MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Update 2020 : Rute, Halte, & Tempat Penukaran Botol Suroboyo Bus (Pengalaman Naik Suroboyo Bus & Tips Penting)

Update 2020 : Rute, Halte, & Tempat Penukaran Botol Suroboyo Bus (Pengalaman Naik Suroboyo Bus & Tips Penting)
Add Comments
2/19/2020
Daftar Isi [Tampil]

suroboyo bus


Artikel ini berisi pengalaman pribadi naik Suroboyo Bus dan disertai rute, halte maupun tempat di mana penukaran botol.

Yang orang Surabaya mana nih? Atau yang lagi nyempil di Surabaya kayak saya ada? 🤭

Memiliki waktu hanya 2 bulan di Surabaya tentu harus dimanfaatkan dong ya. Salah satunya adalah mencoba naik Bus yang unik ini. Namanya Suroboyo Bus! Alias Bus Tayo.

Kenapa unik? Karena untuk naik ke Bus ini, kalian 'hanya' perlu membawa botol atau gelas plastik bekas minum. Mau bayar pakai uang? No! Kalian akan ditolak!

Kenapa aku pakai tanda kutip di kata 'hanya'? Karena perjuangan mendapatkan botol itu yang cukup susah, wkwkw. Selain karena kami sering bawa air sendiri dengan botol sendiri (ceritanya biar hemat plus zero plastik gengs), kami juga tidak tahu harus mendapatkan di mana. Toh kami orang baru di sini.

Beruntung kami ngekos di warung yang nyediain air minum mineral (sekadar info rata-rata warung di sini manfaatin air mineral aja untuk air minum pembeli, kalau di kotaku mereka menyediakan air galon dan gelas).
Keberuntungan lain adalah kami menemukan suatu kondisi saat ramai-ramainya penyambutan Maba di suatu kampus, botol bekas berseliweran. Jadilah kita mulung secara temporer, hehe.

Memang harus banyak ya botolnya? Lumayan sih! Ketentuannya ini :
1 TIKET =
3 Botol Besar ukuran 1,5 l atau
5 Botol Sedang ukuran 600 ml, atau
10 Gelas Plastik ukutan 200 ml.

Itu baru 1 tiket lho. Jadi kalau mau balik naik bus lagi ya harus sediain botol lagi, hehe.

Nah langsung aja cerita pengalamannya deh. Tanggal 14 Agustus 2019 kemarin, tepatnya hari sabtu, kami sudah percaya diri dengan jumlah botol yang kami bawa untuk bolak balik sampai ke rumah kembali. Kami akhirnya menuju halte di kampus. Motor kami titip di suatu tempat di kampus dengan biaya parkir 3 ribu.


Saat nge-drop kami di halte (saya dan si kecil), suami lekas menuju tempat parkir. Terlihat sudah ada rombongan orang-orang yang juga ingin naik bus. Tahunya tentu dari tentengannya dong wkwk. Ada yang bawa sampai 2 plastik besar berisi botol.

surabaya bis
Para penumpang yang ingin naik (dokpri)

Tips dari kami (ide suami sebenarnya) :

bis surabaya
Tas kain berisi botol pastik (dokpri)
Kebetulan bawa tas kain dari Banjarmasin. Dimanfaatin buat nyimpen botol biar enggak terlalu mencolok gitu dong. Emang muat? Muat, kalau dikempesin botolnya, hihi. Diplintir gitu tau kan? Jadi tetap bisa bawa banyak botol tanpa repot.

Tips lain :

Kalian bisa menukar dulu di tempat penukaran botol. Nanti akan dapat stiker yang bisa ditukarkan menjadi tiket.

Kami pribadi baru tahu itu di bus saat bertanya pada salah satu penumpang. Tapi tempat penukaran juga agak jauh sih dari rumah.

Lanjut deh sekitar 2 menit di-drop, langsung tiba busnya. Suatu keberuntungan lain lagi mengingat armada masih sedikit yang jalan. Jadi waktu menunggu bisa jadi lama apalagi busnya singgah di banyak halte.

