MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Tips Memilih Sekolah Terbaik Buat Anak

Tips Memilih Sekolah Terbaik Buat Anak
Add Comments
12/06/2021
Daftar Isi [Tampil]

Sekolah merupakan pendidikan formal yang wajib ditempuh oleh setiap anak sebagai salah satu pembekalan mereka di masa yang akan datang. Terlebih untuk di Indonesia sendiri, program wajib belajar 9 tahun terus digalakan dan disuarakan, hal ini agar pendidikan anak-anak bangsa tidak lagi tertinggal.

Pentingnya Peran Sekolah Baik Untuk Anak

Para orang tua pasti selalu ingin yang terbaik untuk anak mereka, salah satunya adalah orang tua pasti memiliki sebuah keinginan untuk menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah yang terbaik.  Tentu, memilihkan sekolah yang terbaik untuk anak-anak Anda adalah hal yang tidak boleh dikesampingkan, karena bagaimanapun juga sekolah merupakan rumah kedua di mana anak-anak Anda dalam menuntut ilmu.

Selain menuntut ilmu, anak-anak Anda juga akan diberi didikan, arahan, serta dididik untuk menjadi pribadi yang lebih baik untuk pembekalan mereka di masa yang akan datang. 

Tetapi, kadang kala orang tua bingung untuk memilih di mana dan seperti apa sekolah yang baik untuk anak-anak mereka. Berikut adalah beberapa tips cara dari BetterParent untuk Anda sebagai orang tua untuk memilih sekolah terbaik untuk anak-anak Anda:

Melibatkan Anak dalam Memilih Sekolah

Melibatkan pendapat anak dalam memilih sekolah sebenarnya adalah langkah yang penting. Namun, kadang kala para orang tua melupakan point penting satu ini. Anda perlu memahami jika anaklah yang nantinya akan menempuh pendidikan jangan sampai anak Anda nantinya akan merasa terbebani dan tidak nyaman dengan sekolah yang Anda pilih.

Libatkan anak Anda ketika berdiskusi memilih sekolah mana yang terbaik, tanyakan dan dengarkan pendapat mereka. Anak pasti akan sangat merasa senang ketika Anda memberi mereka kesempatan untuk berpendapat dan mendengarkan mereka.

Dengan melakukan diskusi, pasti akan menemukan pilihan terbaik dan tentu pilihan itu juga membuat anak Anda nantinya bisa merasa enjoy ketika bersekolah.

Tidak Hanya Melihat Berdasarkan Prestasi Akademis Saja

Hingga saat ini, bukan rahasia umum lagi jika kebanyakan para orang tua masih lebih mementingkan prestasi akademis sebagai pertimbangan dalam memilih sekolah untuk anak-anak mereka. Bahkan, ada banyak sekali orang tua yang sampai rela melakukan apapun agar sang anak bisa bersekolah di sekolah yang memiliki prestasi akademik yang tinggi.

Tentu, aspek dari prestasi akademis yang tinggi adalah hal yang bagus, tetapi yang perlu Anda ingat adalah sekolah yang memiliki label seperti sekolah favorit, sekolah plus, sekolah unggulan belum tentu bisa menjadi sekolah terbaik dan ideal untuk anak-anak Anda. 

Karena sekolah yang baik adalah sekolah yang mampu membantu anak Anda dalam mengembangkan, menggali, dan menemukan potensi serta kecerdasan majemuk mereka. Kecerdasan majemuk tidak hanya berfokus pada aspek kognitif atau pemikiran akademis saja, tetapi secara menyeluruh.

Peran Guru

Salah satu tips selanjutnya dalam memilih sekolah terbaik adalah melihat bagaimana peran guru di sekolah. Maksud dari peran guru disini adalah bagaimana para guru nanti akan mengajar anak-anak Anda. Karena peran guru sangat penting dalam mengembangkan potensi, membimbing, dan memberi arahan kepada anak didiknya.

Rasanya akan sangat disayangkan jika Anda memilih sekolah hanya berfokus pada kurikulum yang baik, tetapi peran dari guru kepada anak didiknya tidak maksimal. Oleh karena itu, perhatikan juga lah bagaimana peran guru di sekolah tersebut agar pembelajaran dapat berjalan dengan menyenangkan dan efektif.

Lokasi Sekolah

Pemilihan dari jarak lokasi sekolah ke rumah atau rumah ke sekolah juga menjadi salah satu tolak ukur penting yang harus diperhatikan. Hal ini karena untuk mengantisipasi energi anak yang bisa terbuang sia sia di jalan. Bayangkan saja jika anak Anda harus bangun pagi pagi buta karena lokasi sekolahnya yang cukup jauh dari rumah, belum lagi jika harus menghadapi kemacetan lalu lintas.

Selain hal ini bisa menguras energi sang anak ketika akan pergi ke sekolah, hal ini juga bisa mengakibatkan anak akan merasa lebih lelah lagi ketika pulang ke rumah. 

Pertimbangkan Pendidikan Agama

Pendidikan agama juga merupakan aspek yang penting dalam pemilihan sekolah yang baik untuk anak. Bagaimanapun peran agama begitu penting karena dari pendidikan agama yang cukup, anak Anda bisa memiliki sebuah pemahaman dan kesadaran mengenai tugas dan tanggung jawabnya kepada Tuhan, sebagai seorang anak, dan sebagai bagian di dalam masyarakat.

Dari pengajaran pendidikan agama, anak Anda bisa mengerti bagaimana cara menghargai orang lain, perbedaan yang ada, dan memilah baik buruknya suatu hal. Oleh karena itu, aspek dari pendidikan agama ini harus menjadi pertimbangan penting ketika Anda hendak memilih sekolah terbaik untuk anak Anda nantinya, jangan hanya berfokus pada kurikulum sekolah yang baik tetapi tidak memiliki aspek pendidikan agama.

Karena anak anak yang pintar belum tentu akan berbudi luhur yang baik.

Sarana dan Prasarana yang Baik

Seperti yang Anda tahu bahwa sekolah merupakan rumah kedua untuk anak Anda, sehingga sekolah yang baik pasti mampu memberikan sarana dan pra sarana kebutuhan yang baik untuk para anak didiknya.

Maka dari itu, aspek dari sarana dan pra sarana juga menjadi komponen yang penting dalam menjadi penentuan sekolah yang baik untuk anak. Sarana dan prasarana disini adalah mulai dari tersedianya ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, aula, dan sarana penunjang lain yang dapat menunjang kegiatan anak Anda dalam kegiatan belajar mereka.

Kesimpulan

Sekolah yang baik adalah sekolah yang ideal untuk anak. Setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda antara satu dan yang lain, sehingga ketika sedang memilih dan menimbang segala aspek dari sekolah juga harus melibatkan pendapat dari anak Anda.


Ilustrasi: unsplash.com

Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Aku juga mempertimbangkan aspek agama sih. Tapi untuk yang TK sekarang masih memilih TK Nasional aja biar tahu kalau ada keanekaragaman agama di Indonesia. kebetulan temennya ada yang nonmus.

    BalasHapus