MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Kenali Langkah Pengobatan Diabetes Bersama Diabetasol

Kenali Langkah Pengobatan Diabetes Bersama Diabetasol
Add Comments
11/19/2020
Daftar Isi [Tampil]
pengobatan diabetes

Siapa yang tidak kenal dengan diabetes? Diabetes ini ternyata masuk dalam 10 besar penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia dan sangat mengkhawatirkan. Apalagi prevalensi tiap tahun meningkat. Itu artinya jumlah penderita diabetes juga meningkat.

Para penderita diabetes atau biasa disebut diabetesi ini tidak melulu harus orang tua. Yang muda pun bisa kena. Apalagi ada 2 jenis tipe diabetes yang saat ini cukup banyak penderitanya. Menghampiri mulai anak kecil hingga manula. 

penyakit penyebab kematian

Lalu apa sebenarnya diabetes? Bagaimana pengobatan diabetes yang tepat? Apa yang bisa kita lakukan sebagai keluarga penderita diabetes (caregiver)?

Tentang Diabetes

Mungkin beberapa dari kita termasuk saya hanya kenal kalau diabetes itu “penyakit gula” yang mana kita enggak boleh makan gula berlebihan. 

Sebenarnya, secara sederhana, penyakit diabetes adalah kondisi dimana ada gangguan metabolisme menahun, akibat organ pankreas kita tidak mampu lagi memproduksi insulin secara cukup, atau tidak mampu menggunakan insulin yang telah diporduksi pankreas secara efektif.

proses pencernaan

pencernaan diabetes

"Lalu apa itu insulin?"

Insulin adalah hormon yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan gula darah dalam tubuh. Jadi kalau pankreas dan insulin terganggu, akhirnya kadar gula darah dalam tubuh jadi meningkat.

“Memang kenapa kalau meningkat?”

Jika gula darah meningkat, maka akan terjadi gangguan organ tubuh. Selain itu juga bisa terjadi komplikasi yang akhirnya bisa membuat kita sakit hingga membahayakan nyawa.

“Apakah diabetes bisa disembuhkan?"

Sayangnya tidak. Oleh karena itu penting untuk mencegah dan jika sudah terlanjur didiagnosa, perlu perawatan yang sesuai agar gula darah tetap terkontrol. 

Jenis-jenis Diabetes

Katanya ada 2 jenis diabetes? Tahu soal diabetes kering dan basah? Hmmm, ternyata dalam dunia medis tidak ada pembagian yang namanya diabetes kering dan basah. Yang ada hanya diabetes tipe 1,  tipe 2, dan beberapa tipe lainnya. 

Diabetes tipe 1 adalah tipe dimana kurangnya produksi insulin oleh pankreas. Biasanya menyerang anak usia 4-7 tahun dan 10-14 tahun (kasihan ya 😓). Faktor penyebabnya susah dideteksi, berbeda dengan diabetes tipe 2.

Sedangkan diabetes tipe 2 adalah produksi insulin sudah cukup, namun tidak efektif penggunaannya oleh tubuh. 

Glukosa yang ada tidak berubah jadi energi melainkan menumpuk. Itu bisa disebabkan karena pola makan diabetes yang belum diketahui. 

Faktor penyebab juga bisa jadi karena kelebihan berat badan, kurangnya aktivitas fisik, dan makan berlebihan. Sehingga menyebabkan tidak bisa terbakarnya glukosa menjadi energi. 

Faktor selanjutnya adalah usia yang sudah tua. Juga bisa karena ada hipertensi dan kolesterol yang tinggi.

International Diabetes Foundation (IDF) sendiri mengatakan bahwa 90% penderita masuk dalam diabetes tipe 2. Untuk mengeceknya, perlu dilakukan pengetesan kadar gula darah dalam tubuh menggunakan alat khusus.

Sebenarnya ada lagi jenis diabetes lain. Seperti diabetes pada kehamilan yang biasanya diderita oleh ibu hamil atau biasa disebut diabetes gestasional.

Kenali Pre Diabetes

Diabetes atau nama panjangnya diabetes melitus ini bisa dideteksi menggunakan tes kadar gula darah. Apabila menggunakan tes darah acak, maka jika hasil menunjukkan lebih dari 200mg/dL, bisa diketegorikan sebagai penderita diabetes. 

Namun jika tes darah saat puasa, batasnya pun berubah. Jika gula darah <100 mg/dL maka negatif diabetes. Jika antara 100-125 mg/dL maka ini disebut pre diabetes. Jika lebih 126 mg/dL baru bisa dikatakan diabetes.

Ketika sudah sampai pada tahap pre diabetes, segera lakukan pencegahan agar tidak sampai pada tahap diabetes. Pencegahan bisa dilakukan dengan mengatur pola hidup, pola makan, rajin olahraga, dan segala hal yang berkaitan dengan gaya hidup sehat.

faktor pre diabetes

Papa yang Mengidap Diabetes

Papa saya sudah terkena diabetes sejak beberapa tahun lalu. Dulu, papa suka makan yang manis-manis. Selain itu, porsi yang dimakan pun jumlahnya cukup banyak. Khususnya makan nasi. 

