Tren Terbaru Lagu Anak Indonesia, Yuk Kenalan dengan Hoala & Koala

Sebagai anak generasi tahun 90-an, pasti familiar banget dong dengan penyanyi-penyanyi cilik yang ada. Dulu inget banget banyak sekali penyanyi cilik yang terkenal dengan lagu-lagu anaknya yang juga familiar. Lagu-lagu mereka biasanya tersebar melalui penjualan kaset, CD atau DVD. Sesekali ada di TV, tapi lebih sering menikmati semua via pemutar kaset atau radio hehe. 

Selain lagu, ada juga film-film musikal yang cukup viral di zamannya. Zaman dulu itu saya beli atau sewa CD-nya agar bisa nonton di rumah. Zaman belum ada Youtube dan kawan-kawan. 

Sekarang, para penyanyi cilik sudah beranjak dewasa bahkan sudah memiliki anak. Enggak kerasa ya sudah selama itu. Lagu anak-anak seperti hilang dan tidak sebanyak dulu. 

Sayangnya memang sekarang susah sekali mencari lagu anak-anak yang oke. Belum lagi akan tenggelam dengan lagu-lagu tren lainnya. Menariknya, kemarin baru tahu kalau ada yang namanya Channel Hoala & Koala di Youtube. Ternyata di Youtube, Channel Hoala & Koala khusus semuanya lagu anak-anak lho. Bukan video animasi tontonan saja. 

Sempat berpikir kok bisa hebat banget ciptain lagu rutin sebanyak ini ya? Paket komplit karena ada animasi sekaligus lagu. Agar bisa tahu lebih jauh, yuk kita kenalan dengan asal-muasal Channel ini. 

Awal Mula Pembentukan

hoala & koala

Dari informasi yang saya dapatkan, ternyata Hoala & Koala ini mulai diciptakan sejak tahun 2020 karena foundernya merasa perkembangan dunia musik anak di Indonesia terlihat lesu.

Alasan mengapa dibuat karakter 3D saja karena mengikuti perkembangan digital. Selain itu agar sampai beberapa puluh tahun ke depan karakternya masih tetap anak-anak dan tidak mengalami perubahan suara. 

Uniknya Karakter

Karakter Hoala & Koala sendiri adalah menceritakan sepasang sahabat anak perempuan bernama Hoala dan seekor hewan bernama Koala. Selain itu ada juga karakter lain seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk dan masih banyak lagi. 

Seriusnya Penggarapan

Youtube lagu dan animasi anak

Saat ini katanya sudah ada 5 album lho yang dikeluarkan. Dari tahun 2020 produksi sebanyak itu merupakan hal yang luar biasa. Dalam 5 album tersebut, terdapat 45 lagu anak-anak yang bisa dilihat di Youtube, Spotify, hingga iTunes. 

Hal yang paling mencengangkan lagi adalah ternyata musiknya tidak asal buat. Dalam penggarapannya, mereka ada juga menggandeng musisi internasional. Selain itu alat musik yang digunakan sebagai instrumen dalam lagu juga sangat beragam. 

Ada saxophone, terompet, double bass, clarinet, cello, harpa, bahkan ada juga alat musik tradisional yaitu gamelan dan angklung. 

Tentu dengan keseriusan penggarapan, kualitas vokal juga diperhatikan. Karena Hoala & Koala ingin membuktikan bahwa kualitas musik anak-anak tidak selamanya hanya menggunakan alat musik sederhana dan suara asal-asalan. 

Adapun genre yang ditawarkan juga beragam. Jadi anak-anak tidak akan cepet bosan. Genre yang ada diantaranya jazz, swing, pop, hingga etnik. 

Rekomendasi Lagu di Hoala & Koala

Aurora nonton Hoala & Koala 

Setelah kepo dengan beberapa lagu di Channel Hoala & Koala, nih ada beberapa rekomendasi yang disuka Aurora anak saya hehe. 

  • Hoala & Koala - Jari Tanganku Hoala & Koala 

Di sini lagunya bercerita tentang jari. Untuk anak-anak yang baru belajar berbicara, cocok nih buat pembelajaran.

  • Semuanya Selamanya Duet with Lale Ilman Nino (Video Lirik) | Lagu Anak Indonesia

Di sini bercerita tentang kemerdekaan, tentang apa yang dilakukan saat peringatan kemerdekaan

  • Hoala & Koala - Warna Warni Dunia (Video Lirik) | Lagu Anak Indonesia 

Lagu ini bercerita tentang warna sekitar, seperti pohon langit dll. Temponya sedang, mudah diikuti anak-anak.  

