MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

6 Rekomendasi Oli yang Cocok untuk Mobil Xenia

 6 Rekomendasi Oli yang Cocok untuk Mobil Xenia
Add Comments
6/17/2022
Daftar Isi [Tampil]

Oli merupakan komponen penting bagi kendaraan. Setiap kendaraan memiliki spesifikasi kebutuhan oli yang berbeda-beda, termasuk mobil. 

Oli pada kendaraan ini berfungsi untuk meremajakan mesin supaya kendaraan tetap berfungsi dengan optimal. Bagi Anda yang sedang mencari oli yang cocok untuk mobil Xenia,  Anda bisa dapatkan di bengkel mobil terpercaya yang menyediakan berbagai oli dengan spesifikasi sesuai dengan anjuran pabrik. 

Oli yang Cocok Untuk Mobil Xenia

Untuk mobil Xenia yang diproduksi sebelum tahun 2015 disarankan menggunakan oli dengan spesifikasi SAE 10W-40. Sedangkan, untuk usia mobil Daihatsu Xenia yang kurang dari 5 tahun direkomendasikan menggunakan SAE 5W-30 dengan tingkat kekentalan yang lebih rendah. 

Sementara untuk mobil-mobil dengan usia lebih dari 5 tahun, maka disarankan menggunakan oli dengan viskositas yang lebih besar agar oli yang masuk ke ruang mesin dapat lebih kental. 

Berikut rekomendasi oli yang cocok untuk mobil Xenia untuk mesin mobil berkapasitas 1.300cc atau 1.000cc:

1. Daihatsu Genuine Oil 5W-30

Oli yang dipasarkan langsung oleh ADM dengan menggandeng Pertamina ini diawasi langsung oleh Daihatsu Jepang. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan kualitas dari Daihatsu Genuine Oil sesuai dengan standar internasional untuk memenuhi kebutuhan kinerja mesin-mesin Daihatsu. 

Oli ini memiliki berbagai zat aditif yang mampu mendukung kerja mesin mobil dalam kecepatan tinggi maupun stop and go sekalipun. Untuk harga Daihatsu Genuine Oil 5W-30 ini sebesar Rp.77 ribuan/liter.

2. TOP 1 HP Sport 5W-30

TOP 1 menyediakan oli yang bisa diaplikasikan untuk mesin Daihatsu Xenia jenis terbaru. Kandungan Xtra-Clean Additives pada oli ini akan bekerja membersihkan kerak yang mungkin timbul pada ruang bagian mesin dan mencegah pembentukan kembali kerak tersebut. 

Oli TOP 1 ini telah berstandar API SN dengan harga sekitar Rp.340 ribuan dalam kemasan 3,5 liter dan Rp.97 ribuan untuk kemasan 1 liter. Oli TOP 1 ini dapat membuat suhu mesin menjadi stabil meskipun mobil terjebak macet.

3. TOP 1 Evolution 5W-30

Oli TOP 1 Evolution 5W-30 ini memiliki teknologi Extreme Low Shear dan Ester Fortified yang mampu memberikan perlindungan komponen dari keausan. Bahkan oli ini juga bisa membersihkan ruang mesin hingga ke celah terkecil. Terbuat dari bahan dasar penyusun full sintesis membuat oli ini tahan lama serta tahan terhadap suhu tinggi. Oli ini juga telah bersertifikat API SN dan dibandrol dengan harga Rp.173 ribu per liter.

4. Fastron Techno 10W-40

Bagi Anda yang memiliki Daihatsu Xenia yang diproduksi di bawah tahun 2015, maka pilihan Fastron Techno 10W-40 bisa dipertimbangkan. Oli berbahan dasar penyusun full sintesis ini mengandung aditif khusus yang diracik oleh Pertamina. Kandungan pada oli Fastron akan memberikan perlindungan bagi setiap komponen di dalam mesin bahkan sejak pertama kali mesin dihidupkan. Hal ini bertujuan agar selama digunakan mesin tidak mengalami stress tinggi.

5. Castrol Magnatec 10W-40

Castrol Magnatec termasuk salah satu oli full sintetik yang direkomendasikan untuk mobil Daihatsu Xenia. Molekul pintar yang terkandungnya akan membentuk lapisan perlindungan pada permukaan komponen mesin mobil kesayanganmu meski dalam kondisi mati. 

Selain itu, oli Castrol Magnatec ini memiliki teknologi Self Healing Layer yang bekerja untuk membentuk lapisan perlindungan dan secara otomatis memperbaiki dengan sendirinya saat kamu mengemudi dalam kondisi stop and go. Castrol Magnatec ukuran 4 liter dibandrol dengan harga Rp.420 ribu, sementara untuk ukuran kemasan 1 liter dibandrol dengan harga Rp.102 ribuan.

6. Shell Helix HX7 10W-40

Bagi Anda yang memiliki kendaraan Xenia keluaran tahun 2012-2018 maka oli yang cocok untuk mobil Xenia Anda adalah Shell Helix 10W-40. Oli yang diformulasikan semi-sintetik ini diklaim dapat menjaga temperatur mesin tetap stabil dengan kemampuan melumasi mesin Xenia yang apik.  Bahkan, dalam situs resminya, Shell Helix HX7 mengklaim bekerja 40% lebih baik melindungi mesin mobil kesayanganmu dari keausan dibandingkan oleh sejenis. 

Kelebihan lain yang dimiliki oli ini yaitu adanya teknologi Flexi Molecule yang dapat membentuk lapisan film untuk memberikan perlindungan pada permukaan komponen mesin dan secara aktif dapat membersihkan ruang mesin sampai ke celah terkecil. Shell Helix HX7 10W-40 ini dibandrol dengan harga Rp.305 ribuan dalam kemasan 4 liter, sedangkan Rp.74 ribuan untuk kemasan 1 liter.

Itulah 6 rekomendasi oli yang cocok untuk mobil Xenia dengan berbagai kualitas dan terawat, terlengkap, dan terbaik sebagai rekomendasi oli yang cocok untuk mobil Xenia untukmu. Penting untuk diketahui bahwa hadirnya pelumas mesin berfungsi untuk merawat kendaraan agar bisa lebih awet serta optimal dalam penggunaannya. 

Tentunya, mobil atau kendaraan yang nyaman dan aman pasti akan memudahkan Anda dalam berkendara. Jangan lupa untuk memastikan kesesuaian antara spesifikasi oli dengan kebutuhan mesin pada mobil Daihatsu Xenia kesayangan. 

Anda bisa memenuhi kebutuhan oli mobil Anda lewat bengkel umum terpercaya yang bisa Anda temukan di aplikasi Otoklix dan saat ini Otoklix tengah menghadirkan program PAKOTO dengan hadiah Rp100 ribu setiap booking service via Otoklix. 


Ilustrasi: mobil123.com

Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Biasanya ngga aware soal oli ginian sih tapi pas kemarin mobilnya kakak mogok karena nggapernah ditengokin, jadinya skrg lebih aware lagi apalagi soal sparepart dan oli kayak gini

    BalasHapus