Sebagai pekerja kantoran papa juga jarang olahraga. Hobi kami sekeluarga juga dulu nyobain restoran yang baru buka. Maklum saat itu belum krisis moneter keluarga wkwk.

Sejak menderita diabetes, papa mulai mengurangi porsi makan. Alhamdulillah papa masih bisa berakitivitas seperti biasa hingga saat ini. 

Sebagai anak penderita diabetes, tentu ada ketakutan jika sewaktu-waktu kadar gula darah papa bisa meningkat tajam. Apalagi saya tidak tinggal lagi sama papa sejak SMP karena kedua orang tua bercerai. Jadi tidak bisa mengontrol secara langsung.

bersama dia

Sekarang kami juga tinggalnya di luar kota dan beda pulau. Paling hanya bisa menelpon menanyakan kabar dan mengirimkan sesuatu yang bisa bermanfaat. 

Terkadang saya menyarankan pola makan sehat dan gizi seimbang pada Papa agar tetap dijaga. Untungnya Papa cukup aware untuk menjaga gula darah beliau. 

Secara pribadi sebenarnya juga ada ketakutan jika saya bisa kena diabetes. Namun katanya kemungkinan menurun memang ada namun masih banyak faktor lain yang menyebabkan orang bisa terkena diabetes. 

Semoga saja papa terus sehat, saya dan keluarga juga terus sehat. Teman-teman yang baca ini juga sehat-sehat. Aamiin 😇

Mengikuti Media Briefing Online, “Bersama Diabetasol, Sayangi Dia”

Dalam rangka World Diabetes Day (WDD) 2020 atau biasa disebut dengan Hari Diabetes Sedunia, Diabetasol melaksanakan acara yang bertemakan “Bersama Diabetasol, Sayangi Dia”. Topik kali ini yaitu kampanye tentang pentingnya peran caregiver dan saatnya sadar serta peduli diabetes. 

Kampanye ini adalah bentuk ajakan agar semua pihak mulai dari tenaga medis, kerabat, sahabat dan pastinya keluarga penderita diabetes memiliki peran aktif untuk mendukung diabetesi (penderita diabetes).

Webinarnya dilaksanakan pada tanggal 3 November 2020 kemarin. Dengan 4 Narasumber kompeten di bidangnya. 

WDD sendiri jatuh pada tanggal 14 November 2020. Acara Media Briefing Online tersebut dilaksanakan via zoom yang juga disiarkan live melalui youtube channel Diabetasol. Terdapat banyak rekan jurnalis, media dan bloger yang diundang saat itu. 

pola makan sehat dan gizi seimbang

Tenryata dari Diabetasol sendiri telah melakukan banyak kegiatan CSR berupa bentuk edukasi kepada masyarakat agar semakin paham dengan gejala diabetes dan pengobatan diabetes itu sendiri. 

Apalagi penanganan diabetes ini tidak lepas dari peran langsung caregiver sebagai keluarga atau kerabat yang merawat penderita diabetes. Bentuk edukasi dari diabetasol bukan hanya secara luring (offline) tapi juga secara daring (online). 

Seperti kuliah whatsapp, talkshow seperti yang saya ikuti, juga layanan konsultasi dokter dan nutrisionist. Selain itu banyak edukasi berupa artikel bacaan mengenai diabetes yang ada di website Diabetasol itu sendiri.

nutrisi untuk diabetes

Tidak hanya acara webinar, ternyata Diabetasol juga memiliki rangkaian acara lainnya. Jadi dalam rangka Hari Diabetes Dunia ini, mereka melaksanakan 13 jenis seri edukasi yang telah digelar secara virtual oleh Diabetasol yang bertemakan 4 pilar manajemen diabetes di masa pandemi ini. 

Acaranya pun digelar di 13 area (21 Kota besar di Indonesia) pada tanggal 9 dan 10 November 2020 kemarin. 

Kolaborasi kegiatan ini dilakukan oleh rumah sakit lokal, perwakilan Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA), dan masih banyak partner lainnya. Selain itu, kemarin juga ada sales program berupa potongan harga khusus di Shopee pada tanggal 9-10 November.

Adapun  pada tanggal 14  November kemarin, atau tepat momen WDD 2020, Diabetasol juga memberikan donasi bagi tenaga medis berupa APD dan produk nutrisi khusus dari Diabetasol. Donasi kurang lebih senilai 500 juta rupiah. Diebtasol juga mengadakan Journalist Writing Competition agar semakin meluas kampanye kebaikan ini.

Langkah-langkah Pengobatan Diabetes

Lalu bagaimana pengobatan diabetes yang sebaiknya dilakukan? Mengingat Indonesia menempati urutan ke-7 dari seluruh dunia tentang jumlah pasien diabetes, tentu ada kekhawatiran yang besar. 

