BlogKakTri
Lifestyle Blogger, Talk About Blogging, Parenting,Traveling, Tips, Review, and Lifestory by Triyatni Ashari

HokBen Banjarmasin Sudah Buka! Pasti Aman Pasti Halal!

Hokben Banjarmasin pasti aman pasti halal

Huaaaa! Saya menjerit waktu tahu HokBen mau buka di Banjarmasin. Kala itu saya juga mendapat undangan VIP untuk hadir di Talk Show semi Grand Opening dengan Tema "Pentingnya Makanan Halal" di tanggal 9 Maret 2023. 

Untuk umum, Grand Opening akan dilaksanakan tanggal 10 Maret 2023. Jadi yang nanyain kapan HokBen Banjarmasin buka, nih hari ini uudah buka gaes. Yeay, akhirnya kemarin kesampaian juga makan HokBen lagi. 

Jadi, apakah HokBen sama dengan Hoka Hoka Bento? Yes, HokBen dan Hoka Hoka Bento adalah merek yang sama untuk restoran makanan Jepang di Indonesia. HokBen adalah singkatan dari Hoka Hoka Bento. Cuma sekarang nama resminya HokBen saja. Nama lama tidak lagi dipakai ya.

Sejarah HokBen

Bagi yang belum tahu, HokBen ternyata sudah lebih dari 30 tahu lho! HokBen merupakan restoran cepat saji yang terkenal dengan menu masakan Jepang dan Barat di Indonesia. Restoran ini pertama kali didirikan oleh PT Eka Bogainti pada tahun 1985 di Jakarta.

Siapa pemilik Hoka Hoka Bento? Ide awal pendirian HokBen didasari oleh mimpi seorang pengusaha bernama Tjioe Liong Liong yang ingin membuka restoran yang menyediakan makanan cepat saji dengan cita rasa yang khas dan sehat. Untuk itu, ia mengumpulkan ide-ide dari banyak orang, termasuk teman Jepangnya. Dari situlah muncul ide untuk mencampurkan citarasa masakan Jepang dan Barat menjadi menu andalan di restoran tersebut.

Restoran HokBen pertama kali dibuka pada tanggal 18 Januari 1985 di Citra Land, Jakarta Selatan. Awalnya, restoran ini hanya memiliki satu cabang dan hanya menawarkan beberapa menu seperti Nasi Goreng Mawut, Fried Chicken, Steak, dan Shrimp Tempura. Namun, karena permintaan masyarakat yang tinggi, HokBen kemudian memperluas menu makanannya dan membuka cabang-cabang baru di berbagai kota di Indonesia.

Saat ini, HokBen telah menjadi salah satu restoran cepat saji terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 100 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Seiring dengan perkembangan zaman, HokBen juga melakukan inovasi dan peningkatan kualitas layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Salah satunya adalah meluncurkan aplikasi mobile HokBen yang memungkinkan pelanggan memesan makanan secara online dan memperoleh diskon khusus.

Meskipun telah berkembang pesat, HokBen tetap berkomitmen untuk menyajikan makanan yang sehat dan lezat dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan masyarakat Indonesia.

Apakah HokBen Halal?

Nah, kebetulan di acara kemarin itu, ada Talk Show yang diadakan untuk para media & bloggers. Jadi dalam tema Talk Show tersebut yang berlangsung kurang lebih 1,5 jam, disampaikan bahwa HokBen pasti aman dan pasti halal. Apalagi pengisi acara langsung dari LPPOM MUI menjelaskan bahwa HokBen tidak hanya mendapatkan sertifikasi halal untuk produk, tapi juga untuk manajemen. Jadi dapat nilai akreditasi A. Keren banget kan?

Ini 11 Kriteria Jaminan Halal LPPOM MUI

Dalam Talk Show yang dipandu Kak Indar, dijelaskan oleh ibu Lya Agustina S.TP., M.Si., sebagai Kepala Bidang Audit LPPOM MUI Provinsi Kalsel, bahwa ada 11 tahapan yang harus dilalui dalam penerbitan sertifikat halal. Semuanya harus lolos validasi. Adapun ke-11 kriteria jaminan halal tersebut adalah:

1. Bahan baku: Semua bahan baku yang digunakan dalam produk halal harus bersumber dari sumber yang halal.

2. Proses produksi: Proses produksi harus sesuai dengan syariah dan tidak boleh melanggar prinsip-prinsip halal.

3. Peralatan: Peralatan produksi harus dibersihkan dan dipisahkan antara produk halal dan non-halal.

4. Lingkungan produksi: Lingkungan produksi harus bersih, bebas dari kontaminasi non-halal dan tidak mengandung bau yang tidak sedap.

5. Produk antara: Produk antara tidak boleh mengandung bahan non-halal dan tidak boleh terkontaminasi dengan bahan non-halal.

6. Penanganan produk: Produk yang telah selesai diproduksi harus ditangani dengan hati-hati untuk mencegah terkontaminasinya produk dengan bahan non-halal.

