MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Mengikuti Jejak IndiHome, Semakin Bermanfaat di Era Serba Cepat

 Mengikuti Jejak IndiHome, Semakin Bermanfaat di Era Serba Cepat
Add Comments
12/10/2021
Daftar Isi [Tampil]

"Rumah untuk Gala, sebuah gerakan untuk membelikan sebuah rumah untuk seorang anak selebriti Tanah Air yang kini telah jadi yatim piatu di usianya yang belum genap 2 tahun. Ajakan itu bergema, dan mengumpulkan bantuan dari banyak masyarakat, dengan nominal yang cukup fantastis"

Kita tidak akan membahas siapa dan mengapa. Tapi di sini saya tertarik dengan kekuatan media sosial yang bisa menyatukan banyak orang dari segala penjuru Indonesia. Mungkin ada juga yang dari luar Indonesia?

Banyaknya Pengguna Internet Masa Kini

Ini memang bukan kali pertama ada hal yang seperti ini. Gerakan-gerakan seperti ini sering muncul ketika adanya indikasi seseorang atau sekelompok membutuhkan bantuan. Kegiatan ini tentu hal yang baik, mengingat asas gotong royong bangsa Indonesia terejawantahkan di sini.

Keinginan saling membantu didukung oleh semakin banyaknya pengguna media sosial masa kini. Karena melalui media sosial lah, berita menjadi lebih cepat viral dan menyebar.

Dalam data Menurut infografis dari Hootsuit, pada Januari 2021, Indonesia memiliki kurang lebih 274,9 juta penduduk atau populasi. Adapun sambungan handphone, terdapat 345,3 juta unit dimana hal tersebut sekitar 125,6% jika dibandingkan dengan populasi.

Pengguna internet sendiri terdapat 202,6 juta atau 73,7% dari populasi. Lalu bagaimana dengan pengguna aktif sosial media? Ternyata luar biasa untuk pengguna aktif sosial media sendiri terdapat 170 juta atau kurang lebih sekitar 61,8% dari total populasi Indonesia.

Manfaatkan untuk Saling Membantu

Ibarat pisau, media sosial tentu memiliki tujuan yang baik dalam penciptaannya. Namun dalam penerapannya, ada saja yang memanfaatkan media sosial untuk hal yang tidak baik dan merugikan orang lain, seperti menipu, menyebarkan berita bohong, dan masih banyak lagi.

Namun, tidak dimungkiri, manfaat media sosial juga sangat banyak. Sebagai ladang berbagi informasi, ladang jualan, ladang mengembangkan networking dll. Agar bisa semakin bermanfaat, ada baiknya kita menggunakan media sosial sebagai sarana:

  • Menyebarkan informasi yang butuh bantuan, seperti donasi bencana alam, kebutuhan akan donor darah, dll.
  • Tidak menghakimi berita yang belum jelas, dan tidak menyebarkan berita yang sudah pasti bohong.
  • Berbagi informasi yang bermanfaat, seperti membuat konten tips dan trik, update potensi wisata daerah, dan sebagainya.

Dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa kita lakukan. Salah satu kegiatan bakti sosial yang bisa kita bantu sebarkan adalah aksi bakti sosial dari IndiHome. Siapa sih yang tidak mengenal layanan provider internet cepat, terbesar dan terluas di indonesia ini?

IndiHome ternyata tidak hanya berkutat dalam menyediakan layanan internet yang stabil dan lancar kepada para pelanggannya, mereka juga acap kali melakukan kegiatan aksi bakti sosial.

IndiHome dan Aksi Bakti Sosial

Dalam sebuah artikel, saat memasuki awal 2021, kita tahu bahwa penyebaran pandemi masih mengalami peningkatan yang semakin luas. Hal ini mendasari PT Telkom melalui kantor regional menggelar kegiatan sosial untuk mendukung penurunan jumlah penderita Covid-19.

Kegiatan sosial tersebut dilaksanakan dengan program edukasi dan pembagian bantuan kepada pondok pesantren (ponpes), panti asuhan, dan yayasan sosial lewat IndiHome Charity 2021.