Di tahun 2020 saja, ada 10.681.500 orang yang menderita diabetes dengan prevalensi 6.2%. Berdasarkan data tersebut, setidaknya 1 dari 25 penduduk menderita diabetes. Itu artinya setiap orang dari kita memiliki kenalan, kerabat atau keluarga yang menderita diabetes. 😢

gejala diabetes

Lalu Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Untuk Pengobatan Diabetes?

Mencegah tetap lebih baik daripada mengobati. Namun jika kita berada di posisi yang memiliki keluarga yang diabetes, tidak ada salahnya untuk memberi edukasi mengenai langkah yang tepat dalam pengobatan diabetes. 

Setiap orang pasti membutuhkan jenis pengobatan yang berbeda-beda, tergantung metabolisme dan tingkat penyakit yang diderita. Jadi pastikan untuk konsultasi ke dokter segera.

Secara umum berikut langkah-langkah pengobatan yang bisa dilakukan:

►► Perencanaan Olahraga

Olahraga sangat berperan penting dalam pembakaran glukosa menjadi energi. Jangan menyepelekan olahraga dengan memilih baring-baring saja. 

Terus berakitivas aktif termasuk bisa membantu badan bergerak. Tapi mengkhususkan waktu untuk olahraga juga penting.  Olahraga di rumah yang bisa dilakukan seperti yoga, zumba, atau workout. Apalagi zaman sekarang sudah banyak aplikasi workout gratis di gawai. 

Selain itu bisa juga jalan sore di komplek perumahan, atau sekadar main bulutangkis. Masih banyak lagi ide olahraga yang bisa dilakukan asal ada niat, hehe.

►► Pengaturan Obat

Jenis obat akan berbeda tergantung jenis diabetes yang diderita. Pada tipe 2, mungkin akan direkomendasikan obat khusus diabetes, seperti etformin. Ada juga yang harus suntik insulin, hingga pencangkokan pankreas bagi tipe 1. Minumlah obat sesuai dosis yang dianjurkan.

►► Edukasi

Edukasi adalah pengetahuan kompleks tentang apa itu diabetes, faktor-faktornya, bagaimana pola hidup sehat yang sebaiknya, dan lainnya.

Penting untuk tahu hal ini baik bagi penderita diabetes maupun caregiver, agar gula darah bisa dikontrol dengan tepat.

Edukasi bisa didapatkan dengan mudah melalui layanan informasi kesehatan, website Diabetasol, maupun mengikuti seminar-seminar online yang lagi marak saat ini.

►► Perencanaan Makan

Perencanaan makan bisa diatur dari segi porsi dan nutrisinya. Nutrisi untuk diabetes  memang sedikit kompleks. 

Pilih makanan yang tidak banyak mengandung gula. Ataupun jika mau makan makanan manis, bisa memilih pemanis yang aman untuk penderita diabetes seperti Diabetasol Sweetener.

diabetasol

Tentu semua hal di atas bisa dilakukan jika ada kesadaran tinggi dari dibaetesi dan caregiver untuk mengontrol gula darah. Konsistensi diperlukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti komplikasi penyakit.

Apalagi di musim pandemi covid ini, faktor komplikasi diabetes juga cukup berbahaya. Peran caregiver setidaknya bisa memberi dukungan, juga membantu mengontrol asupan nutrisi penderita diabetes. 

Mengenal Diabetasol

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa perencanaan makan termasuk dalam faktor penting untuk pengobatan diabetes. 

Pola makan sehat dan gizi seimbang adalah hal mutlak dalam langkah pengobatan diabetes. Produk dari Diabetesol sudah dikenal sebagai produk yang bisa membantu penderita diabetes dalam mengontrol gula darah sebagai pengganti nutrisi yang tepat. 

Diabetasol sendiri adalah produk dari KALBE Nutritionals. Pasti sudah sering dengar KALBE kan? Sebagai perusahaan nutrisi di Indonesia, dan brand Diabetasol yang sudah beridiri selama 24 tahun, Diabetasol memang sengaja fokus pada solusi total penderita diabetes dengan melengkapi pola makan harian diabetesi. 

Varian Produk Diabetasol dan Keunggulannya

Sejauh ini, ada 2 jenis produk dari Diabetasol. Yaitu Diabetasol Sweetener dan Diabetasol Powder. Lalu apa saja keunggulan kedua produk tersebut?

►► Diabetasol Powder

diabetasol vita digest

Diabetasol powders adalah nutrisi pengganti makanan (meal replacement) yang hadir dan diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi penderita diabetes. Dilengkapi dengan:

1. Sumber kalsium dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.

2. Vita Digest Pro yang mengandung isomaltulosa sebagai karbohidrat lepas lambat untuk membuat kenyang lebih lama dan menjaga gula darah.

3. Sumber serat dan mengandung rendah indeks glikemik 

4. Dilengkapi dengan Vitamin dan Mineral seperti Vitamin A,C,E, dan Zinc sebagai antioksidan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

Cara konsumsi:

Minum 2x sehari, 4 sendok takar per saji sebagai pengganti makan pagi dan malam dan bantu untuk jaga gula darah lebih mudah.

