BlogKakTri
Lifestyle Blogger, Talk About Blogging, Parenting,Traveling, Tips, Review, and Lifestory by Triyatni Ashari

Ketahui Kelebihan dari Kertas HVS

Ketahui Kelebihan dari Kertas HVS - Ingin tahu apa saja jenis kertas? Temukan informasi tentang berbagai jenis kertas dan kegunaannya

Ketahui Kelebihan dari Kertas HVS - Ingin tahu apa saja jenis kertas? Temukan informasi tentang berbagai jenis kertas dan kegunaannya, termasuk karakteristik dan fungsinya masing-masing di sini. Berikut ulasan lengkapnya. 

Hampir tidak ada orang yang tidak tahu apa itu kertas. Hal ini dikarenakan kertas sangat banyak jenisnya dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kira-kira, dalam dunia percetakan, ada berapa jenis kertas yang biasa digunakan? Apa saja jenis, ciri, dan fungsi atau kegunaan masing-masing kertas? Temukan info mengenai apa saja Kelebihan Dari Kertas HVS yang perlu anda ketahui.

Kelebihan Dari Kertas HVS 

Kertas HVS adalah kertas yang paling sering anda gunakan, misalnya untuk surat menyurat atau untuk keperluan percetakan murah. Hal ini dikarenakan ukurannya yang cukup besar dibandingkan dengan kertas berukuran buku biasa. 

Tapi tahukah Anda apa itu kertas HVS? Kata HVS sendiri ternyata berasal dari bahasa Belanda yaitu houtvrij schrijfpapier yang artinya kertas tulis bebas serat kayu. Kertas HVS terbuat dari kertas atau pulp tanpa lignin. 

Penggunaan lignin pada kertas ternyata bermanfaat agar warna kertas lebih awet. Karena kertas tidak mudah dipanaskan di bawah sinar matahari atau sinar matahari. Sehingga penggunaan lignin disini adalah agar kertas tidak menguning.

Kertas HVS adalah kertas tulis berkualitas tinggi yang tersedia dalam berbagai ukuran. Baik dimensi panjang x lebar maupun ukuran berat. Ternyata di Indonesia sendiri, kertas HVS hadir dalam berbagai ukuran.

Kertas HVS di Indonesia biasanya diproduksi menjadi tiga tingkat ukuran berat, yaitu 60 gr, 70 gr, dan 80 gr. Sedangkan untuk dimensi, kertas HVS dibuat dalam dua pilihan, yaitu kertas HVS ukuran kuarto dan kertas HVS ukuran folio.

Tidak hanya itu, HVS juga memiliki berbagai jenis ukuran seperti ukuran yang sering digunakan adalah A4, A3, B5, B3, F4, Folio. Tentunya dengan perbedaan ukuran, kegunaannya juga berbeda. Kertas HVS ukuran F3 atau ukuran A4 umumnya digunakan oleh pelajar, mahasiswa, atau kebutuhan kantoran.

Pengertian Kertas HVS

HVS adalah nama kertas yang paling sering digunakan dalam percetakan, terutama di perkantoran dan sekolah. Singkatan dari Houtvrij Schrijfpapier (Belanda), artinya kertas tulis yang bebas dari serat kayu. Dinamakan demikian karena tidak mengandung lignin (perekat antar serat kayu) pada pulpnya.

Penggunaan kertas HVS adalah untuk mencetak dokumen kantor pada umumnya. Itu sebabnya ia memiliki berbagai ukuran dari A5, B5, A4, dan seterusnya hingga ukuran plano (65 x 100 cm). Secara tata bahasa, biasanya ada 3 yang sering digunakan:

70 gsm, untuk pencetakan dokumen biasa

80 gsm, untuk dokumen penting seperti skripsi, makalah, dan dokumen kantor lainnya.

100 gsm, untuk dokumen presentasi yang perlu mencetak grafik dan gambar dengan lebih baik.

Jenis Ukuran Kertas HVS

Ada berbagai ukuran kertas HVS. Adapun ukuran-ukurannya diulas di bawah ini:

▶ Ukuran Kertas A

Ukuran kertas A adalah kertas standar internasional. Tak heran, jika Anda sangat familiar dengan berbagai ukuran kertas A. Ukuran kertas biasanya digunakan untuk percetakan umum, perkantoran, penerbitan dan pendidikan. 

▶ Ukuran Kertas B

Jika Anda seorang desain atau jurnalis, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan ukuran kertas B. Ukuran kertas B biasanya digunakan untuk keperluan media cetak poster besar dan lukisan dinding.

▶ Ukuran Kertas C

Jika sebelumnya ukuran kertas A untuk keperluan umum, sedangkan ukuran kertas B untuk media cetak, maka ukuran kertas C memiliki fungsi yang berbeda. Kertas ukuran C biasanya digunakan untuk amplop, folder dan kartu pos, sehingga ukurannya juga terbilang kecil.

▶ Ukuran Kertas F

Mungkin Anda pernah mendengar atau menggunakan kertas folio. Namun, pernahkah Anda memperhatikan ukuran kertas folio? Kertas folio memiliki ukuran kertas F4, dimana ukuran kertas F4 sendiri merupakan salah satu ukuran kertas transisi yang umum digunakan di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

▶ Ukuran Kertas R

Pernahkah Anda mencetak foto? Pasti Anda pernah mendengar pertanyaan yang diajukan oleh printer foto tentang ukuran kertas R yang ingin Anda cetak. Ya, ukuran kertas R umumnya digunakan untuk kebutuhan cetak foto.

Demikian penjelasan dari saya tentang semoga bermanfaat, terimakasih.

Ilustrasi: unsplash.com

Posting Komentar

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

Temen²

Total Pageviews