IndiHome tentu ingin mengajak berbagai lini untuk ikut turut serta mendukung para pejuang Pendidikan dengan bantuan donasi berupa uang tunai.

Ada lagi pada bulan Juni 2021, IndiHome menyerahkan donasi pelanggan untuk Masyarakat NTT melalui Kementerian Sosial RI senilai 550 juta. Social movement PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui program IndiHome untuk NTT ini telah selesai dilaksanakan pada 29 Mei 2021 dengan total donasi yang terkumpul sebesar Rp550 juta.

Tujuan charity ini adalah guna membantu masyarakat yang terdampak bencana alam di provinsi Nusa Tenggara Timur. Donasi tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Consumer Service Telkom, Venusiana melalui Kementerian Sosial RI dan diterima langsung oleh Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini.

“Terima kasih kepada IndiHome dan pelanggan yang telah menginisiasi program untuk membantu saudara kita di NTT. Kalau melihat di lapangan masih banyak yang dibutuhkan, karena kerusakannya bukan hanya rumah tapi juga infrastruktur termasuk ada jalan, jembatan, air bersih yang mereka butuhkan itu,” jelas Tri Rismaharini, Menteri Sosial Republik Indonesia 31 Mei 2021.

Pada Juli 2021, IndiHome juga pernah melakukan IndiHome charity senilai 420 juta bagi masyarakat terdampak pandemi di sekitar wilayah kerja Telkom di seluruh Indonesia. Masya Allah, semakin banyak perusahan-perusahan yang mau melaksanakan aksi bakti sosial.

Sekadar informasi, masih banyak lagi kegiatan-kegiatan charity yang telah dilakukan IndiHome. Sebagai internetnya Indonesia, IndiHome semakin melekat di hati masyarakat. Apalagi dengan menggunakan IndiHome, kita kini bisa melakukan Aktivitas Tanpa Batas.

Penutup

Bermain media sosial, memiliki banyak manfaat tersendiri. Bukan hanya sebagai sumber hiburan, informasi, dan relasi, media sosial bisa menjadi ladang kita untuk menyebarkan kebaikan. Apalagi di era serba cepat ini, informasi begitu mudah viral hingga ke pelosok Indonesia.

IndiHome membuktikan bahwa di era digital saat ini, mereka maksimal dalam melaksanakan program-program yang bermanfaat. Mulai dari program-program untuk pelanggan IndiHome, giveaway di media sosial yang rutin dilakukan, program Sobat IndiHome untuk mendukung orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, program  charity dengan bantuan langsung, program akhir tahun untuk pelanggan baru, dan masih banyak program-program lainnya. Dari IndiHome kita belajar, semakin tinggi sesuatu, maka semakin membumilah kita.

“Jika hati senantiasa berniat baik, Allah akan pertemukan dengan hal yang baik, orang-orang yang baik, tempat yang baik, dan kesempatan berbuat baik” Salim A Fillah

Sumber:
https://www.telkom.co.id/
https://indihome.co.id/
https://jatim.tribunnews.com/2021/01/25/IndiHome-charity-2021-kegiatan-sosial-telkom-beri-bantuan-ponpes-panti-asuhan-dan-yayasan-sosial.
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210728095700-97-673155/IndiHome-beri-bantuan-rp420-juta-lewat-program-charity-2021.
https://www.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-011991515/IndiHome-serahkan-donasi-pelanggan-untuk-masyarakat-ntt-melalui-kementerian-sosial-ri
Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. IndiHome memang selalu tahu kebutuhan kita, menghadirkan akses internet yang cepat dan lancar.

    BalasHapus
  2. Kekuatan media sosial benar-benar luar biasa ya Mbak. Bisa menggerakkan orang untuk berbuat kebaikan.

    Meski ada juga yang menyalahgunakannya. Jadi tergantung bagaimana kita memanfaatkan media sosial.

    Btw salut juga nih dengan program Charity IndiHome yang turut memberi sumbangsing pada masyarakat Indonesia.

    BalasHapus