►► Diabetasol Sweetener

diabetasol sweetener

Produk pemanis ini tentu sudah banyak yang tahu. Pemanis ini bisa menggantikan pemanis gula yang biasanya kita gunakan. Menggunakan Diabetasol Sweetener Zero Calorie ini membuat kita bisa menikmati manis tanpa khawatir. 

Hadir dengan rasa lebih enak dengan pemanis alami sorbitol, Diabetasol Sweetener cocok dinikmati sebagai teman minum teh, kopi, jus, memasak dan membuat kue karena rasanya tidak akan berubah pada suhu panas maupun dingin.

Kedua produk di atas sangat sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi para diabetesi. Karena sangat penting untuk menjaga pola makan diabetes. 

Saya sendiri juga memberikan Papa produk tersebut sebagai bentuk dukungan saya pada Papa. Sebagai caregiver tentu kita ingin yang terbaik untuk keluarga yang menderita diabetes. 

Produk di atas bisa didapatkan dengan mudah di supermarket atau apotek terdekat. Bisa juga didapatkan dengan pembelian online.

Penutup

Melihat beberapa data bahwa diabetes menjadi 5 besar faktor kematian tertinggi di Indonesia, membuat saya sangat khawatir. Diabetes adalah penyakit yang tidak dapat sembuh, namun dapat dikontrol dengan baik. 

Namun sayangnya, ternyata tiap tahun penderita diabetes justru semakin meningkat. Pola hidup, pola makan, dan kurangnya olahraga bisa menjadi faktornya. 

Kurangnya pengetahuan tentang penyakit ini juga cara pengobatan diabetes yang masih tidak terlalu diperhatikan untuk sebagian orang juga menjadi penyebab pengobatan diabetes menjadi tidak maksimal. Gula darah tidak terkontrol, hingga terjadi komplikasi. 

Saya berharap, semoga di WDD kemarin, semakin banyak orang yang waspada tentang penyakit ini. Memang tidak menular namun cukup berbahaya. Termasuk untuk diri saya sendiri dan keluarga.

Peran caregiver sangat dibutuhkan agar semakin tinggi kesadaran para diabetesi untuk menjaga pola hidup termasuk pola makan. 

pengobatan diabetes

Nutrisi untuk diabetes penting diperhatikan agar tidak salah makan. Jangan melewatkan sarapan! Kebiasaan tersebut bisa menyebabkan kita makan berlebihan pada siang hari. 

Hal tersebut bisa menggagalkan usaha kita untuk menurunkan berat badan, sekaligus menyebabkan lonjakan gula darah. Selain itu, orang yang sarapan memiliki lebih banyak energi untuk aktif sepanjang hari.

Sarapan penderita diabetes harus mencakup sumber karbohidrat sehat yang kaya serat seperti biji-bijian, buah, sayur, dan produk susu rendah lemak, untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Memilih nutrisi tambahan yang tepat bisa dilakukan dengan mengonsumsi produk pengganti nutrisi yang aman untuk diabetesi. Di sini, produk Diabetasol bisa menjadi solusi nutrisi tambahan bagi para penderita diabetes. Bersama Dia, jaga gula darah lebih mudah.


Informasi lebih lanjut:
Website : diabetasol.com
IG : @diabetasol_id

 
Sumber:
https://www.diabetasol.com/id/post/fact-myths
https://www.diabetasol.com/id/news-detail/apakah-itu-prediabetes-
https://www.diabetasol.com/id/news-detail/jaga-berat-badan-kunci-mengontrol-diabetes-ini-cara-mudahnya!
Press Rilis WWCOMM
Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Aku juga baru denger mba diabetes kering dan basah. Ternyata emang gak ada ya.

    Sekarang harus pinter-pinter jaga kesehatan ya. Penyakit bisa nyerang siapa aja tanpa melihat usia.

    BalasHapus
  2. Betul ya lebih baik mencegah daripada mengobati. Kami secara keturunan tidak ada yang memiliki riwayat diabetes. Tapi kalau pola hidup yg dijalankan tidak sehat, tidak menutup kemungkinan bisa kena juga ya...
    Karena itu tetap harus waspada...

    BalasHapus
  3. Kalau udah bahas diabetes, aku rasanya sedih sekali
    Nenekku dulu diabet. Sekarang Ibuku dan satu pamanku (adik ibu) juga diabet. Aku juga deg-degan nih, karena adanya faktor keturunan

    Terimakasih sudah menulis ini mbak
    Mau aku coba berikan ke Ibu dan paman deh
    Semoga kita semua diberi kesehatan ya

    BalasHapus
  4. Sudah terlanjur terpupuk dengan diabetes basah dan kering kak. Btw knp bisa ya kak? Padahal gak ada sama sekali di medis.

