BlogKakTri
Lifestyle Blogger, Talk About Blogging, Parenting,Traveling, Tips, Review, and Lifestory by Triyatni Ashari

Resep Menu Lebaran: Opor Ayam, Sambal Goreng Kentang, dan Ketupat Lebaran

Perbedaan antara hidangan Lebaran dan hidangan sehari-hari dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti jenis makanan, cara penyajian, serta maknanya.
resep menu lebaran

Siapa nih yang selalu senang dengan berbagai menu lebaran? Yes, perayaan Lebaran di Indonesia selalu disambut dengan berbagai tradisi khas, salah satunya adalah penyajian hidangan istimewa yang berbeda dari hari-hari biasa. 

Perbedaan antara hidangan Lebaran dan hidangan sehari-hari dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti jenis makanan, cara penyajian, serta makna yang terkandung di dalamnya. 

Pada saat Lebaran, hidangan yang disajikan biasanya adalah makanan-makanan spesial yang jarang dimasak pada hari-hari biasa. Beberapa hidangan khas Lebaran di Indonesia antara lain ada Opor Ayam, yaitu ayam yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah-rempah. Ada ketupat, yaitu nasi yang dimasak dalam bungkus anyaman daun kelapa. Ada Sambal Goreng Kentang, yaitu kentang goreng yang dimasak dengan bumbu pedas dan biasanya dicampur dengan hati ayam atau udang, dan masih banyak lagi. 

Sedangkan pada hari biasa, hidangan yang disajikan cenderung lebih sederhana dan praktis. Memasak hidangan Lebaran pun biasanya memerlukan persiapan yang lebih lama dan lebih rumit. Misalnya, membuat ketupat memerlukan waktu merebus hingga beberapa jam, dan memasak rendang membutuhkan kesabaran untuk mengaduk daging hingga bumbu meresap sempurna. 

Pada hari biasa, masakan lebih mengutamakan efisiensi dan kecepatan. Ibu rumah tangga seperti saya biasanya memilih menu yang dapat dimasak dalam waktu singkat, seperti tumis sayuran, goreng-gorengan, atau sup yang tidak memerlukan waktu lama untuk dimasak. Kadang juga membeli langsung jadi, hehe. Ada yang sama?

Di Kampung saya Sulawesi Selatan, tepatnya di Maros, memiliki tradisi cukup unik saat Lebaran tiba. Biasanya, keluarga besar akan memasak berbagai rupa jenis masakan. Tapi lebih banyak menu ikan dibanding ayam. Lalu nantinya akan dihidangkan nampan bulat besar, dengan piring-piring kecil yang berisi 1-2 buah lauk pauk yang berbeda jenis. 

Jadi kita bisa memilih lebih banyak jenis menu Lebaran yang tersaji. Sedangkan di rumah mertua, resep menu lebaran lebih sering rendang dan lontong sayur. Resep menu lebaran di berbagai daerah memang unik dan punya ciri khas masing-masing.

makanan lebaran khas bugis
Picture from liputan6.com

Di Indonesia sendiri, ada beberapa hidangan yang selalu hadir di meja makan saat Lebaran, seperti opor ayam, sambal goreng kentang, dan ketupat lebaran. Bagi yang ingin mengetahui resepnya, berikut ini adalah resep menu lebaran dan cara membuat ketiga hidangan tersebut.

Resep Opor Ayam

opor ayam
Picture from tokopedia.com

Mungkin di setiap daerah beda ya resep opor ayamnya. Namun secara umum kita sepakat kalau opor ayam itu sangat khas dengan aroma santannya. Opor ayam adalah hidangan berbahan dasar ayam yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Berikut resep opor ayam sederhana yang lezat yang bisa teman-teman praktikkan:

Bahan-bahan:

- 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian

- 500 ml santan kental

- 1 liter santan cair

- 4 lembar daun jeruk

- 2 batang serai, memarkan

- 3 lembar daun salam

- Garam dan gula secukupnya

Bumbu halus:

