MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Review Aplikasi Workout, Gerakan Olahraga di Rumah untuk Pemula

Review Aplikasi Workout, Gerakan Olahraga di Rumah untuk Pemula
Add Comments
1/07/2021
Daftar Isi [Tampil]

olahraga di rumah
Ada yang samaan enggak semenjak pandemi badan justru makin melar? Hehe. Padahal dulu waktu lajang susah banget buat gemuk. Sejak kecil badan ini emang kurus. Sering diejek kutilang malah, kurus, tinggi, langsing.

Bahkan waktu SMA berat saya pernah cuma 38,5 kg dengan tinggi 152 cm. Saat kuliah paling mentok 41-42 kg. Pernah nyobain obat Cina, naik dikit tapi turun lagi pas udah stop pemakainan. Pernah nyobain App*ton Weight Gain~yang kalau diminum harus tutup hidung ini~enggak mempan juga!

Saat kerja sebagai guru  juga masih berat segitu. Saking kecilnya mungkin sering dikirain murid. Nah, saat udah mau nikah, nyari tuh info buat gemukin badan. Katanya minum Dancow dan Milo dicampur gitu. Praktiklah saya. Alhamdulillah naik 3 kg. Berat mau nikah 45 kg. 

Saat hamil naik 20kg, seneng banget. Tapi emang wajar sih hamil naik kan wkwk. Pas nyusuin mulai turun 48kg lagi. Udah ideal lah menurut saya.

Eh abis nyapih, langsung naik berat ini. Dari 50 kg ke 51 kg. Pas pandemi udah nyampai angka 57 kg! Berat terberat (selain hamil) sepanjang hidup. 

Sebenarnya workout dan main bulutangkis kadang-kadang, tapi memang enggak rutin. Sejak berat naik ini badan rasanya malas gerak lagi huhu. Padahal dulu rajin zumba.

Nah, aku kebetulan ada unduh beberapa aplikasi workout sebelumnya, tapi sekarang cuma nyimpen satu di gawai. 

Aplikasi ini namanya Female Fitness – Women Workout, kalau yang cowok ada juga. Suami unduh yang versi cowoknya. Banyak sekali fitur-fitur di aplikasi ini, di antaranya:

Fitur Training

Nah, di bagian fitur ini kita tinggal memilih pengen mantepin bagian mana. ABS kah, kaki kah, lengan kah, atau full body. Di bagian ini terbagi lagi workoutnya menjadi tiga bagian. Pengen yang beginner (pemula), intermediate (menengah) atau advanced (udah pro). 

Nanti aka nada perjalanan 30 hari workout yang akan terisi sendiri jika kita sudah melaksanakan workoutnya sampai habis.

Fitur Workout

Di sini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu 7 minutes workout, for summer workout dan routines workout. Kita akan bahas satu-satu ya ...

gerakan olahraga di rumah saat pandemi


▶ Fitur 7 Minutes Workout

Di sini, ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan hanya 7 menit. Kalau misalnya super sibuk banget, olahraga ini bisa jadi pilihan kapanpun punya waktu senggang dikit. 

▶ For Summer Workout

Kurang paham juga sih maksudnya. Tapi ini mungkin lebih ke outdoor workout kali ya. Di sini terdiri dari bikini workout, rounder booty shaping, arm workout, dll. Untuk mengencangkan bagian-bagian tertentu sih kayaknya.

▶ Routines Workout

Di sini ada morning workout dan sleepy time stretch. Ada juga panduan untuk pain relief dan face firming yoga. Lengkap deh!

Fitur Report

Di bagian ini kita bisa mengetahui seberapa rajin sih kita menggunakan aplikasi ini. Bagaimana perkembangan berat badan kita juga bisa tahu. Ideal atau berlebih juga terlihat di sini. 

Contoh Beberapa Gerakan yang Ada di Aplikasi

Nah, ini saya share beberapa gerakan workout yang bisa bantu mengecilkan perut dan lainnya. Ini semua termasuk gerakan olahraga di rumah yang bisa dilakukan sehari-hari. Kalau rutin kerasa sih efeknya. Lalu apa saja gerakannya?

gerakan olahraga di rumah untuk pemula


▶ Jumping Jacks

Gerakan ini biasanya menjadi awal sebuah workout. Mudah kok, tinggal lompat dengan cara buka tutup kaki sambal menepukkan tangan di atas.

