5 Alasan Fundamental Anda Harus Memasang CCTV untuk Rumah Nyaman Anda

Kehadiran CCTV sudah lama disambut hangat oleh pelaku-pelaku bisnis dalam mengawasi keadaan wilayah bisnisnya. Penggunaan CCTV sendiri bukanlah hanya untuk bangunan bertingkat seperti kantoran, pusat perbelanjaan, sekolah, ataupun tempat umum lainnya, namun, bisa dipasang untuk mengawasi kediaman pribadi Anda. 

Di zaman yang semakin berbahaya, ditambah pada maraknya angka pengangguran, tentunya menjadikan kemungkinan orang-orang semakin liar dalam melakukan kejahatan. Faktor inilah yang menjadikan kamera CCTV perlu Anda pergunakan di kediaman Anda. 

Anda tidak perlu khawatir dalam mencari CCTV untuk keperluan rumah. Sekarang, ada berbagai kamera CCTV untuk memfasilitasi keamanan rumah yang terjangkau dan tersedia di pasaran. Biaya kamera CCTV juga akan bervariasi berdasarkan fungsinya baik CCTV outdoor atau indoor, resolusi gambar, penyimpanan data, dan lain-lain. 

Ada beberapa alasan yang membuat Anda harus memanfaatkan dalam berinvestasi dengan menggunakan kamera CCTV. Berikut alasan penting memasang CCTV untuk mengawasi kediaman Anda.

1. Mencegah Pencuri dan Perampok

Kemungkinan besar Anda perlu meninggalkan kediaman dalam jangka waktu tertentu. Ini tentu akan menjadi peluang bagi penjahat untuk mencoba mencuri barang-barang Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memanfaatkan perangkat CCTV di lingkungan rumah Anda.

Kamera CCTV akan bertugas memantau dan mengawasi bila ada kegiatan atau seseorang yang mencurigakan. Kemudian dengan kemudahan dari teknologi, sistem video manajemen akan mengirimkan peringatan berupa pesan otomatis sebagai laporan akan kegiatan tersebut ke gawai pribadi Anda.

Kamera CCTV dapat mencegah terjadinya tindakan kejahatan yang merugikan dan membahayakan Anda sebagai pemilik rumah. 

2. Barang Bukti Tindakan Kriminal

Bila ternyata yang terekam oleh Kamera CCTV adalah benar tindakan kriminal, Anda bisa menggunakan hasil rekaman videonya sebagai barang bukti.

Penggunaan CCTV juga tentunya membutuhkan barang bukti tersebut dalam membantu pihak berwenang dalam melakukan identifikasi pelaku tindakan kejahatan. Sistem akses kontrol yang baik akan membantu memperkirakan informasi penting dalam sebuah kejadian, misalnya polisi dapat memprediksi kapan, siapa, berapa jumlah orang, dan bagaimana mereka melakukan tindakan kriminal. 

3. Membantu Mencari Barang yang Hilang

Adakalanya Anda bisa lupa dengan barang-barang di rumah Anda sendiri. Misalnya saja, Anda lupa meletakkan perkakas rumah atau remote TV atau bahkan perhiasan serta dokumen berharga lainnya. Penggunaan CCTV dapat dimanfaatkan dalam membantu Anda melacak barang yang hilang atau terlupa di lingkungan rumah Anda.

Anda juga dapat meletakkan kamera CCTV outdoor untuk mengawasi kegiatan diluar rumah Anda. Bila memungkinkan CCTV outdoor juga akan memudahkan Anda melacak atau mencari barang yang tertinggal di luar ruangan sekitar rumah Anda. 

4. Memantau Aktivitas Anak dan Pekerja di Rumah

Bagi Anda yang mempekerjakan satpam, asisten rumah tangga ataupun baby sitter, bisa jadi akan ada rasa was-was saat meninggalkan rumah begitu saja. Apalagi bila Anda meninggalkan si buah hati kepada baby sitter atau jasa asuh anak karena sebuah keharusan kerjaan. Di sisi lain Anda perlu fokus pada pekerjaan dan tidak bisa. Anda mungkin bisa mempercayakan pekerjaan rumah pada para pekerja Anda, namun sayangnya, tidak ada yang bisa menjamin pekerjaan mereka bila Anda tidak melihatnya secara langsung.

Alasan seperti itu terlihat remeh, namun perlu Anda waspadai. Kamera CCTV bisa Anda jadikan alat untuk mengawasi segala aktivitas di rumah Anda termasuk memantau pekerjaan para pegawai Anda di rumah. Setidaknya, Anda masih bisa memantau mereka kapan saja dan dimana saja dengan mudah berkat sistem video manajemen yang mudah pula.

5. Mengurangi Biaya Tambahan Untuk Asuransi Rumah

Dengan biaya rumah yang kian hari kian meroket harganya justru akan membuat Anda semakin ketar-ketir dalam mengurus rumah. Beberapa orang mempertimbangkan asuransi sebagai salah satu bentuk penyelamatan bila terjadi sesuatu pada kediaman Anda. Berapa biaya yang harus Anda keluaran setiap bulannya untuk membayar asuransi rumah Anda? Itulah salah satu alasan banyak pemilik rumah mulai menyadari bahwa CCTV adalah alat yang mampu mengurangi pengeluaran Anda. 

Dengan pemasangan CCTV di rumah Anda, justru secara otomatis akan membuat kadar keamanan dan kenyamanan meningkat. Banyak kasus bila rumah Anda sudah dilengkapi dengan sistem video manajemen terhadap CCTV, pihak asuransi akan memberikan harga asuransi yang lebih ringan pula. 

Tentunya masih banyak lagi manfaat dari bila Anda memasang CCTV untuk kediaman pribadi Anda. Bila Anda merasa bingung dengan rekomendasi perangkat keamanan atau CCTV yang cocok dengan kebutuhan Anda, produk-produk dari Hikvision bisa dijadikan pilihan yang tepat. Hikvision menyediakan banyak sekali varian CCTV dan perangkat keamanan lain yang mampu memenuhi kebutuhan Anda.

Anda bisa pula memanfaatkannya dalam skala besar, pemasangan dan sistem kontrol akses juga bisa Anda dapatkan dengan mudah. Informasi lebih lanjut mengenai produk-produk Hikvision bisa Anda lihat langsung di websitenya https://www.hikvision.com/id/products/software/HikCentral-Enterprise-Series/. 

Ilustrasi: 
https://media.istockphoto.com
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Nurrahmah Widyawati
    Nurrahmah Widyawati 2 Nov 2021 06.19.00

    Pingin pasang cctv pas di rumah lama karena tetangga ada yg kehilangan jemuran sama kasur di luar rumah wkwk. Skg dah pindah pingin pasang juga buat di luar. Tp bingung pilih yg mana. Mau coba kepoin Hikvision ;)

  • Arai Amelya
    Arai Amelya 2 Nov 2021 13.02.00

    Aku juga beberapa waktu ini sedang mempertimbangkan CCTV sih kak. Pengen pasang di garasi buat mantau orang-orang yang jahat sama kucingku hahahaha. Penasaran nih sama produknya Hikvision

Add Comment
comment url