    BalasHapus
  5. Baru tau kalo ada diabetes kering dan basah. Mungkin ini sebutan bagi orang awam kali ya. Penting banget untuk menjaga pola makan dan gaya hidup ya, biar selalu sehat dan tidak mudah terkena penyakit berbahaya lainnya.

    Semoga sang Ayah tetap sehat terus ya dan sekeluarga dilindungi dari berbagai penyakit berbahaya lainnya, aaamiiin

    BalasHapus
  6. Super lengkap bgt nih mba, jdi makin nambah wawasan dan lbih jaga kesehatan juga pola makan

    BalasHapus
  7. Nah saya diusia muda sudah kena diabetes type kering kalau luka bisa sembuh. Tapi memang bahaya yg diserang syaraf mata sehingga kalau gula darah naik mata kabur dan apa bila tidak ditangani dengan baik bisa mengalami kebutaan.

    BalasHapus
  8. Duh diabetes tuh menyeramkan ya karena bisa menurun dari orangtua. Aku juga mulai concern nih untuk jaga kadar gula darah biar ga jadi diabetesi

    BalasHapus
  9. Dari semua faktor prediabetes di atas, saya ketemu 1 faktor mbak,, punya riwayat keluarga yang mengidap diabetes. Sebenarnya bingung juga ya, krn mama saya orgnya sangat aktif, selalu bergerak setiap harinya, tp kena jg.

    Yup, minum Diabetasol bagus ya, noted.

    BalasHapus
  10. Saat ini siapa aja emang harus jaga kesehatan dan pola hidup meskipun nggak ada keturunan, nggak ada salahnya menjaga, untuk kebaikan tubuh sendiri.

    Tfs kak Tri...

    BalasHapus
  11. Sebenarnya ini penyakit yang cukup parah sih, karna kalo udah akut bsa membahayakan organ tubuh bisa menimbulkan kematian juga, penyakit ini juga bsa turun temurun.. serem pokoknya, walaupun saat ini belum ada merasakan diabetes tapi harus banyak banyak ilmu dalam mencegah penyakit ini.. Alhamdulillah baca artikel diatas buat saya lebih paham edukasi mengenai diabetes dan cara menanganinya

    BalasHapus
  12. baru tahu kalau diabetes tipe 1 dominan trjadi pada anak-anak. Selama ini tahunya diabetes kerap dialami orang dewasa ke atas. Ternyata anak-anak pun beresiko terkena diabetes.

    BalasHapus
  13. Sama Ayahku juga diabetes, katanya bisa turun ke anak perempuan ya, aku jadi takut sendiri akhirnya aku coba kurangi nasi putih kak, katanya itu gulanya tinggi semoga kita selalu dapat menjaga pola hidup sehat ya kak.

    BalasHapus
  14. Semoga mbak Tri, sehat-sehat ya. Buat papanya juga sehat-sehat. Di keluarga inti saya, tidak ada yang menderita diabetes, tapi kalau di keluarga besar ada yang menderita diabetes, yaitu suami dari adik perempuannya papa.

    Waktu itu juga beliau langsung mengurangi konsumsi yang mengandung kandungan gula berlebih. Salah satu solusinya juga menggunakan Diabetasol.

    BalasHapus
  15. PreDiabetes ini ternyata penting banget untuk di simak ya kak.

    Keluarha suamiku penderita Diabetes. Bahkan ayah mertua dua tahun lalu meninggal karena diabetes juga.

    Nah sekarang suamiku, nampak mulai ada tanda-tanda yang haris bisa ditangani sedini mungkin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diabetasol bisa dikonsumsi sejak saat ini ya kak, apalagi sudah ada tanda-tanda nih kalau suamiku. Semoga aman aja.

      Hapus
  16. Mamahku di rumah selalu stok Diabetasol, mamahku kebetulan punya diabetes jadi dia selalu menjaga sekali asupannya. Selain itu memang dia selalu konsumsi Diabetasol di rumah.

    BalasHapus
  17. Sehat-sehat selalu ya untuk Kak Tri dan keluarga, dengan edukasi tentang diabetes ini jadi banyak informasi yang perlu diketahui masyarakat sehingga tahu bagaimana pencegahan dan pengobatannya

    BalasHapus
  18. Kalo punya penyakit diabetes memang cukup merepotkan. bahkan jika kulitnya luka bisa korengan kadang enggak sembuh, ada caregiver bisa membantu para penderita diabetes agar bisa sembuh.