Semua orang-orang yang menunggu sudah masuk bus. Tapi suami belum datang dari parkiran. Inisiatif deh langsung menuju ke depan nanyain sopirnya :

"Pak bisa tunggu bentar? Suami lagi markir motor di belakang"
"Lama enggak?"
"Bentar aja Pak"

Sambil was-was. Semoga aja suami baca wa tadi kalau bus udah datang. Sempat juga saya menanyakan kapan bus berikutnya datang. Tapi pak supir menyarankan naik bus ini aja.

Akhirnya suami datang juga. Saya naik dari depan, dan suami dari belakang (pintu masuk perempuan dan laki-laki beda ya). Lagi rame banget sampai harus berdiri. Untungnya ada yang nyerahin tempat duduknya buat Aurora.

Di bus pertama ini kami enggak dimintain plastiknya, langsung naik aja. Kami ditanyain berapa orang, saya jawab 2 orang. Lalu kami diberi tiket.

Petugas atau saya manggilnya kenek, hehe, memegang semacam alat print gitu, ukuran 2 tangan agak panjang. Ngetik-ngetik kayak kalkulator langsung deh keluar tiketnya.

bus suroboyo
foto tiket (dokpri)


Di tiket itu tertulis masa berlaku yaitu 2 jam sejak tiket di-printkan. Jadi aman kalau turunnya cepet, dan belum 2 jam, kita bisa naik lagi bus berikutnya tanpa bawa botol.

suroboyo bus
Kenek yang nyetak tiket (dokpri)

Kami total naik Bus 4x. Dari Unesa menuju ke tugu monumen pahlawan 10 November, dibutuhkan 2 kali naik bus dengan tiket yang sama. Lalu dari monumen mau ke ITS. Naik bus sekali. Kemudian karena cukup jauh busnya belum datang dan sudah mau magrib kami akhirnya memilih naik grab ke ITS. Setelah magrib, dari ITS menuju Unesa naik bus lagi.
bis surabaya
Suasana di dalam bus (dokpri)

Tentang Suroboyo Bus

Fasilitas buat ngecas (dokpri)
Dikutip Dari Wikipedia, Suroboyo Bus adalah salah satu transportasi bus berbasis bus rapid transit yang berada di Kota Surabaya. Suroboyo Bus diluncurkan oleh Tri Rismaharini pada tanggal 7 April 2018 di gedung Siola. Bus ini mampu mengangkut sebanyak 67 penumpang. Jam operasional Suroboyo Bus dimulai pukul 06.00-22.00 WIB. 

Kantor pusat: Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Operator: Pemerintah Kota Surabaya
Operasi dimulai: 7 April 2018
Lokal: Surabaya
Jumlah baris: 2
Jenis transportasi umum: Bus Rapid Transit
rute bus surabaya
Gambar : surabaya.go.id


RUTE DAN HALTE BUS SURABAYA

halte suroboyo bus
Salah satu halte (dokpri)

bus suroboyo
Suroboyo bus (dokpri)

1. Rute Utara - Selatan (PP) di bagi menjadi dua, yaitu untuk Suroboyo Bus (SB) dan Suroboyo Bus Tumpuk (SBT) :

Rute Surabaya Utara - Selatan (PP)
Suroboyo Bus (SB) Rute Utara - Selatan
Start Halte Purabaya - Halte Dukuh Menanggal - Halte Siwalankerto - Halte Taman Pelagi - Halte RS Bhayangkara - Halte UBHARA - Halte PUSVETMA - Halte Wonokromo - Halte Joyoboyo - Halte Museum BI - Hale Rumah Sakit Darmo - Halte Pandegiling - Halte Basra - Halte Kaliasin - Halte Embong Malang - Halte Blauran - Halte Pringadi - Halte Pasar Turi - Halte Masjid Kemayoran - Halte Indrapura - Halte Rajawali.

