MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah
Add Comments
2/15/2022
Daftar Isi [Tampil]

Membeli rumah pada dasarnya perlu mempertimbangkan banyak hal. Hal ini karena rumah akan menjadi aset masa depan yang bernilai tinggi. Nilai rumah tidak hanya diukur dari nominalnya saja, namun juga nilai guna dan juga fungsinya sebagai pelindung. 

Ketika kamu melihat iklan jual rumah di internet atau brosur, kamu tidak bisa langsung membeli hunian itu begitu saja. Membeli rumah tidak sama dengan ketika kamu membeli pakaian atau barang elektronik.

Ada banyak hal yang perlu kamu pikirkan matang-matang sebelum akhirnya membeli sebuah hunian. Hal ini akan berkaitan dengan kualitas bangunan, lingkungan sekitar dan juga budaya warga di area sekitar. Berikut ini sudah terlampir beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah. 

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah. Hal-hal ini bisa menjadi panduan bagi kamu agar lebih teliti dalam menentukan hunian idaman.

Cek Kualitas Bangunan Menjadi Poin Utama

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan pengecekan terhadap kualitas bangunan. Hal ini penting sekali mengingat hunian yang kokoh dan berbahan bangunan yang layak adalah kriteria utama sebuah rumah yang akan dibeli. Jadi datang langsung ke area perumahan dan mengecek unit tersebut bisa menjadi langkah cerdas kamu sebelum melakukan transaksi pembelian.

Pilih Area Strategis yang Menawarkan Investasi Masa Depan

Tak bisa dipungkiri bahwa kita semua menginginkan rumah yang menawarkan keuntungan. Keuntungan tersebut berupa nilai jual di masa depan sehingga ketika kamu ada niatan untuk pindah rumah, maka harga properti tersebut telah melambung naik. 

Umumnya sebuah properti bisa memiliki harga tinggi karena lingkungan yang berkembang dan munculnya fasilitas umum yang mendukung kehidupan masyarakat.

Harga Bersaing 

Selanjutnya adalah melakukan pengecekan dan perbandingan terhadap harga rumah tersebut. Kamu harus peka dan teliti dalam membandingkan harga rumah. Jangan sampai kamu mendapatkan harga yang tidak pantas dengan properti yang akan kamu beli. 

Artinya, cek juga harga properti di sekitar unit yang kamu pilih. Jika harga tersebut kurang sesuai, kamu bisa mencari tahu apa pembedanya. Apabila pembeda tersebut bisa kamu toleransi maka ambil saja unit tersebut, asalkan sesuai dengan budget ya. 

Lingkungan yang Damai dan Tidak Gaduh

Lingkungan sering kali menjadi salah satu hal yang sangat kita butuhkan. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan saat kita tinggal dan menetap di area tersebut. Misalnya, apabila rumah terlalu dekat dengan jalan raya biasanya suara kendaraan dan klakson akan mengganggu sekali. 

Rumah yang terlalu dekat dengan jalan utama pun biasanya cepat kotor, karena debu yang mudah masuk ke rumah. Hal-hal seperti ini yang perlu kamu pahami sebagai pertimbangan memilih rumah. 

Dokumen Penting Lengkap untuk Menghindari Sengketa

Siapa sih yang ingin mengalami sengketa properti atau tanah di masa depan? Pastinya urusan bisa sangat runyam deh. Sebagai langkah preventif dan mewaspadai hal-hal yang tidak diinginkan, usahakan kamu mengecek dokumen penting rumah atau properti yang akan kamu beli. Misalnya IMB, SHM/SHGB dan lain-lain. 

Jika kamu berniat untuk membeli di daerah yang berkembang seperti Rumah di Tangerang Selatan, atau Bekasi, Bogor dan area lain, upayakan kamu menerapkan hal-hal di atas ya. Tujuannya agar kamu mendapatkan hunian yang sesuai dengan keinginan, budget dan tentunya idaman kamu.

Semangat mencari rumah idaman ya!

Ilustrasi: Unsplash.com

Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Banyak hal yang memang perlu dipertimbangkan ya sebelum memutuskan membeli rumah. Salah satunya itu dia bagusnya kalau bisa dapat rumah di lokasi yang strategis gitu biar mau kemana2 juga gampang

    BalasHapus
  2. Bener banget mbak, lokasi strategis ini juga pertimbangan penting karena mobilitas kita memang banyak di tempat2 strategis soalnya

    BalasHapus