MASIGNASUKAv102

"Berapa jam ke sana?"
"2 jam naik kereta"
"Mau!"

Lama banget pengen nulis ini tapi gak sempet-sempet (ngaku aja malas mak!) Pengalaman luar biasa mengunjungi kota Malang & Batu. Sebenarnya di Malang cuma numpang di stasiun dan tamannya aja sih, ehe. Karena waktu yang tidak cukup banyak, kami lebih banyak menjelajahi Kota Batu.

Sempat jadi, tidak, jadi, tidak ke Malang. Tapi akhirnya kami yang waktu itu di Surabaya memutuskan untuk wisata ke Kota Malang. Ya mumpung di Surabaya kan. Saat itu memang hanya 2 bulan, menemani suami kuliah profesi guru di salah satu kampus negeri di Surabaya. Jadi memanfatkan sekalian bisa menjangkau banyak tempat dengan kereta, kenapa tidak? Apalagi wisata di Surabaya juga sudah cukup sering kami kelilingi jika akhir pekan tiba (suami libur kuliah).

Saatnya berwisata ke Malang dan Batu yeaay ...

Bismillah

Hari Sabtu tanggal 7 September 2019 di pagi hari, kami memulai perjalanan. Waktu itu pesan taksi online untuk menuju stasiun. Kurang lebih setengah jam kami tiba di sana. Jujur ini pertama kalinya lagi saya naik kereta setelah sekian lama. Terakhir tahun 2009. Itu pun sudah lupa bagaimana beli tiket zaman itu. Sekarang serba canggih, bisa beli dengan mudah melalui online. Seperti halnya pesawat, kereta juga punya tiket boarding.

Saat itu ada mesin otomatis untuk mencetak tiket. Karena tintanya habis, kami akhirnya minta bantuan petugas. Alhamdulillah masih ada cukup waktu untuk menunggu kereta tiba.

kereta api ekonomi
kereta api ekonomi image : dokpri

Memasuki kereta, sungguh takjub dengan kelas ekonomi yang kami dapatkan. Tempat duduknya seperti halnya pesawat atau bus. AC-nya juga nyaman. Perjalanan tidak terasa dalam 2 jam. Kami tiba di Malang sekitar pukul 11 siang.

Sesampainya di Malang, kami sempat foto-foto dulu di stasiun. Kami berencana berwisata menggunakan sepeda motor pinjaman alumni yang kuliah di sana (terima kasih ya Nurul Aulia Maulida, berkat dirimu kami bisa berkeliling dengan mudah, semoga Allah melancarkan segala urusan dan rezekimu 😘, aamiin).

Taman Stasiun Malang

Sembari menunggu, kami akhirnya main ke taman stasiun Malang. Cukup berjalan kaki ke depan stasiun. Sebuah taman yang cukup tertata, ada tempat bermain untuk balita. Uniknya lagi meski kondisi di taman dan outdoor, tempat bermain tersebut tetap mengutamakan kebersihan dengan adanya pelarangan menggunakan sepatu saat masuk wilayah bermain. Betapa senang si kecil. Di tempat tersebut ada banyak perosotan dan eksplorasi panjatan untuk balita. Sangat pas sambil menunggu dan makan gorengan.

Jatim Park 3, Batu

funtech plaza jatim
emaknya ikut main dong image:dokpri

Setelah mendapat motor pinjaman, dengan masih membawa tas berisi pakaian, kami menuju Jatim Park 3. Kami tiba di sana sekitar Duhur. Melihat harga tiket yang lumayan wau dengan paketan, dan tidak selaras dengan waktu yang amat sempit, kami akhirnya memilih satu wahana yang pas untuk bermain bersama. Yaitu funtech plaza. Di sana seru banget! Semua permainan berbentuk virtual. Jadi main game itu berasa terjun langsung ke arena permainan.

Suami juga sempat bertemu teman-teman guru lainnya yang juga berwisata ke sana. Mereka rombongan menyewa mobil. Kenapa suami gak ikut? Karena hanya suami yang bawa keluarga, wkwkw.

Paralayang, Batu

paralayang batu
pemandangan yang cantik, image : dokpri

Sekitar jam 4 sore, kami menuju penginapan check-in dan untuk istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Setelah makan di salah satu warung dekat penginapan, sekitar jam 5 sore, kami langsung menuju tempat wisata paralayang. Tempat di mana orang-orang bisa menyaksikan langsung kegiatan paralayang. Seru, dan dingin tentunya.

Batu Night Spectacular (BNS)

BNS
BNS, image : dopri

Setelah melewati Magrib di atas bukit paralayang, kami menuju BNS kota Batu. Tempat wisata yang hanya buka di malam hari. Kami gak sempat masuk, hanya melihat-lihat di bagian luar. terlihat banyak sekali wahana di dalam dengan hiasan lampu-lampu yang gemerlap. Harga tiket sekitar 100 ribuan jika ingin masuk.

