MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Web Hosting : Jenis-jenis dan Manfaatnya

 Web Hosting  :   Jenis-jenis dan Manfaatnya
Add Comments
1/07/2022
Daftar Isi [Tampil]

Kemajuan teknologi sudah menjadi kebutuhan mutlak dalam melakukan pemasaran sebuah produk. Sekalipun anda gaptek alias gagap teknologi, namun anda akan tetap dituntut menggunakannya. Sekarang ini sangat banyak sekali produk yang dipresentasikan virtual secara menarik, tidak heran persaingan akan semakin sengit. 

Sebenarnya apa itu web hosting? Yaitu sebuah teknologi yang dimanfaatkan untuk penyimpanan sebagian besar data dengan performa tinggi. Web hosting ini lebih populer dengan sebutan server. Jadi nantinya semua file yang anda butuhkan dapat langsung didownload dan tersimpan pada browser web. 

Fungsi utamanya agar dapat memaksimalkan kemajuan website, email profesional dan situs SSL.  Lalu apakah web hosting hanya tersedia satu jenis saja? Tentu saja tidak. Ada beberapa jenis web hosting yang dapat anda akses seperti Hostinger, Zyro, 000WebHost.com. Namun pertanyaannya, manakah yang paling menonjol dan banyak digunakan diantara semuanya? simak artikel berikut ini.

Jenis-Jenis Web Hosting

1. Hostinger

Salah satu layanan yang menawarkan harga terjangkau dan ada yang dapat digunakan secara gratis. Server ini dilengkapi 1000MB disk space, serta unlimited bandwidth. Untuk memudahkan penggunaan dan pengelolaan web dapat memanfaatkan teknologi cloud. 

Anda dapat mengupgrade ke paket hosting premium jika sudah memiliki banyak pengunjung. Selain itu, hostinger sudah teroptimasi dengan wordpress uptime 99.99%. Sistemnya stabil juga aman digunakan.

2. Zyro

Fitur yang tersedia dalam Zyro menarik. Spek penyimpanan dan bandwithnya 500MB. Terdapat SSL gratis, alat SEO dan memiliki kecepatan loading yang cepat. Proses pembuatan web hosting gratis ini sangat mudah hanya butuh beberapa menit saja. 

Jika anda tidak mahir dalam menjalankannya, server ini sangat tepat menjadi pilihan anda. Semua proses layout hingga desain akan ditangani langsung oleh web builder . Anda hanya tinggal memikirkan isi konten yang akan dibuat untuk presentasi.  

Tidak hanya itu loh, Zyro hosting sudah dilengkapi dengan SEO yang friendly. Hal ini juga penting karena dapat menentukan nantinya postingan anda akan berada pada timeline urutan teratas atau tidak. Saat di online kan, Web akan langsung mengaktifkan fitur SEO. Aturlah juga meta title dan description secara singkat namun berkualitas agar lebih banyak peminat yang akan mengunjungi web. 

Yang paling menarik dari Zyro ini memiliki alat yang membuat tampilan website sempurna dimata manusia seperti fitur Galeri, Al Writer, dan logo atau slogan. Templatenya telah didesain oleh desainer handal agar tampak beda dengan lainnya. 

3. 000Webhost.com

Direkomendasikan untuk pengguna yang ingin membuat webnya sendiri. Sudah ada hampir satu dekade lamanya.  Servernya menggunakan firewall tingkat lanjut dan terdapat DdoS protection. Pengguna awam ataupun pengguna yang sudah handal dapat mendaftar secara gratis. 

Kemudian team server akan memantau secara seksama sehingga web mudah dijalankan.Untuk keamanan sebaiknya sesering mungkin untuk mengupgrade pembaruan dan hanya gunakan tools dari provider. Jika anda membutuhkan resource lebih, segera upgrade ke versi premium. Web yang dapat dibuat menggunakan server ini lebih dari satu web secara bersamaan.

Manfaat Web Hosting

1. Kostumisasi mudah

Menggunakan web hosting gratis dapat melakukan kostumisasi yang mudah. Terlebih jika anda memilih web hosting yang paling tepat, maka bukan tidak mungkin untuk memiliki web keren dan canggih. Pelajarilah dahulu web diatas dengan baik agar dapat menentukan web hosting terbaik.

2. Penyimpanan yang Efektif

 Penyimpanan pada web hosting gratis lebih praktis dan tidak memakan banyak ruang. Karena disimpan dari sebuah web yang dapat diakses secara online. Sehingga anda tidak perlu bingung jika sudah menggunakannya.  

3. Hemat Waktu

Biasanya jika anda memiliki web akan menghabiskan waktu untuk memikirkan banyak hal seperti memikirkan bagaimana agar konten yang dibuat mendapatkan hati bagi pengguna. Selain itu juga dapat digunakan untuk promosi secara online dengan menghemat waktu dan tenaga.

4. Ramah Terhadap Lingkungan

Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi melalui web hosting gratis, anda dapat sekaligus berpartisipasi dalam penggunaan kertas. Karena seperti yang kita ketahui bahwa hutan kita sedang dalam keadaan yang tidak baik.  Saat menggunakan web ini, anda akan menghemat kertas sehingga pelestarian alam akan lebih mudah untuk dilakukan. Lagipula server ini lebih canggih dan menjanjikan untuk jangka panjang. 

5. Sebagai Link Website

Saat web sudah terdaftar pada DNS, misalnya situs 101.com, ketika pengguna ingin mengakses maka server harus mengakses link hosting yang digunakan. Tanpa dimasukkan dalam web hosting, situs tidak akan dapat diakses oleh siapapun. Tampilan yang muncul juga berpotensi eror.

6. Menjaga Web Agar Selalu Online

Fungsi yang terakhir dari web hosting gratis adalah agar web dalam keadaan online sehingga dapat anda akses kapan saja dan dimana saja. Anda tidak perlu cemas akan kehilangan data penting jika perangkat anda rusak atau hilang, karena web hosting gratis ini tetap dapat diakses seumur hidup.

Nah, itulah tadi jenis-jenis Web Hosting Gratis dan manfaatnya. Kami rekomendasikan untuk anda agar menggunakan web Zyro. Web Hosting gratis ini terbukti unggul dan memiliki banyak pengguna. Coba hosting gratis ini ya agar pengusahan seperti anda dapat menaklukan pasar dari seluruh  penjuru indonesia bahkan mancanegara. 

Buat semenarik mungkin dengan menggunakan tampilan menarik dari Zyro hosting. Seluruh data pribadi anda dijamin terjaga kerahasiannya. Disini juga sudah berkerjasama dengan industry framework sehingga  preferensi anda dapat dengan mudah dibagikan kepada mereka. Selamat mencoba! Terima kasih.

Ilustrasi: unsplash.com
Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Web hosting banyak banget ya manfaatnya. Apalagi untuk blogger nih perlu banget. Biar data kita aman sejahtera hehehe

    BalasHapus
  2. Mba yang Zyro hosting kok unik banget ya, ada tools SEO Friendly nya, jadi pengen ngepoin lebih lanjut deh ke hostingnya

    BalasHapus
  3. Hosting khusus pengguna wp ya, rekemdasi hostingnya aku jadiin referensi nih kak kalau aku jadi migrasi

    BalasHapus