MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Manfaat Sabun Cuci Piring yang Belum Banyak Diketahui, Apa Saja?

Manfaat Sabun Cuci Piring yang Belum Banyak Diketahui, Apa Saja?
Add Comments
8/25/2023
Daftar Isi [Tampil]


Apa pekerjaan rumah tangga favorit anda? Ada sebagian orang yang menjawab bahwa menyapu atau menata lemari adalah pekerjaan favoritnya. Namun, ada juga yang merasa bahwa mencuci piring menjadi sebuah aktivitas bersih-bersih paling menyenangkan. 

Kegiatan mencuci piring juga cukup disukai oleh anak-anak karena melibatkan air dan juga sabun cuci piring yang harum serta menghasilkan buih. Bagi mereka, mencuci piring mirip dengan aktivitas bermain air dan juga busa. 

Berbicara tentang cuci piring, tahukah anda kalau sabun cuci piring ternyata memiliki banyak fungsi? Ternyata, sabun yang diciptakan untuk mengangkat minyak dan membuat piring, sendok, serta peralatan memasak lainnya menjadi bersih itu bisa digunakan untuk membersihkan hal lain, lho! 

Manfaat Sabun Cuci Piring yang Belum Banyak Diketahui

Sabun cuci piring ternyata dapat jadi pembersih multifungsi, bukan hanya untuk mencuci piring. Apa saja itu? Berikut ini informasi lebih lengkapnya.

1. Menghilangkan Noda Membandel di Baju

Sudah bukan menjadi rahasia bagi para pengusaha laundry bahwa sabun cuci piring justru menjadi bahan yang mampu mengatasi noda membandel. Jika suami atau anak anda bekerja di bengkel, anda tentu akan sering menjumpai pakaian mereka yang terpapar oli dan juga kotoran lengket lainnya. 

Noda-noda tersebut cukup sulit dihilangkan jika hanya menggunakan sabun cuci baju biasa. Terlalu keras menggosok beresiko membuat serat kain menjadi rusak. Oleh karena itu, cobalah untuk memasukkan baju kotor tadi ke dalam ember yang berisi campuran air dan sabun cuci piring. Diamkan sekitar 30 menit lalu gosok perlahan hingga noda hilang dan bilas. 

Anda juga bisa mencampurkan sabun cuci piring dan juga sabun cuci piring ke dalam mesin cuci sebelum mesin tersebut beroperasi. Keberadaan sabun cuci piring akan membuat noda-noda lebih mudah hilang dan minyak-minyak yang menempel di serat kain menjadi terangkat. 

2. Membersihkan Shower atau Bathtub

Apakah kamar mandi anda menggunakan shower dan bathtub? Jika jawabannya iya, anda pasti tahu kalau setelah pemakaian cukup lama, selang shower ataupun permukaan bathtub menjadi kotor karena jamur ataupun kotoran. Nah, jika anda tidak ingin menggunakan cairan pembersih yang keras dan beresiko, sabun cuci piring bisa menjadi solusi. 

Caranya mudah, cukup oleskan sabun cuci piring ke area yang kotor atau berjamur. Diamkan beberapa saat lalu sikat menggunakan sikat yang kuat dan keras. Anda tidak perlu khawatir sikat tersebut akan menggores permukaan shower atau bathtub. Saat kotoran rontok, langsung siram dengan air. 

Bagaimana jika noda yang menempel di shower atau permukaan bathtub ternyata cukup bandel dan sulit dibersihkan? Anda perlu membuat ramuan campuran antara sabun cuci piring dan cuka putih. Untuk takarannya adalah 1:1, jadi jika anda menggunakan 50 ml sabun cuci piring, anda juga harus menambahkan 50 ml cuka putih. 

Campurkan kedua bahan tersebut dan masukkan ke dalam semprotan. Selanjutnya, anda cukup menyemprot bahan itu ke area yang hendak dibersihkan. Tunggu sekitar 10 menit lalu gosok dengan kuat hingga kotoran rontok. Terakhir, siram dengan air yang banyak. Anda akan mendapatkan shower dan bathtub yang bersih dan tampak seperti baru. 

3. Membersihkan Jendela 

Jendela biasa menjadi tempat debu-debu menempel. Membersihkan area ini cukup tricky karena jika anda lakukan dengan asal-asalan, jendela anda justru bisa menjadi semakin kotor karena debu tidak haling tapi semakin menyebar ke permukaan lainnya. 

Untuk mengatasinya, siapkan campuran antara air, cuka putih dan juga sabun cuci piring ke dalam wadah semprot. Kocok-kocok agar menyatu dan semprotkan cairan tersebut ke jendela. Untuk mengelap, anda bisa memakai kanebo atau koran bekas, jangan lap dari kain biasa karena tidak bisa mengangkat debu. 

Debu serta kotoran yang menempel jadi mudah terkelupas. Lakukan penggelapan dengan hati-hati dan kuat. Hasil akhirnya, anda akan mendapatkan jendela yang bersih serta mengkilap dan enak untuk dipandang. 

4. Membersihkan Oven 

Jika anda memiliki hobi membuat roti atau kue-kue, anda pasti tahu bahwa membersihkan oven sangat penting untuk dilakukan. Oven yang rutin dirawat dan dibersihkan dapat bekerja dengan baik dan memiliki usia pemakaian yang lebih lama. 

Kaca oven dan permukaan lain yang ada di dalam oven yang sering dipakai biasanya mengalami perubahan warna menjadi coklat. Untuk membersihkannya, anda bisa menggunakan 4 bahan ini yaitu baking soda, cuka putih, sabun cuci piring, dan air. 

Takarannya adalah 1:1 untuk semua bahan. Campurkan semua dan semprotkan ke permukaan yang hendak dibersihkan. Untuk hasil maksimal, anda harus mendiamkannya selama beberapa jam atau bahkan semalaman. Setelah itu, anda bisa menggosok permukaan. 

Kotoran atau kerak yang menempel jadi jauh lebih lunak dan bahkan rontok sendiri. Setelah digosok, siram dengan air atau lap menggunakan kain fiber, kanebo, atau tissue. Akhirnya, oven anda akan kembali mengkilap dan siap untuk mendukung anda beraktivitas lagi. 

5. Meredakan Derit Pintu 

Engsel pintu anda berkarat sehingga menciptakan derit yang menyebalkan? Well, anda bisa menggunakan sabun cuci piring untuk solusi sementara. Tuangkan sabun cuci piring dan oleskan dengan merata ke engsel-engsel pintu menggunakan lidi. Tak perlu menunggu lama, derit tersebut akan hilang. Ingat, cara ini tidak bertahan lama sehingga anda tetap perlu membeli oli khusus. 

Nah, itu dia 5 fungsi lain dari sabun cuci piring yang bisa anda coba untuk membersihkan rumah. Jangan lupa untuk membeli berbagai peralatan dan perlengkapan bersih-bersih paling mutakhir di marketplace kesayangan yaitu Blibli. 


Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Dulu aku suka ngebayangin punya dapur yang minimalis dan selalu bersih, kesannya kayak mewah dan elegant
    Memang bener juga, kalau dapur yang bersih, bikin kita tambah betah buat masak sepanjang hari

    BalasHapus