MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Doa Qunut Beserta Bacaan Latin dan Manfaatnya

Doa Qunut Beserta Bacaan Latin dan Manfaatnya
Add Comments
2/23/2022
Daftar Isi [Tampil]

Pada saat Rasulullah SAW masih hidup dimasanya, baginda senantiasa membaca doa Qunut. Doa Qunut biasa dipanjatkan pada saat shalat subuh dan salat malam (witir) di bulan Ramadhan. Kira-kira temen-temen udah tau belum ya doa qunut itu bunyinya seperti apa?, Yuk! kita simak ulasan berikut ini.

Doa Qunut Pada Subuh

Secara Harfiah, dalam bahasa Arab, qunut artinya berdiri lama, diam, selalu taat, tunduk, doa dan khusyuk. Hal ini memang sesuai dengan ketentuan doa Qunut yang dibaca dalam posisi berdiri agak lama dan bersungguh-sungguh.

Berikut adalah bacaan doa Qunut Subuh dalam latin beserta artinya:

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a'thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa 'alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya'izzu man 'aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta'aalait. Fa lakal-hamdu 'alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa 'alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Artinya: "Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Dan peliharalah aku seperti orang-orang yang telah Engkau pelihara.

Dan berilah keberkahan bagiku pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan selamatkan aku dari kejahatan yang Engkau tentukan. Karena sesungguhnya Engkaulah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau.

Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan. Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan sejahtera atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya."

Manfaat Doa Qunut

Membaca doa Qunut sholat Subuh memiliki keistimewaan yang bukan main salah satunya yaitu dapat menyempurnakan salat Subuh dan dapat mendatangkan kebaikan bagi mereka.

Berikut adalah beberapa manfaat dari doa qunut:

1. Membawa Berkah Keselamatan

Berdasarkan arti dan makna yang terkandung doa Qunut, kita telah meminta permohonan atas keselamatan kepada Allah SWT atas segala kejahatan yang membahayakan. Maka Allah SWT akan memberikan perlindungan di dunia maupun di akhirat.

2. Membawa Petunjuk Kebaikan

Ketika kita memanjatkan doa Qunut, sudah termasuk didalamnya terkandung permohonan kepada Allah SWT agar senantiasa diberikan petunjuk.

3. Menjauhkan dari Penyakit

Salah satu yang paling istimewa yakni kemampuannya dalam mencegah berbagai penyakit bagi umat Muslim yang membaca serta mengamalkannya.

4. Membukakan Pintu Rezeki

Doa Qunut memiliki kamampuan atas izin Allah untuk mendatangkan keberkahan atas segala rezeki yang telah Allah SWT karuniakan. Sehingga, umat Muslim sangat dianjurkan untuk senantiasa mengamalkan doa ini.

5. Dapat Menjaga Kesehatan 

Tidak jauh dari yang lainnya, khasiatnya yang satu ini pun tidak kalah luar biasa. Insya Allah bagi umat muslim yang senantiasa membacakan serta mengamalkan doa ini akan dijaga kesehatannya oleh Allah SWT.

Terimakasih Sudah Mampir. Semoga Bermanfaat, ya!

Mau tau sumber yang lebih lengkap dari penjelasan Doa Qunut diatas? Yuk langsung menuju sumber artikel. Dijamin lebih lengkap!.

Kunjungi juga Website INDOZONE untuk konten-konten tentang keislaman dan berita penting dan bermanfaat lainnya. Jangan sampai kelewatan!

Ilustrasi: Unsplash.com

Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...