Suroboyo Bus (SB) Rute Selatan - Utara
Start Halte Rajawali - Halte Jembatan Merah - Halte Veteran - Halte Tugu Pahlawan - Halte Alun Alun Contong - Halte Siola - Halte Tunjungan - Halte Simpang Dukuh - Halte Gubernur Suryo - Halte Pangsud - Halte Sono Kembang - Halte Urip Sumoharjo - Halte Pandigiling - Halte Mojopahit - Halte Darmo - Halte Marmoyo - Halte Joyoboyo - Halte RSAL - Halte Margorejo - Halte UIN - Halte Siwalankerto - Halte Kerto Menanggal - Terminal Purabaya.

Rute Suroboyo Bus Tumpuk (SBT) Rute Utara - Selatan
Start Halte Purabaya - Halte Dukuh Menanggal - Halte Siwalankerto - Halte Taman Pelagi -Halte RS Bhayangkara - Halte UBHARA - Halte PUSVETMA - Halte Ketintang - Halte Joyoboyo - Halte Museum BI - Halte Rumah Sakit Darmo - Halte Pandegiling - Halte Basra - Halte Kaliasin - Halte Embong Malang - Halte Blauran -Halte Pirngadi.

Rute Suroboyo Bus Tumpuk (SBT) Rute Utara - Selatan
Start Halte Alun Alun Contong - Halte Siola - Halte Tunjungan - Halte Simpang Dukuh - Halte Gubernur Suryo - Halte Pangsud - Halte Sono Kembang - Halte Urip Sumoharjo - Halte Santa Maria - Halte Darmo - Halte Marmoyo - Halte Joyoboyo - Halte RSAL - Halte Margorejo - Halte UIN - Halte Jemur Ngawinan - Halte Siwalankerto - Halte Kerto Menanggal - Terminal Purabaya.

2. Rute Surabaya Barat - Timur (PP) hanya dilalui Suroboyo Bus (SB) :
Rute Barat - Timur
Start Jalan Mayjen yono suwoyo - Jalan Ir Muhammad - Jalan Mayien Sungkono - Jalan Adityawarman - Jalan Kutai - Jalan Bengawan - Jalan Raya Darmo - Jalan Urip Sumohario - Jalan Embong malang - Jalan Blauran - Jalan Praban - Jalam Tunjungan - Jalan Gubenur Suryo - Jalan Yos Sudarso - Jalan Walikota Mustajab - Jalan Prof Dr Moestopo - Jalam Dramawangsa - Jalan Kertajaya - Jalan Manyar Kortoarjo, Jalan Kertajaya lndah - Bundaran ITS

Rute Timur- Barat
Bundaran ITS - Jalam Kertajaya indah - Jalan Manyar Kertoarjo - Jalan Kartajaya - Jalan Darmawangsa - Jalan Prof. dr Mustopo - Jalan Gubeng Pojok - Jalan Pemuda - Jalan Panglima sudirman - Jalan Urip Sumoharjo - Jalan Raya Darmo - Jalan Bengawan - Jalan Kutai - Jalan Adityawarman - Jalan Mayjen Sungkono - Jalan HR Muhammad - Jalan Mayjen Yono Suwoyo.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya membuka rute baru Suroboyo Bus di jalur MERR. Rute baru yang ditunggu-tunggu ini resmi beroperasi mulai 17 Agustus 2019. (Infosurabaya.id)
rute suroboyo bus
Gambar : idntimes.com


Peraturan dalam bus (dokpri)

bus surabaya
Tampak dalam Bus. sumber : jawapos
di dalam Bus (dokpri)

Tempat untuk menyerahkan sampah botol plastik (dokpri)


O ya Suroboyo Bus, beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 22.00 WIB. Tapi biasanya setelah salat Isya atau sekitar jam 7 malam, bus sudah tinggal sekali putaran. Apalagi di saat macet, sekali putaran bisa mencapai 2 jam. Tak jarang pukul 21.00 sebenarnya bus sudah tidak beroperasi lagi. 

