. 

Misalnya saya di Banjarmasin, saya bisa mencari keyword staycation Banjarmasin. Jika teman-teman di Jakarta, teman-teman bisa mencari dengan kata kunci pengalaman staycation Jakarta atau villa di Jakarta misalnya.

Jadi teman-teman yang juga ingin liburan, tapi tetap tidak ingin banyak kerumunan, staycation bisa menjadi pilihan yang aman!

Sumber gambar: pixabay.com dan unsplash.com

Baca Juga
Triyatni A.

ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀɴ | ᴍᴜꜱʟɪᴍᴀʜ | ᴀ ᴍᴏᴍ | ᴄᴏᴍᴘᴜᴛᴇʀ ɴᴇᴛᴡᴏʀᴋɪɴɢ ᴠᴏᴄᴀᴛɪᴏɴᴀʟ ʜɪɢʜ ꜱᴄʜᴏᴏʟ ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ᴊᴀᴘᴀɴᴇꜱᴇ STUDY ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ʟᴏᴠᴇ ᴛᴏ ʀᴇᴀᴅ ᴀɴᴅ ꜱʜᴀʀᴇ | ᴄᴏɴᴛᴀᴄᴛ ᴍᴇ ꜰᴏʀ ᴍᴏʀᴇ pohontomat.com@gmail.com ɪɴꜱᴛᴀɢʀᴀᴍ : @ᴘᴏʜᴏɴᴛᴏᴍᴀᴛ

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Kalau bawa anak-anak face shiled sekarang susah di pakainya. Jadi paling masker tisu basah dan hand sanitizer wajib aku bawa untuk staycation di hotel.

    BalasHapus
  2. Aku ada beberapa kali staycation selama pandemi nih mbak, menurutku persiapannya masih sama aja cuma sekarang lebih extra untuk bawa perlengkapan kesehatan ya. Sama cek hotel lebih detail apakah udah menerapkan protokol kesehatan dengan baik apa nggak.

    BalasHapus
  3. Wahhh, sama banget nih mba. Aku selama pandemi ini udah 2 kali staycation ke hotel dan sebelum nginep aku confirm dulu ke hotelnya terkait prokes dan kondisi hotelnya. Lumayan ribet deh hahah

    BalasHapus
  4. Niatan mau staycation batal nih kak tri krna bener2 ga yakin, slalu kepikiran itu kamar abis dipake sapa 😆😆 parno an aku tuh orangnya

    BalasHapus