    BalasHapus
  19. Saya sudah mulai mengurangi gula. Soalnya saya suka yg manis2. Tambah lagi dari garis nenek banyak yg kene gula

    BalasHapus
  20. Pelan2 aku lagi mengurangi nasi putih mba.. baca cerita banyak orang bikin makin waspada. Semoga kita semua sehat ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem mbak, selain itu juga karena diabetes adalah salah satu PTM tanganku untuk disembuhkan tapi masih bisa nih diantisipasi dengan upaya pencegahannya

      Hapus
  21. Saya baru tahu ternyata melahirkan bayi lebih dari 4 kg bisa meningkatkan risiko diabetes. Apalagi di keluarga sudah ada keturunan diabetes, harus lebih waspada ini

    BalasHapus
  22. Almarhum ibuku dulu kena penyakit diabetes, sudah lumayan parah hingga ada borok besar.
    Memang penyakit diabetes ini gak bisa disepelekan

    BalasHapus
  23. Semoga papa Kak Tri Sehat terus ya,
    Aku rasa diabetasol sweetener ini paling membantu untuk penderita diabetes loh kak.
    Soalnya penderita diabetes biasanya masih suka dengan makanan manis. Dengan diabetes sweetener penderita diabetes tetap bisa makan makanan manis tapi tidak mengganggu kadar gula darah dalam tubuh.

    BalasHapus
  24. Alm. Bapakku memiliki riwayat darah tinggi kak, selain itu beliau juga hoby yang manis manis.
    Semoga keturunan alm. Bapak gak memiliki gejala penyakit ini.
    Karena tentunya kita semua berharap selalu sehat bukan..

    BalasHapus
  25. Kebetulan ayah sya alm. juga penderita diabetes ..apa kah menurun ya sama anak perempuannya? secara sy takut juga kalau sampai kejadian... Btw diabetasol bagus ya produknya untuk dikonsumsi penderita diabetes

    BalasHapus
  26. Pas banget kan baca blog ini. Kmaren pas periksa orang tua ternyata mereka punya diabetes. Dan direkomendasiin sama dokter suruh konsum diabetasol. Thanks infonya Mom

    BalasHapus
  27. jadi inget pamanku yang sekarang juga lagi menjaga sekali asupannya karena diabetes. dan kebetulan juga mengkonsumsi diabetasol. terima kasih kak sudah menulis tentang hal ini, jadi pengingat juga untukku buat menjaga kesehatan dan menjaga asupan makanan juga.

    BalasHapus
  28. Terima kasih banyak info nya jadi selama ini Tetang pengobatannya Diabetes yang aq tau salah,terim kasih sekali lagi

    BalasHapus
  29. Pertama, mencegah daripada mengobati, dan kedua merawat orang yang terlanjur diabetes dengan Diabetasol.

    Ini bentuk kasih sayang kepada orang-orang terdekat supaya terhidar dari diabetes dan merawat mereka yg terlajur sudah memiliki sakit diabetes. Keluargaku memang tidak ada yg punya riwayat diabetes, namun ini penting karena gaya hidup rupanya juga mempengaruhi ya. Semoga terhindar.

    BalasHapus
  30. Aku juga agak takut sama penyakit diabetes ini . Kebanyakan penderitanya itu jarang sekali tau kalau dia terkena diabetes sampai muncul komplikasi, barulah diperiksa.

    Apalagi kebiasaan hidup aku sendiri dan keluarga belum sepenuhnya sehat , masih suka makan malam sebelum tidur. kebiasaan itu yang kayanya susah bgt kayanya buat berubah...


    Memang kudu tekad bulat kalau mau hidup sehat

    BalasHapus
  31. diabetes memang diam diam menghanyutkan ya mbak. gejalanya bisa dititeni nih. kasihan kalau sampai kena. perlu diwaspadai penyebabnya nih biar gak ada korban lagi

    BalasHapus
  32. Di rumah selalu sedia Diabetasol untuk Mama Mertua ku. Nah aku baru tau banget penjelasan detail ini tentang Diabetes.

    BalasHapus
  33. Naudzubillah mindzaliik ya mba, semoga kita terhindar dari penyakit apapun. Lebih baik mencegah daripada mengobati

    BalasHapus
  34. Selama ini saya kenalnya juga diabetes basah dan kering. Ini juga saya tahu dari cerita teman-teman yang mengidap diabetes. Ternyata itu pemahaman yang salah ya, yang bener tipe 1, tipe 2.

    BalasHapus
  35. Kadung familie dengan tipe-tipe diabetes yang dipahami awam, diabetes basah dan kering. Padahal secara medis klasifikasinya tipe 1, tipe 2, dan tipe2 lainnya ya.

    BalasHapus
  36. Kalau sudah terkena penyakit diabetes begini suka kasihan harus mengatur pola makan ya. Gak bisa sembarangan lagi asal makan.

    BalasHapus
  37. diabetes penyakit yang dapat menurun ke anak ya Mbak. Untung ada diabetasol yang dapat mengurangi konsumsi gula.

    BalasHapus
  38. ya Allah ternyata turunan dan pola hidup memang faktor terbesar diabetes ya mbak tri..terima kasih artikelnya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  39. Wah ngeri sekali ya penyakit ini. Bukan hanya usia tua, tapi yang muda bisa beresiko terkena diabetes. Bahkan ada salah satu rekan seprofesi yang terkena sakit ini. Kurangi makanan manis dan banyak gerak ya harusnya.