Di mana tempat penukaran botol Bus Surabaya?

Jika ingin menukarkan botol untuk dijadikan tiket, bisa di halte-halte yang mendukung, dulu hanya halte rajawali, sekarang sudah ada halte lain yang bisa (biasanya dijadikan tempat pemberhentian sementara atau tempat transfer penumpang ke Bus lain.

Update 2020 : Suroboyo Bus Tambah Lokasi Penukaran Sampah Plastik untuk Tiket (liputan6.com)

Surabaya Utara :
1. Terminal Kasuari (Senin - Minggu / 07.00 - 16.00)

Surabaya Timur :
1. Kantor Kecamatan Sukolilo (Senin, Selasa, Rabu, Sabtu, Minggu / 08.00 - 16.00)
2. Sentra UKM Merr (Senin - Minggu / 07.00 - 16.00)
3. Kantor Kecamatan Gunung Anyar (Senin - Jumat / 08.00 - 16.00)
4. Tempat Parkir Arif Rahman Hakim (Senin - Minggu / 07.00 - 16.00)
Surabaya Selatan :
1. Kantor Kecamatan Wiyung (Senin - Jumat / 08.00 - 16.00)
2. Terminal Purabaya (Senin - Minggu / 07.00 - 16.00)
3. Park n Ride Mayjend Sungkono (Senin - Minggu / 07.00 - 16.00)

Fasilitas Bus Surabaya :

  • Ada bus yang 2 tingkat (enggak semua)
  • Tempat duduk cukup nyaman dan ada pegangan
  • Tersedia tempat untuk lansia
  • Bisa cas hp dengan kabel data yang tersedia
  • Ber-AC jari tetap sejuk selama perjalanan

Aplikasi Bus Surabaya:


Mereka juga sudah memiliki aplikasi Suroboyo Bus. Bagusnya, aplikasi tersebut sudah pakai maps (bukan google maps sih), tapi lumayan untuk mengetahui di mana letak halte, rute dan di mana posisi bus. Kita jadi tahu apakah kita akan menunggu lama atau tidak.

Pelayanan:
Pelayanan sangat baik. Petugasnya menjelaskan dengan baik kalau kita bertanya ingin ke mana dan sebaiknya turun di mana. Apalagi bisa ke tempat wisata dengan biaya yang bisa dibilang hampir gratis kan juga sebuah pelayanan luar biasa, hehe.

Yang perlu diperhatikan :
  1. Setiap bus agak beda penyerahan botolnya. Di bus pertama, karena kita mulai pada titik awal, busnya tidak menyediakan sama sekali tempat botol. Namun ada satu halte yang istirahatnya agak lama. Di sana ada tempat sampah yang diletakkan langsung di depan pintu untuk kita setor. Sedangkan bus kedua, tenpat sampah botolnya terletak di dalam bus, jadi langsung serahin botolnya di situ.
  2. Tempat duduk wanita di depan, pria di belakang. Tapi karena kami keluarga saya biasanya duduk di belakang. Jumlah kursi memang lebih banyak di belakang.
  3. Dilarang makan dan minum di dalam bus
  4. Dilarang bawa durian
  5. Ada sekitar 4 CCTV, jadi yang berniat jahil siap-siap dengan resikonya.
  6. Pantau terus aplikasinya jangan sampai terlewat busnya karena armada tidak banyak
  7. Perjalanan dengan bus ini tidak untuk orang yang buru-buru, hehe. Karena cukup memakan waktu yang lama dengan seringnya singgah di halte dan jalan yang tidak sampai 50km/jam.