  • Hoala & Koala - Kata Ibu (Video Lirik) | Lagu Anak Indonesia

Lagu ini bercerita tentang Hoala yang lupa membereskan mainannya. Nadanya mudah dan pengucapannya juga gampang diingat. 

  • Hoala & Koala - Terus Belajar (Video Lirik) | Lagu Anak-anak

Lagu ini sedikit ngebeat sih bagian awal tapi masih asyik. Cocok untuk motivasi anak-anak belajar. 

Kesimpulan

Seneng banget nemu Channel di Youtube yang bisa didengarkan anak-anak. Soalnya kan sekarang yang tren lebih sering lagu orang dewasa. Akhirnya anak-anak malah hafalnya lagu orang dewasa. 

Dengan kehadiran Hoala & Koala, Youtube lagu dan animasi anak ini, sangat bermanfaat untuk perkembangan anak-anak. Selain isinya sarat dengan makna yang baik, juga bisa menjadi metode belajar baru buat anak-anak.  

Semoga Hoala & Koala ini selalu sukses dan semakin banyak yang kenal. Effort banget bikin video animasi 3D Hoala & Koala yang disertai aransemen lagu. Pasti hal tersebut butuh waktu yang tidak singkat. 

Bagi yang mau dengar di hp, bisa diakses lewat Itunes dan Spotify, atau media sosial Hoala & Koala. Semoga informasi ini bermanfaat, dan harapannya semoga lagu anak Indonesia terus maju!


Next Post Previous Post
10 Comments
  • Jurnal Bunda Imut
    Jurnal Bunda Imut 6 Sep 2021 08.18.00

    Waah akhirnya jadi tahu deh kalau ada Chanel ini.. terimakasih atas ulasannya mbak..

  • Han
    Han 7 Sep 2021 01.24.00

    Alu mau absen karena udah subscribe doong hihi. Topp dh hoala koala. Dukung terussss pokoknya

  • Okti Li
    Okti Li 7 Sep 2021 06.39.00

    Anak saya pun suka banget sekarang nonton Hoala Koala ini di yutub

  • Hamimeha
    Hamimeha 7 Sep 2021 07.03.00

    masya allah salut sekali dengan peran orang yang masih perhatian dengan belantara musik untuk anak2 skrg ini memang tak mudah mendapat lagu anak2 yg sesuai usianya kadang anak2 menyanyikan lagu dewasa miris

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 7 Sep 2021 17.04.00

    Ponakanku harus buka ini nih daripada buka chanel yang lain. Ini malah banyak memberikan pelajaran ya Kak

  • Kyndaerim
    Kyndaerim 7 Sep 2021 19.18.00

    Yahooi.. senengnya sekarang ada Hoala Koala kumoulan lagu anak Indonesia terbaru. Liriknya mudah diikuti, musiknya juga modern.

  • Pida Alandrian
    Pida Alandrian 8 Sep 2021 07.17.00

    Hoala & Koala rasanya hadir diwaktu yang tepat yaa..
    Di saat anak2 mulai mengenal gadget , yang kadang membuat mereka susah sekali buat dipisahkan dengan gadgetnya muncul Hoala & Koala.
    Jadi anak2 bisa bermain sambil belajar dan bernyanyi jugaa..

  • Mei Daema
    Mei Daema 11 Sep 2021 06.54.00

    wah bagus niy Hoala dan Koala ini untuk anak-anak, dimana lagu-lagu anak sekarang sudah mulai menghilang dan adanya youtube animasi ini jadi mengenang lagi masa lalu. Bisa saya rekomendasikan ke saudara yang punya anak kecil niy kak

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 11 Sep 2021 22.45.00

    anakku juga suka banget dengerin lagu hoala & koala ini. Bersyukur banget akhirnya ada lagu anak-anak berkualitas yang bisa jadi rekomendasi

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 17 Sep 2021 06.22.00

    Suka miris kalau lihat anak2 dengarnya lagu dewasa bahkan sering juga dengar mereka menyanyikan lagu yang liriknya tidak pantas. Nah, untuk sekarang sudah ada Channel Youtube seperti Hoala dan Koala ya yang bisa dikenalkan ke anak2 supaya mereka tidak lagi terpapar dengan lagu2 orang dewasa

Add Comment
comment url