Review Buku Catatan Unik dari Hibrkraft, Beneran Handmade?

buku catatan unik

Era digital saat ini membuat kita mungkin lebih senang mencatat semuanya di handphone atau laptop (apa hanya saya? Hehe). Namun melihat banyaknya teman-teman bloger yang aktif journaling kok rasanya terlihat menyenangkan? 

Saya tidak menyangka bahwa kegiatan tulis-menulis di buku catatan bisa semenarik itu. Ada yang desainnya kece abis, membuat monthly planner dengan keren, ada yang sampai membeli peralatan untuk menghias jurnal seperti bunga, menempelkan stiker-stiker lucu, dan masih banyak lagi.

Saya pun tertarik untuk mencoba menggunakan sebuah buku catatan unik yang kayaknya cocok buat memulai journaling. Ya namanya juga pemula, saya cukup kaget ketika tahu istilah-istilah dunia journaling ternyata banyak sekali. Bahkan dipercaya sebagai salah satu metode art therapy kata Kak Ewafebri di blognya. Dulu paling cuma mengenal binder untuk catat-mencatat, kini mencoba buku keren dari Hibrkraft. 

Apa itu Hibrkraft? Nah, tempat kita bisa mendapatkan buku catatan unik bisa di sini nih. Bukan hanya sekadar unik, tapi juga klaimnya katanya adalah handmade dari bahan berkualitas dan bisa custom. Wah, kalau kayak gini pasti banyak yang doyan kan ya. 

Sejarah Hibrkraft

Pendiri Hibrkraft bernama Ibrahim Anwar. Beliau memulai tahun 2011 dan masih bernama Hibrcraft. Awalnya produk dipusatkan mengenai mendaur ulang kertas dan majalah bekas yang bisa membuat buku catatan, tempat CD (Compact Disc ya, bukan yang lainnya hehe), dan lain-lain. 

Pangsa pasarnya pun masih sekitaran lingkaran pertemanan Mas Ibrahim. Sekitar tahun 2012, mulai deh tuh dipasarkan ke lingkungan anak kampus dan anak sekolah. 

Karena sambutan public cukup baik, Hibrkraft terus berbenah dan pada tahun 2021 berubah nama menjadi Hibrkraft Indonesia

UMKM yang bergerak di bidang pembuatan jurnal ini pun tidak hanya menjual buku catatan, tapi juga bisa custom paket branding/merchandise. Mulai dari pouch, gantungan kunci, totebag, dan masih banyak lagi. O ya, produk ini bahkan sudah melanglang buana ke luar negeri lho. Keren banget ya?

Buku Custom Jahit

Kesan pertama yang saya lihat dari buku ini adalah keren dan lucu. Dari bentuk desain yang dijahit, terlihat memang buku ini sangat memperhatikan kualitas. 

Mereka mengklaim tidak asal buat. Setiap produk sudah melalui proses kurasi satu demi satu. Kualitas buku custom jahit bisa dibilang saat ini jarang banget kan yang handmade  alias buatan tangan? Rata-rata pasti pabrikan.Nah kalau ini handmade punya. 

Hibrkraft, Buku Catatan yang Unik

Selain dari segi jahitan, buku ini terbilang unik karena dibuat tanpa mesin. Untuk beberapa jenis, ada yang hanya mengggunakan mistar dan cutter sebagai pemotong. Sampul kulit yang saya punya juga unik. Ada juga sampul tenun bagi yang suka motif tenun. 

Kualitas Handmade

Meski saat ini banyak buku catatan di pasaran, kualitas handmade tetap menjadi incaran. Mungkin banyak yang merasa lebih menarik jika buku catatannya lebih spesial dibuat dnegan tangan namun tetap astetik.  Meski beberapa potongan kertas menggunakan mesin, tetap saja kualitas per buku secara keseliruhan dikurasi satu-persatu. Mulai dari model, hingga sampul yang digunakan. 

buku catatan aesthetic

Sudah Banyak Dikenal

Puluhan ribu unit telah tersebar di seluruh penjuru negara. Meski pernah mengalami pasang surut, mereka tetap bertahan hingga kini. Bakan pelanggan mereka tidak hanya dari perseorangan, tapi juga pemerintahan, industri, hingga perusahaan raksasa seperti Facebook & Instagram. Makin penasaran enggak tuh kenapa bisa produk Hibrkraft dipercaya sejauh itu?

Ke Bangka Belitung Bawa Hibrkraft

Kemarin saya berkesempatan sharing ke teman-teman pelaku UMKM di Kota Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung. Salah satu pengalaman luar biasa bisa sharing dan memberikan pelatihan tentang blog. 

Selama di sana, saya membawa buku catatan saya dari Hibrkraft ini. Karena kulit asli, bisa dibilang tahan banting banget deh. Dibawa ke pantai, ke tempat pelatihan, diselipin dalam tas, tetap awet dan kuat. Senang kalau misalnya dengan memiliki jurnal seperti ini, bisa menjadi lebih mudah mencatat hal-hal penting di dalamnya. 

buku catatan kecil

Harga Buku Custom Hibrkraft

Unutk harga buku yang saya gunakan (Model Trevi), dipasarkan dengan harga 125 ribu rupiah. Untuk kualitas handmade dengan kulit asli dan kertas berkualitas, harga segini lumayan terjangkau menurut saya. Rasain sendiri deh, pengalaman memiliki jurnal keren yang jarang ada samanya, 

Beberapa jenis jurnal lain tersedia di website Hibrkraft, mulai dari model personal, business, atau custom sesuai permintaan juga bisa dikabulkan. Teman-teman bisa langsung kepo saja situsnya agar tidak pebertanya-tanya. 

buku catatan lucu

Kesimpulan

Menjadi seorang bloger atau profesi apapun, menuntut kita untuk bisa on time dan on track. Apalagi jika sudah membahas projek bersama klien, kegiatan untuk menunjang hal tersebut bisa dicatat di buku catatan pribadi kita. Selain sebagai pengingat, buku catatan juga bisa menjadi diary harian untuk semua kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Namun, kini kebutuhan mencatat bukan lagi sekadar ada tempat, namun juga mulai beranjak pada keindahan dan kenyamanan buku biar enggak penat. Hibrakrft menjawab kebutuhan tersebut. Mereka menyediakan buku-buku jurnal berkualitas dengan kualitas handmade yang unik dan estetik. Di mana lagi menemukan buku seunik ini? 

Desain buku catatan unik bisa membantu kita agar semakin mencintai dunia tulis-menulis. Pengen punya buku cacatan unik juga? Kunjungi saja Hibrkraft.

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Tika
    Tika 2 Agu 2021 18.45.00

    Wah bagus nih jurnalnya, sebagai orang suka banget nulis-nulis di buku pasti selalu ada buku catatan yang dibawa. Kayaknya kalo dilihat-lihat tipe kertasnya juga agak beda ya, apakah kertasnya tebal dan engga tembus ketika ditulis? Biasanya aku suka kertas yang enggak tembus sih biar engga ganggu gitu

  • Ainun
    Ainun 7 Agu 2021 06.48.00

    suka liat handmade jurnal yang unik kayak gini, ngejurnalnya jadi semangat
    pengen bisa rajin ngejurnal, padahal jurnal udah punya, tapi kadang suka kelupaan nggak pernah ditulis

Add Comment
comment url