- 8 siung bawang merah

- 4 siung bawang putih

- 5 butir kemiri, sangrai

- 1 sdm ketumbar, sangrai

- 1 ruas kunyit

- 1 ruas lengkuas

- 1 ruas jahe

Cara membuat:

1. Tumis bumbu halus hingga harum.

2. Masukkan daun jeruk, serai, dan daun salam, aduk hingga rata.

3. Tambahkan potongan ayam, aduk hingga berubah warna.

4. Tuang santan cair, masak dengan api kecil hingga ayam setengah matang.

5. Tambahkan santan kental, garam, dan gula. Masak hingga ayam matang dan bumbu meresap.

6. Opor ayam siap disajikan.

Resep Sambal Goreng Kentang

sambal gorneg kentang
Picture from tokopedia.com

Sambal goreng kentang adalah pelengkap sempurna untuk opor ayam. Bagi yang tidak menyukai hati ayam, bisa diskip ya resepnya, atau diganti dengan yang lainnya. Berikut resep sambal goreng kentang yang bisa teman-teman coba:

Bahan-bahan:

- 500 gram kentang, potong dadu, goreng hingga matang

- 150 gram hati ayam, potong kecil-kecil, goreng hingga matang

- 2 lembar daun salam

- 2 cm lengkuas, memarkan

- 2 sdm air asam jawa

- Garam dan gula secukupnya

Bumbu halus:

- 5 butir bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 5 buah cabai merah besar, buang bijinya

- 5 buah cabai merah keriting

Cara membuat:

1. Tumis bumbu halus hingga harum.

2. Masukkan daun salam dan lengkuas, aduk rata.

3. Tambahkan hati ayam goreng, aduk hingga tercampur rata.

4. Masukkan kentang goreng, aduk rata.

5. Tambahkan air asam jawa, garam, dan gula. Masak hingga bumbu meresap.

6. Sambal goreng kentang siap disajikan.

Resep Ketupat Lebaran

ketupat
Picture from tokopedia.com

Siapa yang tidak tahu ketupat? Hampir setiap daerah yang pernah saya tinggali, saya bisa menemukan ketupat dengan cukup mudah. Mungkin karena awet juga, ketupat jadi primadona menu Lebaran. Bagi yang belum tahu, ketupat adalah beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda dan direbus hingga matang. Ketupat ini menjadi teman setia opor ayam dan sambal goreng kentang. Berikut cara membuat ketupat lebaran:

Bahan-bahan:

- 1 liter beras

- Daun kelapa muda untuk membuat bungkus ketupat

- Air untuk merebus

Cara membuat:

1. Cuci beras hingga bersih, tiriskan.

2. Anyam daun kelapa muda menjadi bungkus ketupat berbentuk kotak.

3. Isi bungkus ketupat dengan beras hingga setengah penuh.

4. Rebus ketupat dalam air mendidih selama 4-5 jam hingga matang. Pastikan ketupat terendam air selama proses perebusan.

5. Angkat dan tiriskan ketupat, gantung hingga air tiris.

6. Ketupat lebaran siap disajikan.

Resep menu lebaran memang menjadi hal yang banyak dicari oleh orang-orang sebelum hari lebaran tiba. Adapun ketiga resep di atas adalah resep yang cukup banyak orang suka dan familiar untuk masakan Lebaran. 

Untuk teman-teman yang ingin mencari bahan-bahan atau bumbu-bumbu yang berkualitas tanpa harus keluar rumah dan desak-desakan di pasar, bisa langsung belanja di ecommerce Tokopedia. Biasanya ada promo-promo di tanggal cantik dan juga voucher subsidi hingga gratis ongkir. Pesan di aplikasi, tinggal tunggu barangnya datang!

Nah, buat teman-teman yang masih bingung mau masak apa saat lebaran, bisa dengan cobain ketiga resep di atas ya. Cukup simpel dan tentunya menggugah selera. By the way, bagaimana resep menu lebaran di kotamu? 

Posting Komentar

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...