7. Label produk: Label produk harus jelas dan mencantumkan nama produk, bahan yang digunakan, tanggal produksi dan nomor sertifikat halal.

8. Distribusi produk: Produk harus didistribusikan dengan hati-hati dan terpisah dari produk non-halal.

9. Penyimpanan produk: Produk harus disimpan dengan hati-hati untuk mencegah kerusakan dan terkontaminasi dengan bahan non-halal.

10. Sertifikasi halal: Produk harus mendapatkan sertifikasi halal dari lembaga yang kompeten.

11. Audit internal: Produsen harus melakukan audit internal secara berkala untuk memastikan bahwa semua kriteria jaminan halal terpenuhi.

Dengan 11 kriteria yang sudah dilalui HokBen di atas, jadinya tidak ada keraguan dong buat makan di sana. Adapun sertifikat halal HokBen sudah ada sejak 2017 gaes. 

Alamat HokBen Banjarmasin

HokBen Duta Mall Banjarmasin merupakan gerai ke 350 dari keseluruhan gerai HokBen yang tersebar di 70 kota di Indonesia. HokBen Duta Mal Banjarmasin terletak di Lantai Satu dengan memiliki kapasitas kursi sebanyak 76 kursi. HokBen berada di resto bagian luar ya. 

HokBen x Rebricks 

Yang menarik, HokBen berkolaborasi dengan Rebricks mengolah sampah plastik mika bekas HokBen menjadi bahan bangunan roster lho!

Hasilnya yang kemudian digunakan kembali di HokBen sebagai bagian dari disain interior HokBen Duta Mall Banjarmasin. 

1 roster menggunakan 10 plastik mika bekas HokBen. Saat ini sudah ada 12 gerai HokBen yang menggunakan eco-roster dan HokBen sudah mengolah 17.380 plastik mika atau sekitar 150 kilogram sampah plastik mika.

Menu Khas HokBen

Nah, bagi yang nanya di HokBen ada menu apa aja khususnya Banjarmasin, yaitu:

Ekkado, Tori no Teba, Egg Chicken Roll, HokBen Fried Chicken, Ebi Furai, Kani Roll, Beef / Chicken Teriyaki dan Yakiniku atau Set Menu HokBen seperti Bento Special, Paket ABCD, Simple Set Teriyaki dan juga Ramen sebagai menu terbaru HokBen. Selain itu banyak juga pilihan snack and dessert di HokBen yang cocok untuk dinikmati sambil bersantai.

Promosi Grand Opening

Baru semi grand opening kemarin aja udah banyak yang antri mau pesen makan, apalagi di hari ini  di tanggal 10 Maret. Kebetulan tadi ada kuis juga, Alhamdulillah dapat voucher makan 100k hehe. Makasih ya HokBen.

Yang mau kebagian souvernir promosi grand opening juga, jangan lupa catat tanggal-tanggal penting di sini ya:

 -  tanggal 10, 13 dan 16 Maret 2023, akan ada hadiah Payung HokBen untuk setiap pembelian 2 Paket Bento Special (1 & 4). 

-  tanggal 11, 14 dan 17 Maret 2023, akan ada hadiah Bantal HokBen untuk setiap pembelian 2 Bento Special (1 & 4). 

 - tanggal 12, 15 dan 18 Maret 2023 akan ada hadiah Tumbler untuk setiap pembelian 2 Bento Special (1 & 4). 

- tanggal 19 Maret 2023 FREE Voucher Makan HokBen 1 tahun senilai Rp. 800.000,- setiap transaksi minimal Rp. 200.000,- (sudah termasuk pajak). 

- Selain itu juga ada Lucky Dip mulai tanggal 20 Maret 2023 – 7 April 2023 berupa hadiah menarik untuk setiap transaksi minimal Rp. 200.000,- nett. 

- tanggal 10 Maret 2023 - 31 Maret 2023 setiap pembelian Paket HokBen Fried Chicken 2pcs + Nasi + TehBotol Sosro akan mendapatkan harga khusus dari Rp. 61.000,- menjadi Rp. 42.000,- (sudah termasuk pajak). 

Karena kemarin diundang, Alhamdulillah dapat goodie bag dari HokBen. Isinya ada tumbler, kotak makan, dan jurnal kecil. Lucu bangeeet!

Penutup

Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga harapan adanya HokBen di Banjarmasin. Dulu, tiap keluar kota, pasti nyarinya HokBen. Yang unik lagi malah, aku ada baca komen di media sosial HokBen, kalau beberapa orang bela-belain bawa oleh-oleh HokBen dari Jakarta untuk ke Banjarmasin saking favoritnya. Jadi sekarang enak nih gak perlu jauh-jauh lagi. Yuk, segera merapat ke HokBen Banjarmasin! Pasti aman pasti halal! 



Gambar: Dokpri

Posting Komentar

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

Temen²

Total Pageviews