Alun-alun Kota Batu

alun-alun batu
Alun-alun Batu

Setelah puas berfoto depan BNS (yang penting dapat foto kan ya? wkwkw), kami pun menuju Alun-alun Kota Batu. Enaknya di sana banyak jajanan pinggir jalan yang menggoda selera. Kami pun memesan cemilan yang bisa menemani suasana malam di alun-alun kota Batu. Suasanyanya mirip pasar malam banyak jualan. Ke sini tiketnya gratis. Sempat juga ada pertunjukan musik tradisional di sana.
Bertemu alumni yang tinggal sekitar Malng & Batu, iamge : dokpri

Setelah dari alun-alun, suami ada janji untuk bertemu beberapa mantan murid alias alumni sekolah tempat suami mengajar. Kami akhirnya nongkrong di sebuah kafe yang terkenal akan minuman coklatnya. Sampai jam 11 malam dan duduk di lantai 3. Bayangkan betapa dinginnya saat itu.
Alhamdulillah si kecil tetap ceria dan hanya tidur saat perjalanan di motor. Selama di kafe dia asyik bermain kesana-kemari.

Kusuma Agrowisata, Batu, Jatim

jatim park 3, image : dokpri

kebun apel batu kusuma agrowisata
kebun apel, image : dokpri

Cukup lelah di malam hari, kami langsung beristirahat untuk memulai perjalanan besok pagi. Kami berencana mengunjungi perkebunan Kusuma Agrowisata. Tempat rekomendasi sahabatku sekaligus memang sangat dekat dengan penginapan. Ternyata banyak wisata yang bisa dilakukan di sana. Tidak hanya memetik buah di kebun, tapi ada juga wahana waterboom dan tempat berfoto instragamable.

Sangat seru hingga kurang lebih pukul 11 kami menuju hotel untuk checkout dan segera menuju stasiun. Sebelumnya juga saya ada janji akan bertemu teman komunitas Kak Lintang & Kak Jihan (Founder & admin @gerakan_1week1book) di sana. Alhamdulillah sempat ketemu meski sebentar. Karena saya yang telat datang sedangkan mereka rela menunggu, huhu. Maafkan saya yang sampai sekarang merasa berdosa membuat kalian menunggu.

Ditambah si Nurul Aulia yang kami pinjam motornya juga harus mendadak ke stasiun untuk jemput motornya. Maaf ya sayang. Karena keasyikan liburan jadi lupa ngabarin kami mau pulang 😰

Akhirnya tidak berapa lama kereta kami datang. Keretanya sedikit berbeda saat kami berangkat. Ternyata diskon sangat murah yang kami dapatkan sebanding dengan keretanya. Kami tidak tahu soal itu sebelumnya hehe. Padahal sama-sama kelas ekonomi.
KAI
Si kecil tanpa lelah bolak balik gerbong, image : dokrpi
Sungguh pengalaman luar biasa dalam sehari semalam berkeliling menggunakan motor pinjaman. Alhamdulillah si kecil sehat dan sangat ceria mengikuti perjalanan wisata kemarin. Semoga ada kesempatan ke sana lagi untuk eksplor tempat wisata Malang dan Batu. Saya sangat suka di sana karena cuacanya yang dingin. Berasa ingat Toraja, hehe. Semoga nanti tidak buru-buru lagi dan bisa menikmati wisatanya dengan santai. Aamiin

Special thanks buat suami yang sudah ngajakin honeymoon tipis-tipis di sana. Meski wisatanya hanya sehari, tapi kita bisa berwisata bersama itu sudah kesyukuran luar biasa. Lope youuu 😗

by www.pohontomat.com
Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

1. Waktu aku ke Malang, Jatim Park 2 aja kayaknya baru dalam tahap pengembangan, sekarang udah ada Jatim Park 3 ya. Wah, tiketnya itu ada per wahana sama ada tiket terusan gitu ya?

Kalau yg ke Taman agrowisata belum pernah nih, kalau nanti ke Malang bisa deh ke tempat itu

2. Love you too. #lhah
    Aku termehek-mehek sama narasi penutupnya.
    Contekable ini Mbak, jalan-jalan sehari dan tuntas sudah Kota Batu Malang.

BalasHapus
  3. Duh Mba Tri, beneran ini 6 obyek dilahap sehari? Hihihi. Dulu aku ke Jatim Park aja seharian, malamnya ke BNS. Itu udah capek banget, soalnya pengen nikmatin semua.

4. Wah kalo batu malang serasa gak ada habisnya ya Mba dijelajahi.

Aku suka sama wisata petik buah apel. Anak-anak pasti excited banget buat petik sendiri apel yang sudah matang..