Saran saya sebelum workout dan lompat-lompat gini, jangan saat baru abis makan atau minum ya hehe.

▶ High Stepping

Berjalan di tempat tapi lulut harus tinggi. Gerakan ini biasa dilakukan di awal workout juga. Tapi terkadang ada di bagian tengah. 

▶ Abdominal Crunch

Ini gerakannya mirip-mirip sit up sih. Tapi enggak perlu bangun sepenuhnya. Otot perut bisa lebih kencang kalau melakukan ini

▶ Reverse Crunch

Gerakan ini mirib abdominal crunch, tapi kita harus menekuk lutut lebih ke dekat wajah.. Tangan diletakkan di kepala. 

▶ Plank

Gerakan ini menggunakan hampir semua otot. Mulai tangan, per, hingga kaki. Pastikan untuk latihan dulu sebelum menahan lama. 

▶ Bridge

Gerakan ini juga biasa menjadi bagian dari senam kegel. Sebuah senam yang katanya bisa membantu mengencangkan otot bagian bawah.

▶ Bird Dog

Gerakan ini butuh keseimbangan. Kaki dan tangan berasamaan dinaikkan. Tapi berlawanan arah ya! Jika naik tangan kiri, maka kaki kanan yang menendang.

gerakan olahraga di rumah

Sebenarnya banyak lagi egrakannya. Yang penasaran bisa cek sendiri di aplikasinya ya. 

Fitur lainnya 

Di pengaturan, kita bisa mengatur waktu istirahat setiap sesi. Ada juga reminder kapan ingin menggunakan aplikasi tapi sayangnya enggak berjalan di saya hehe. 

Kalau ingin mengahpus iklan, bisa upgrade sebesar 40k. Untuk aplikasi gratisnya sebenarnya udah oke banget sih. 

Kesimpulan

Itu dia beberapa gerkan yang bisa dicoba untuk olahraga di rumah. Untuk waktu setiap gerakan, biasanya 15 sampai 25 detik.

Tapi untuk plank biasanya 30-45 detik kalau sanggup, hehe. Tapi ingat untuk warm up (pemanasan) dulu sebelum melakukan gerakan workout. Untuk pemanasan bisa cek bagian warm up-nya. 

Olahraga di rumah saat pandemi menurut saya penting sekali. Selain menjaga kesehatan, bonusnya adalah bentuk tubuh yang bagus, dan lebih bersemangat menjalani hari-hari. 

Yang paling kerasa itu adalah jika lama enggak workout, dan tiba-tiba lagi rajin workout, eh malah jadi pegal-pegal keesokan harinya. 

Teman-teman juga bisa coba olahraga zumba dan yoga. Sudah banyak video tutorial yang ada di internet. 

Untuk wanita dan pria biasanya kadar kesulitan dan waktu olahraga akan berbeda, jadi lebih baik install aplikasi yang sesuai jenis keadaan saja. Terakhir, semoga ulasan ini bermanfaat ya. Semangat langsing olahraga!

Gambar: unsplash.com, dan tangkapan layar aplikasi
Baca Juga
Triyatni A.

ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀɴ | ᴍᴜꜱʟɪᴍᴀʜ | ᴀ ᴍᴏᴍ | ᴄᴏᴍᴘᴜᴛᴇʀ ɴᴇᴛᴡᴏʀᴋɪɴɢ ᴠᴏᴄᴀᴛɪᴏɴᴀʟ ʜɪɢʜ ꜱᴄʜᴏᴏʟ ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ᴊᴀᴘᴀɴᴇꜱᴇ STUDY ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ʟᴏᴠᴇ ᴛᴏ ʀᴇᴀᴅ ᴀɴᴅ ꜱʜᴀʀᴇ | ᴄᴏɴᴛᴀᴄᴛ ᴍᴇ ꜰᴏʀ ᴍᴏʀᴇ pohontomat.com@gmail.com ɪɴꜱᴛᴀɢʀᴀᴍ : @ᴘᴏʜᴏɴᴛᴏᴍᴀᴛ

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...