    BalasHapus
  40. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Dan olahraga biarpun cuma ya g ringan saja, tapi itu penting untuk kesehatan. Dan ternyata gerak dari olahraga berbeda dengan gerak aktifitas biasa. Olahraga bikin badan gak pegel-pegel dan tidur lebih enak. Udah seringkali saya buktikan sendiri hasilnya. Btw thanks sharingnya.

    BalasHapus
  41. Mencegah lebih baik ya bund emang sekarang makin banyak kasus diabetes pada usia muda, makanya saya pun juga makin aware sama kondisi gula darah ini

    BalasHapus
  42. Semoga papanya kak Tri selalu dilimpahi kesehatan yaa, emang kalau udah diabet kudu banyak kompromi dengan semua hal. Alhamdulilah keluarga saya memang gada turunan diabetes, tapi ngelihat diabetes tipe dua dan semua orang bisa berpeluang, jadi cemas. Kyaknya kudu mulai membiasakan pakai diabetasol nih di rumah

    BalasHapus
  43. Aku baru tahu kalau diabetes ada jenisnya lagi, dengan adanya edukasi dari kegiatan CSR ini sangat membuka mata kita dengan hidup sehat melalui olah raga & makan teratur yg bergizi

    BalasHapus
  44. Lengkap banget ulasannya say mengenai diabetes.. Aku juga tuh sekarang suka takut kena diabetes secara doyan banget sama makan yang manis-manis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama banget ka. Aku juga harus mulai melihat nih dan ngingetin gejala dari diabetes biar bisa jaga-jaga. Jangan sampe kita kena ya. Sedih banget.

      Hapus
  45. Nah ini nih penting banget karna banyak tetanggaku yg kena diabet. Pas liat ciri"nya ko banyak minum dibilang ciri diabet? Aku org yg banyak minum dari jaman masih gadis karna aku dehidrasian, bahkan pas hamil juga pernah hb nya turun karna dehidrasi bukan karna yg lain

    BalasHapus
  46. Diabetes emang ngeri ya mbak.

    Diam diam mematikan. Astaghfirullah

    Ibu juga salah satu pengidapnya

    Makanya aku lbh hati2 juga.

    Udah nggak sering2 konsumsi gula skrg. Ganti sama diabetasol aja

    BalasHapus
  47. Papanya kak tri gaul euy. Maaf salfok hihi. Mudah-mudahan sehat terus yaaa papaa.
    Jaga kesehatan dengan menjaga gula darah 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahha mbak jihan salah fokus,,, akupun gitu tadii,,,


      jaga kesehatan semua ya cayang2kuuuhhh di dunia mayaaaaa

      Hapus
  48. Memang diabetes ini terbukti membantu jaga kadar gula darah bagi penderita diabetes, sebab dulu mertua saya juga minum dan alhamdulillah stabil terus gula darahnya, selain itu saya bantu dia buat makan lalapan buncis juga.

    BalasHapus
  49. Menjadi caregiver memang perlu hati. Dan Diabetasol memang sangat membantu bagi penderita diabetes. Almarhum Tante saya pun dulu mengonsumsinya

    BalasHapus
  50. alhamdulillah jadi tahu, ternyata nggak ada diabet kering ama basah ya..selama ini juga belum begitu faham dengan penyakit diabet ini. semoga kita selalu dalam sehat. amin

    BalasHapus
  51. Alhamdulillah, di keluarga nggak ada keturunan diabet sih ya. tapi dari keluarga bapak sih, semoga nggak ada tanda atau gejalanya, aamiin..

    Tapi sebelum terkena diabet, memang ada baiknya antisipasi dengan pola hidup sehat ya kak. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan, aamiin :D

    BalasHapus
  52. Betul sekali mbak triyatni mencegah lebih baik daripada mengobati. Pola makan mungkin yang harus dirubah, bisa ganti produk gulanya dengan diabetasol dan jangan lupa olahraga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kalau udah masuk rs itu berat banget sama biayanya. Jadi lebih baik kita beli produk pencegahan daripada harus menghabiskan uang untuk biaya rs ya.

      Hapus
  53. sehat-sehat terus utk kita semua. diabetes ini memang serem banget yaaa, aku juga udah mengurangi makan yg manis2 nih, nasi juga dicampur sama grain lebih mengenyangkan ternyata.. semakin serem penyakit2 gini karena anak muda jga gampang terserang yaa

    BalasHapus
  54. Emak mertuaku ya diabetes mbak, bulan lalu di rawat di RS karena naik banyak plus darah tinggi pula. Gejala struk ringan tangannya lemes, tapi alhamdulillah kakinya sudah membaik perlahan ini. Diabetes emang bahaya banget.