BalasHapus
  5. Saya yg di Malang juga lebih sering wisata ke Batu. Gak bosen-bosennya. Karena ada wisata yang baru bermunculan

6. Waaaa aku kangen banget ke Batu
    Terakhir main ke kebun apel, mengelilingi kota Batu itu tahun 98
    Duuuh sudah lama sekali euy
    Kapan-kapan mau ke sana lagi bareng keluarga
    Setelah wabah virus corona berlalu tentunya

BalasHapus
  7. Aku ke Malang baru 2x. Dari tempat2 di atas baru coba alun2 batu. Malang memang loveable banget, udaranya enakk..jauh dari sesaknya Jakarta. Semoga segera berakhir drama corona ini, supaya bisa jalan jalan kesana hehe

8. Kebun buahnya bikin penasaran loh mba secara aku suka acara panen buah gitu. Rasanya punya kebun sendiri ya.

9. Malang itu selalu menarik untuk dikunjungi. Ada banyak tempat wisatanya.

BalasHapus
  10. akutuh punya memori yg seru waktu ke Kusuma Agrowisata itu, dulu sama sekeluarga sewaktu aku masih kuliah di Malang, seru banget bisa ATV an gitu. Jatim Park di Batu juga udah kece banget

11. wah seru bangeeet pasti bisa menjelajahi berbagai tempat di malang sampai batu, dulu pernah keliling jatim park itu aja udah gempor belum sempat jelajahi lagi yang lain, hihi. jadi pengen balik lagi ke malang nih.

12. Awal-awal wisata kota Batu diperkenalkan ke khalayak saya sudah pengen ke sana, tapi memang belum ada kesempatan dan alasan kuat untuk bisa jalan ke Malang. Padahal ya banyak destinasi wisata keren di sana

13. Noted. Moga bisa ke Malang dan tulisan ini jd acuan hehe
    Tq sharingnya

14. Masyaallah dedenya gemesh. Waah seru deh yang kulineran di alun-alun batu Malang. Tapi keliling Jatim park jug seru sih sama yang mba sekeluarga petik apel itu menggoda diriku untuk suatu hari ingin ke sana juga, ke Malang :)

BalasHapus
  15. Wah saya baru sekali ke Malang, jalan² ke Unibraw, hehe... Sempet juga ke kebun apel. Ada apelnya kecil² kriuk² lohh rasanya hehe... Next time pingin pergi barengan suami n anak² ke Batu, Malang ini. Oh Corona lenyaplah, agar kami semua lega dan bisa on vacation, huhuu

16. Aku ke Malang cuma bisa cover beberapa tempat aja dalam sehari. Itupun malamnya harus nge STMJ dlu biar besok fit lagi. Keren ini mah 24 jam bisa ke banyak tempat.

17. Wah ini kejar tayang 6 lokasi ini capek banget.. Btw, agak sedikit beda dengan saya Mba. Saya dan keluarga kami, biasanya hanya mensetting satu hari itu hanya 2-3 lokasi saja. Misalnya, pagi ke Jatim Park 2 dan sore hingga malamnya ke museum angkut. Itu udah lempohhh... Gak sanggup lanjut ke BNS ahahhaha.

BalasHapus
  18. Baru beberapa nih yang dieksplore di Batu. Tiap-tiap nambah wahana. Nanti deh, kalau virus udah reda, bias nih jalan-jalan lagi ke Malang. Naik KA sih biasanya dari Bandung

19. Jatim park 3 sama batu night yg udah pernah... asiikkk..jadi punya alasan untuk berkunjung balik ke malang ya...

20. Wah bisa juga ya 24 jam jelajah Kota Malang mau tak contek nih mba rute wisata nya krna akhir tahun ada rencana juga ke Malang

BalasHapus
  21. Kalau baca tulisan tentang jalan-jalan tuh rasanya kayak gimanaa gitu... Pengen jugaaa.. hahahha
    Apalagi Malang, belum pernah kesana :(

Triii ajakka jalan-jalan~ hahahah

BalasHapus
  22. Emamg bener bgt mbak tri. Ke Malang tuh byk tempat wisata yang berdekatan. Jadi bisa satu kali kayuh 5-6 destinasi wisata terlampaui gtu..
    Wkwkw

23. Jadi pengin juga honeymoon tipis-tipis hehe... apalagi belum ada kesempatan buat naik kereta bareng keluarga. Sekarang emang gitu ya, kelas ekonomi juga memuaskan. Terima kasih KAI sudah berbenah.

BalasHapus
  24. Jadi kangen pengen main ke malang lagi.. sayang, dulu cuma bisa lewat aja setelah dari Blitar..

25. Busyeeeeet ... Keren banget sanggup muterin malang seharian lompat sana lompat sini 🤭
    Tapi emang keren banget sih ya semua lokasinya, jadi sayang kalau sampai ada yang kelewat.