BlogKakTri
Lifestyle Blogger, Talk About Blogging, Parenting,Traveling, Tips, Review, and Lifestory by Triyatni Ashari

Musik Jazz, Sejarah dan Penyanyi Jazz Indonesia

Salah satu penyanyi jazz Indonesia yang terkenal dan hampir semua orang tahu adalah musisi Indra Lesmana. Beliau lahir pada tanggal 28 Maret 1966.


Siapa nih penggemar musik Jazz? Sebagai musik yang mungkin tidak sepopuler aliran pop, namun ternyata jenis musik jazz dikenal sebagai musik yang berkualitas dan “papan atas”. Penggemarnya pun semakin banyak. Bahkan, event-event atau festival musik jazz di Indonesia juga selalu ramai dihadiri oleh para pencinta musik jazz. Lantas, bagaimana sejarah musik jazz itu sendiri? Apakah ada aliran lagi di dalam musik jazz? Mari kita simak ulasan di bawah.

Sejarah Musik Jazz 

Jadi sebenarnya dari mana asal musik jazz? Nah, jazz ini adalah jenis musik yang berasal dari negara bagian selatan Amerika yang ditemukan pada awal abad ke-20. Jadi masih cukup baru ya. Seiring waktu, gaya musik jazz pun berkembang. Namun yang unik dari elemen musik jazz sendiri adalah improvisasi.

Nah adapun hadirnya musik jazz di Indonesia pada awalnya dibawa oleh orang Eropa. Merekalah yang mengenalkan gaya musik baru ini lewat piringan hitam. Alfred D. Ticoalu dalam tulisannya “Irama Jazz dan Peranakan Tionghoa” menyebutkan jika The American Jazz Band adalah band jazz pertama yang datang ke Batavia pada 1919.

Akhirnya musik jazz semakin popular dimulai dari tahun 1950-an. Seiring waktu dengan adanya keberadaaan TV, sekitar 1960-an jazz semakin dikenal dan semakin berkembang di Indonesia. Musisi Jack Lemmers bersama Jopie Item bahkan pernah mengisi pertunjukan musik jazz di TVRI di era tersebut.

Tahun 1980-an hingga 1990-an pun dikenal sebagai tahun emas perkembangan musik jazz di Indonesia. Karena semakin banyak penyanyi maupun grup band aliran jazz yang bermunculan.

Aliran Musik Jazz

Lalu, instrumen apa yang dibutuhkan dalam permainan musik jazz itu sendiri? Sebenarnya ada banyak. Mulai dari drum, bass, keyboard, gitar, terompet, trombone dan saksofon. Meski tidak semua dipakai sekaligus, kita pasti paling familiar dengan yang namanya saksofon maupun terompet dalam penampilan musik jazz di panggung hiburan. Adapun beberapa aliran jazz di antaranya:

▶ Dixieland

Dixieland berkembang pesat pada awalnya di New Orleans yang mana Dixieland merupakan aliran dalam musik jazz yang paling awal dan paling terkenal. 

Pemusik jazz akan menggunakan alat musik ansambel kecil, yaitu klarinet, terompet serta trombon. Tidak hanya itu, dalam memainkan sebuah lagu juga diiringi dengan drum, banjo, piano, tuba, serta string bass.

▶ Swing

Berbeda dengan dixieland, swing yang muncul pada sekitar 1930 ini menggunakan alat musik ansambel besar dalam memainkan lagu. 

Alat musik yang biasanya digunakan adalah saksofon, terompet serta trombon. Sedangkan untuk pengiringnya menggunakan piano, string bass, drum, serta sesekali menggunakan gitar. Biasanya, dalam Swing banyak improvisasi.

▶ Bebop

Aliran ini mulai berkembang pada tahun 1940. Bebop atau yang biasa disebut dengan Bop saja merupakan penanda kembalinya jazz menggunakan ansambel kecil.

 Ciri utama dari aliran ini adalah harmoninya yang lebih kompleks, temponya lebih dan sering cepat, serta garis melodinya tidak terputus-putus.

Para Penyanyi Jazz Indonesia

Salah satu penyanyi jazz Indonesia yang terkenal dan hampir semua orang tahu adalah musisi Indra Lesmana. Beliau lahir pada tanggal 28 Maret 1966. Tidak salah beliau menekuni jazz karena ternyata beliau adalah putra musisi jazz kondang Indonesia bernama Jack Lesmana. Bakat musiknya mungkin turun dari ayahnya. Hingga kini, Indra Lesmana bahkan sudah menjadi produser, composer, hingga sound engineer selain berprofesi sebagai musisi jazz.

Ada juga Tompi yang kita kenal sebagai dokter sekaligus penyanyi. Penyanyi jazz ini mulai debut sekitar 2013. Pria yang bernama asli teuku Adi fitrian ini bahkan telah menghasilkan 9 album lho! Lengkingan suara beliau saat menyanyi menjadi ciri khas tersendiri.