    BalasHapus
  55. Kayaknya aku perlu beli dan konsumsi ini deh di rumah. Buat preventif aja, karena kami suka jajanan yg manis manis

    BalasHapus
  56. Halo kak tri, paman saya juga kena diabetes. Tidak ada riwayat keluarga yang sakit diabetes. Ternyata paman dulu sering bergadang dan minum teh manis berlebih . Harus jaga jaga kesehatan ya dan seminimal mungkin menggunakan gula

    BalasHapus
  57. Setelah membaca tulisan kakak, kok jadi khawatir terhadap kondisi bapakku yang sekarang mulai menurun yaaa kesehatannya. Apalagi sering kumat darah tingginya. Hmmmm. Semoga papa kak Tri sehat selalu yaaaaa begitupula mommy kakak. peluk virtual kakakka...

    BalasHapus
  58. Waktu hamil anak kedua kemarin, aku didiagnosis diabetes gestasional karena kadar gula darahku cukup tinggi. Menurut dokter, hal ini diakibatkan oleh faktor genetik dan pola makan. Semenjak itu aku jadi jaga makan banget. Udah nggak minum boba-bobaan lagi dan asupan gula dibatasi. Memang penyakit ini cukup mengerikan dan harus dicegah sejak dini dengan pola makan dan gaya hidup sehat.

    BalasHapus
  59. jauh2 yah kita dari penyakit begini. semoga tetap sehat dan jaga selalu kesehatan dengan diabetasol

    BalasHapus
  60. Diabetes emang salah satu penyakit silent killer yang wajib diwaspadai, dlm keluarga sy pun ad yg menderita diabetes. Beruntungnya hadir Diabetasol sebagai solusi untuk diabetes.

    BalasHapus
  61. wah ternyata banyak sekali ya kak cara pengobatan diabetes, untungnya sudah ada produk diabetasol. terima kasih untuk infonya kak tri, sangat bermanfaat!

    BalasHapus
  62. Meski nggak ada keturunan diabetes, saya tetap berusaha membatasi asupan gula, Mbak. Kan lebih baik mencegah daripada mengobati ya.

    BalasHapus
  63. Anakku ada turunan dari bapaknya, tapi semoga gak sampe nurun sih, makanya dari sekarang aku memang kurangi dan batasi konsumsi gulanya dan juga pola makannya anakku, noted deh tuh soal 5P yaa untuk aware sama diabetes

    BalasHapus
  64. Bener banget nih mbak. Temenku ada yang masih muda tapi gulanya tinggi banget dan disampaikan dokter risiko diabetesnya tinggi. Ya gimana gak ya? Kalau tiap hari minum kopi manis, boba-boba, dan jajanan gula tinggi. Alamat deh...

    BalasHapus
  65. Harus rutin minum obat dan menjaga pola hidup yg sehat, pasti lama2 jenuh jg. Makanya sbg caregiver harus selalu siap menyemangati anggota keluarga yg terkena diabetes ya..

    BalasHapus
  66. Semoga papa sehat selalu ya mba.
    Btw infonya lengkap banget. Sering sih baca, denger soal diabetes, tapi lewat aja. Kali ini aku baca beneran deh. Biar makin paham soal diabetes ini.

    BalasHapus
  67. Aku baru tau ternyata diabetes ada jenisnya kirain cuma 1 aja. Penyakit tuh emang bisa dateng kapan aja kita hrus bner2 hidup sehat agar terhindar dr segala penyakit

    BalasHapus
  68. Diabetes itu emang penyakit yg harus diwaspadai. Pokoknya kudu jaga pola makan. Rata2 penderita diabetes yg kukenal emg minum susu diabetasol

    BalasHapus
  69. Di rumah juga pakai ini kak karena ayahku diabetes. Sejak ayah kena diabetes jadi banyak mengurangi makanan manis. Untungnya sih serumah gak ada yang suka banget sama makanan/minuman yang manis, jadi gak begitu susah.

    BalasHapus
  70. Produksi Kalbe aku sudah percaya banget bagus komposisi produknya bagi kesehatan karena aku juga konsumsi beberapa produknya, selain kita juga menjaga pola makan sehat dan gizi seimbang supaya selalu sehat

    BalasHapus
  71. Mertua ku setiap hari harus konsumsi diabetasol, untuk menjaga kadar gula nya agar tidak naik. Hmmm bener-bener tuh sehat mahal sekali ya kak.. Kita harus banget jaga pola makan dan hidup sehat..

    BalasHapus
  72. Ibu aku ni kak yg mengidap diabetes. Jadi setiap hari nggak bisa lepas dari obat untuk mengurangi kadar gula darahnya. Kalau sampai lupa bisa lemes bgt badannya.

    Next aku bakal coba belika diabetasol ini deh, siapa tau cocok. :)

    BalasHapus
  73. Alhamdulillah ga ada keturunan Diabetes tapi tetep kudu waspada ya mba intinya, dan ini lengkap banget infonya walo ngeri tapi penting buat pengetahuan kita

    BalasHapus
  74. Ternyata ada diabet kering....mantap isinya

    BalasHapus
  75. ngeri juga ya diabetes ini, tp beruntungnya sekarang sudah banyak produk yang mendukung pola hidup lebih sehat untuk mengurangi risiko diabetes

    BalasHapus