Nah itu dia pengalaman pribadi naik Suroboyo Bus dan disertai rute, halte maupun tempat di mana penukaran botol. Seru, meski kadang harus nunggu lama. Seperti kali kedua kami sampai 2x kelewatan bus, wkwk. Jadi sempat nongkrong di mall dulu kebetulan ada halte juga dekat kampus. Busnya nyaman ber-AC, enggak ada yang merokok tentunya. Kadang lancar tapi kalau malam minggu macet parah. Yah begitulah namanya juga di kota.

Ada yang pernah naik bus tayo juga?

Sincerely,

Triyatni

Sumber rute : https://jatim.tribunnews.com/2018/12/05/daftar-rute-halte-dan-jam-operasional-

Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Aku tuh pengin banget cobain naik bus Suroboyo ini, Mbak. Padahal sering ke Surabaya, tapi nggak pernah dapat kesempatan untuk sekadar cobain. Semoga next time bisa cobain, dan aku baca tadi ada aplikasinya, ya, aku kira kita harus nebak-nebak aja jam rute di tiap haltenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya ayo Mbak. Banyak banget yang memang belum cobain. Tapi rame juga udah sih lumayan. Iya download app dulu aja Mbak

      Hapus
  2. Trayek bus nya lumayan nih mbak, apalagi yang ingin melajukan perjalanan wisata bisa memanfaatkan bus suroboyo ini sekaligus untuk bijak dengan plastik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mbak. Bisa kemana aja nih pake Bus-hampir gratis-hhe

      Hapus
  3. Wah, ini menarik banget Mbak konsep busnya. Tahun lalu ke Surabaya cuma sehari, enggak sempat ke mana-mana selain ke paman. Jadi kepengin nyoba juga kalau ada kesempatan ke sana lagi, makasih banget Mbak, review-nya komplet dan ada tipsnya pula. Jadi bisa nyusun agenda lebih pas kalau tiba waktunya ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Nbak. Semoga nanti bisa nyoba Busnya kalau ke sini ya 😄

      Hapus
  4. Aku yang deket surabaya aja belum pernah naik ini huhuhu, sedih deh. Tapi bisnya keliatan bersih banget ya, Mbak, nyaman dan ramah keluarga gitu. Jadi gak bakal was was gitu kalo bawa anak. Pan kapan kalo ke Suroboyo kudu jajal naik ini nih.

    BalasHapus
  5. Aaaaah Keren surabay. Kapan nih Jakarta bisa memanfaatkan botol plastik utk tiket transportat.

    BalasHapus
  6. Dilarang bawa durian :"
    Yaa..........wkwkwkwkw.

    Sayaa nih orang Jawa Timur, Sidoarjo, ga sampai sejam ke Surabaya. Tahu tentang bus ini juga udah dari tahun lalu. Direncanain dari kapan tau mau nyobain bareng keluarga ga jadi-jadi karena banyak hal. Biasalah, kan deket jadinya ga ngoyo.

    Saya jadi inget di Belanda tuh kak. Botol plastik bukan utk naik bus gratis sih, tapi bsia dituker sama uang tunai. Kalau di Indonesia ada, pada jadi 'pemulung' temporer semua kali xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Sidoarjo Mbak? Belum pernah jalan ke sana. Hehe iya nanti ada kesempatan dicobain deh Mbak. Emang banyak orang Jatim belum nyoba kayaknya wkwk.

      Di Belanda gitu Mbak? Wah seru. Aku pasti ikutan ngumpulin terus haha

      Hapus
  7. Saya 4 tahun di Surabaya mulai dari 2009-2013, sayangnya belum ngerasain nih inovasi baru dari Surabaya ini. Seru sih ya kita kalau mau naik bus harus nabung atau cari botol-botol bekas dulu hehehe. Beneran mengajarkan masyarakat untuk cinta sama lingkungan dan gak sembarangan buang botol pelastik sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya belum ada Suroboyo bus tahu iu ya Mbak. Bener ngajarin kita buat 'jagain' botol plastik hehe