Adapun untuk penyanyi wanita yang cukup terkenal saat ini adalah Raisa. Siapa sih yang tidak kenal Raisa? Saat ini mungkin beliau adalah penyanyi jazz wanita Indonesia yang paling populer. Lagunya yang easy listening dan mudah diikuti menjadi populer di berbagai tangga lagu Indonesia. Beberapa lagunya yang terkenal adalah could it be, teka teki dan serba salah.

Event Jazz di Indonesia 2022

Sejak dimulainya pandemi 2020, beberapa konser musik atau event-event besar banyak yang ditunda. Termasuk event musik jazz. Ada juga yang mengalihkannya dengan event virtual. Mungkin sensasinya sedikit berbeda, namun kreativitas para penyelenggara patut diacungi jempol. Bahkan para pengisi acara cukup live dari rumah masing-masing. 

Namun, seiring waktu mulai berkurangnya kasus, kini di tahun 2022, event-event yang melibatkan banyak orang berkumpul mulai dibuka kembali. Salah satunya event Mandalika kemarin. Nah, untuk event musik jazz sendiri, di tahun 2022, ada festival apa saja? Berikut informasinya.

▶ BNI Java Jazz

Sebenarnya, acara ini adalah acara tahunan. Biasanya disebut Java Jazz Festival.  Namun karena pandemi sebelumnya, acara ini sempat tidak diadakan terlebih dahulu. Nah, di tahun ini, BNI Java Jazz 2022 sudah berlangsung pada tanggal 27-29 Mei 2022 kemarin. Acara ini berlangsung di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. Ada yang sempat hadir di sana?

▶ Prambanan Jazz Festival

Untuk event yang akan datang, ada yang namanya Prambanan Jazz Festival. Acara ini mengusung tagline “Sewindu Merayakan RIndu”. Rencananya, beberapa nama line-up yang sudah dipastikan tampil dalam Prambanan Jazz Festival 2022 adalah Kahitna, Kunto Aji, Diskoria, Kukuh Kudamai feat Ndarboy Genk, Bemandry, Andien, Mus Mujiono x Deddy Dhukum x Everyday, dan masih banyak lagi. 

Bagi yang berminat hadir, Prambanan Jazz Festival 2022 akan diselenggarakan pada 1-3 Juli 2022 di Lapangan Rama Shinta, Candi Prambanan, Yogyakarta.

Mungkin ada lagi beberapa event lain terkait jazz. Sebelumnya, ada juga acara Ramadhan Jazz Festival yang dihelat pada tanggal 22-23 April 2022 lalu di pelataran Masjid Cut Meutia, Menteng Jakarta Pusat. Teman-teman bisa mencari informasi di seputar komunitas pencinta musik jazz atau di media sosial untuk informasi lebih banyak.

Penutup

Sebagai salah satu aliran musik yang cukup digandrungi, jazz memang semakin bertumbuh pesat di Indonesia. Dengan teknik improvisasi pada alirannya, membuat banyak orang lebih mudah menyukai musik jazz. Apalagi, industri musik jazz di Indonesia juga cukup menjanjikan bagi para penyanyi jazz. Termasuk jumlah penyanyi jazz wanita yang juga semakin banyak. Semoga saja, musik jazz semakin berkembang baik di Indonesia maupun kancah Internasional.


Sumber:

https://www.kompas.com/hype/read/2022/04/27/152654266/6-festival-musik-yang-siap-digelar-di-indonesia-tahun-ini?page=all.
https://notepam.com/penyanyi-jazz-indonesia/
https://student-activity.binus.ac.id/paramabira/2020/04/perkembangan-musik-jazz-di-indonesia/
https://gaya.tempo.co/read/1595947/java-jazz-kembali-berikut-sejarah-jazz-dan-alirannya?page_num=2
https://hot.liputan6.com/read/4008292/ciri-ciri-musik-jazz-dan-perkembangannya-dari-masa-ke-masa

Ilustrasi:
Pixabay.com

4 komentar

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Wah baca ini aku jadi tahu jika musik jazz juga punya banyak aliran
    Aku pengen nih nonton Prambanan Jazz

    BalasHapus
  2. Aku suka musik jazz kak. Dulu pernah nonton Jazz Di Atas Awan, Java Jazz juga pernah. Ternyata Raisa termasuk musisi jazz perempuan Indonesia ya kak

    BalasHapus
  3. Jazz ini musik yang enak didengar saat santai, sambil nyeruput kopi anget. Tapi kalau suara musisi jazz paling ramah di kupingku dokter Tompy sih. Masih ada sentuhan popnya gitu, nggak yang terlalu berat jazznya.

    BalasHapus
  4. Jangan lupa ada Jazz Goes to Campus, Kak. Legend juga gelaran mahasiswa UI yang satu ini. Tahun ini kalau nggak salah November ya bakal ada lagi.

    BalasHapus

Temen²

Total Pageviews