      Hapus
  8. Makasih ya mbak dikasih treknya, soalnya kebetulan aku guru tk dan nanti puncak tema kendaraan.kita akàan naik bis itu. Makasih kak... jdi g perlu ribet buat tanya -tanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Lebih lengkap bisa download saja aplikasinya biar enak nunggu busnya tahu udah di mana

      Hapus
  9. Waaa seru ya! Aku malah belum pernah nyoba naik busnya. Mungkin nanti kalau
    lagi ke Surabaya mau coba 😁 Oh ya ini tuh sampah plastik yang dikumpulin
    akan dikola sama pemerintah atau gimana ya? Penasaran aja gitu sama sampah
    yang didapet. Kan pasti banyak tuh per harinya.. itu diapain ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada bank sampah khususnya emang Mbak. Jadi emang dikumpulin nanti di satu tempat katanya

      Hapus
  10. Unik banget sih beli tiketnya pakai botol palstik bekas, kalau di Jakarta udah buanyak botol bekas seperti itu.
    Dan bus nya mirip seperti bus transjakarta ya, bersih dan rapih.komplit juga info rutenya nih, mau coba juga kalau pas ke Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba. Busnya nyaman. Mungkin karena masih baru kali ya hehe. Iya nanti dicobain aja Mbak

      Hapus
  11. Berhrap soon programnya dikota yogya mbaa

    BalasHapus
  12. Wah keren tiketnha pakai botol plastik yah. Keren programnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mbak. Semoga di kota lain juga nyusul hehe

      Hapus
  13. Pernah lihat waktu lewat Siola tapi belum pernah coba naik bus ini nih. Btw, sempat ada isu botol plastiknya jadi numpuk di tempat penukaran. Gimana tuh sekarang?
    btw, maaf ya iklan di kanan kiri nutupin sebagian tulisan. Ga bisa ditutup.

    BalasHapus
  14. aku tuh kalo inget jawa timur, pasti sangat bersahabat sama bis-bis cepat kayak M, SK, E dan lain-lain. Eh ini udah ada bus angkutan gitu dan bagus euy design interior nya

    BalasHapus
  15. Wah keren bgt ini ya,, aku belum ke Surabaya lagi sih udah lama... pokonya nanti kalo ke sana harus cobain deh biar ga penasaran.. seru ya jalan2 sama suami & anak,,, aku mau juga nanti begitu :D

    BalasHapus
  16. Ada halte bus-nya di Unesa? Yang di Unesa mana mbak?
    Terakhir pas ke Surabaya belum berkesempatan naik bus ini. Moga next kalau ke Surabaya lagi bisa keliling naik bus ini. Oh iya kalau anak kecil "bayar" pakai botol sendiri atau gimana ya mbak? Atau ada batasan minim usia berapa harus udah bayar?

    BalasHapus
  17. Aku selalu terharu tiap kali baca postingan tentang bus surabaya ini. Rasanya kok kdren sekali, dibayar pakai botol olastik.

    Mudah2an kalau kami mampir surabaya, bisa ngerasain ini yaa

    BalasHapus
  18. Keren ya, moga di Jakarta bisa diadakan bus serupa. Kepikiran, apakah yang naik bus hanya untuk wisata ya seperti bus tingkat pariwisata di Jakarta? Mengingat harus bawa sampah botol plastik

    BalasHapus
  19. Informatif banget Mba. Makasih. Buat aku yang suka nyobain naik transportasi umum waktu traveling membantu banget. Bahkan baru tau kalau di Surabaya udah punya semacam subway itu. Btw, bayar pake botol plastik mungkin salah satu cara untuk menanggulangi sampah2 plastik juga kali ya,

    BalasHapus
  20. Waaah. Keren amat. Heemmm. Selama ini syaa kemana ya. Kok baru tahu. Layak dapat penghargaan nih Bu Risma. Semoga daerah lain bisa megokmeng jejaknya.

    BalasHapus
  21. Wajib banget nih kalau main-main ke Surabaya. Saya harus coba naik bus ini. Mudah-mudahan nanti di Jakarta juga ada seperti ini.

    BalasHapus
  22. Di Padang juga ada sistem begini Mbak, pemkot yang buat. Bawa botol plastik dan bisa naik bus buat jalan-jalan di kota. Tapi biasanya di akhir pekan aja sih

    BalasHapus
  23. February nanti mau ke Surabaya, salah satu list to do pengen nyobain ini neh, seru banget nampaknya dan jadi pengalaman baru buat aku

    BalasHapus
  24. Ide cemerlang buat ngurangin sampah plastik. Mungkin di Surabaya ga bakal ditemuin botol plastik yang nganggur. Langsung dip7ngut deh sama orang-orang. Mayan buat onkos bus.

    BalasHapus
  25. Koq keren siih ini. Aku belum nemu nih, di Bandung ada engga yang kayak gini. Secara, aku ngumpulin botol plastik. Haha...Bener dikempesin aja, biar ringkes. Kan mayan, bisa jalan-jalan...

    BalasHapus
  26. Aku baru ini. Dan aku gak pernah naik. Padahal rumahku di malang. Kan dekat sebenarnya. Informatif artikelnya mbak👍

    BalasHapus
  27. Ini kreatif bener ya, tapi lumayan juga kalo harus bawa 6 botol besar jika mau PP. Memang mau gak mau harus tukar dulu sama stiker, jadi dah melenggang aja pas naik bus.

    BalasHapus
  28. Seru juga ya, ternyata ada mobil yang hanya mau dibayar dengan botol plastik bekas. Dengan cara seperti itu setidaknya secara langsung telah memberikan kesadaran pada warga masyarakat surabaya akan kebersihan lingkungan dan bagaimana cara pemanfaatan botol plastik agar tidak dibuang sembarangan

    BalasHapus
  29. Idenya unik dan kreatif...terus yang jarang pake botol plastik seperti saya yg sering menggunakan tumbler gmana kak? ... paling kayak kk nya jadi nyari2 botol bekas dulu ya

    BalasHapus
  30. Wah, ini lama-lama kotanya bisa bebas sampah kemasan botol air mineral ya..boleh juga idenya. Nanti kalau masyarakat sudah biasa membawa air minum sendiri, tiket naik bisnya bisa diganti barang bekas yang lain mungkin ya..

    BalasHapus
  31. beneran ini mbak, ada bis yg bayar pakai botol plastik? baru tau aku. agendakan ah sama anak anak ke suroboyo. mumpung di rumah banyak botol plastik bekas.makasih infonya mbak.

    BalasHapus
  32. Lah baru tau aku, unik juga ya sistem pembayarannya. Tapi yg repot kalau kita memang minim menggunakan botol plastik.

    Atau perlu nyari2 dulu nih di tempat umum siapa tau ada yg buang botol plastik? Haha

    BalasHapus
  33. belum keturutan naik ini, padahal pengen. Kadang kalo abis minum, botolnya langsung buang aja hehehe

    BalasHapus
  34. Anak saya sampai bosan diajak naik Suroboyo bus ini, dia maunya naik bus tingkat tapi nggak pernah bisa kebagian, karena naiknya dari Bungurasih :D
    Kalau yang jurusan ke ITS itu pernah sekali kami naik dari depan TP, turunnya di Unair, tapi waktu itu kok ya nggak bayar ya? hahaha

    BalasHapus
  35. Seru ya naik bus Suroboyo ini, bayarnya pakai botol plastik.
    Inovatif banget idenya.

    BalasHapus
  36. bisnya berhenti diunesa kira2 jm brp ya kak?, dan berhenti di halte sma 4 kira2 jm brp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Kak. Kalau aku pengalaman dari pagi stanby aja (sekitar jam 7-9 pagi). Busnya datangnya random tapi sudah mulai jalan start jam 6 dari pusat. Sebaiknya Kakak instal aplikasinya jadi tahu di mana letak busnya berada.

      Hapus