MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Review Aplikasi Catatan Keuangan Harian yang Saya Pakai

 Review Aplikasi Catatan Keuangan Harian yang Saya Pakai
Add Comments
1/02/2021
Daftar Isi [Tampil]

Siapa nih di sini yang kalau belanja kebutuhan sehari-hari enggak pernah dicatat? Nah, sejak dulu hingga sebelum menikah, saya sama sekali tidak memiliki pencatatan soal pengeluaran dan pemasukan. Hingga saya bertemu suami, suami minta ada pencatatan keuangan. 

Tadaaa…

Kiamat pun terjadi hahaha. Enggak berantem kok, kan pengantin baru hehe. Maksudnya bingung mau mulai dari mana.

Suami selama lajang ternyata mencatat pengeluaran di sebuah buku tulis. Lengkap dan rinci! Dengan tulisan tangan! Oh No! Saya bukan tipe yang suka nyatat di kertas.

Jadilah saya menggunakan Excel, dengan menggunakan rumus agar bisa jumlah otomatis. Cuma bertahan beberapa bulan aja hehe. Finally, sempat install beberapa aplikasi keuangan. Suami pun mulai beralih ke aplikasi juga. Namun akhirnya bertahan dengan aplikasi satu ini.

1. Pentingnya Mencatat Keuangan

Menurut saya, mencatat pemasukan dan pengeluaran itu penting sekali (masa sih?). Kita jadi bisa tahu pengeluaran terbesar atau pemasukan tertentu dan berapa perkembangan tiap bulannya. 

Seperti halnya saya sebagai freelancer, terkadang dapat gaji yang bisa dibilang enggak menentu. Di akhir tahun akhirnya kan bisa evaluasi, seperti tulisan saya sebelumnya mengenai berapa penghasilan saya sebagai bloger.

Beberapa manfaat mengapa mencatat keuangan itu penting menurut saya adalah:

▶▶ Lebih Teratur

Dengan menggunakan catatan keuangan, kita bisa melakukan pencatatan rutin dan teratur tiap saat. Baik itu melalui kertas ataupun aplikasi, tergantung nyamannya saja. 

Namun kali ini karena saya me-review sebuah aplikasi, makanya saya merekomendasikan aplikasi hehe. Khusus buat yang enggak suka nyatat di kertas kayak saya sih sebenarnya.

▶▶ Lebih Menghargai

Ketika kita tahu seberapa besar pemasukan dan pengeluaran kita, kita akhirnya bisa sedikit menghargai uang. Misal ternyata kita menghabiskan angka tidak masuk akal untuk sebuah pengeluaran yang enggak penting-penting amat, kita akhirnya tahu kan? "Wah harusnya enggak gini. Besok-besok jangan gini deh."

▶▶ Lebih Jelas

Dengan catatan keuangan, kita bisa tahu dengan jelas setiap rincian pengeluaran bahkan untuk parkir. Dikit-dikit diacuhin bisa terlihat lho ternyata sebulan kita make parkir seberapa banyak. Sekarang kan parkir emang enggak main-main. Bisa sanpai puluhan ribu sekali (kalau make mobil).

Jadi jangan heran kalau mikir eh kemana ya uang segini? Kok habis begitu aja? 

Atau keseringan ngemil boba. Bukan sekali dua kali, tapi misalnya belasan kali gitu. Bisa kehitung kan berapa banyak.

▶▶ Bisa Menyusun Rancangan Kedepannya

Setelah kita tahu pengeluaran kita dominan di mana, kita bisa mengatur rencana ke depan. Begitu pun dengan pemasukan kita. Jika misalnya pemasukan kita enggak stabil di bagian tertentu, mungkin perlu tindakan khusus.

Nah, aplikasi yang saya rekomendasikan kebetulan bernama Catatan Keuangan. Memang sebuah aplikasi yang mumpuni untuk kegiatan sehari-hari. 

2. Kelebihan Aplikasi Catatan Keuangan

aplikasi catatan keuangan harian

Banyak sekali kelebihan-kelebihan dari aplikasi ini. Tentunya ini berdasarkan pengalaman pribadi non sponsor ya, hehe. Langsung saja, ini dia kelebihan aplikasi catatan keuangan harian yang saya pakai.  Yuk kita cek di bawah:

▶▶ Tidak Perlu Login Berulang-ulang

Beberapa aplikasi yang pernah saya coba, ada yang mengharuskan login berulang-ulang. Memang aman sih, tapi kok jadinya repot ya. Nah aplikasi ini tidak perlu seperti itu.

▶▶ Fitur Harian, Mingguan, Bulanan, dan Tahunan

Paling unik dari aplikasi ini adalah kita bisa melihat laporan keuangan dalam bentuk harian, mingguan, bulanan maupun tahunan. Bener-bener keren deh. Jadi kita bisa tahu lebih banyak.

▶▶ Ada Grafik

Nah, ini fitur unik kedua. Fitur grafik memungkinan kita dapat laporan dalam bentuk persenan. Jadi tahu deh yang mana persenan paling banyak atau paling sedikit dari pengaluaran atau pemasukan kita. 

▶▶ Mudah Digunakan

Ini sudah pasti banget. Aplikasi ini simpel. Saat mau dibuka, kita langsung disediakan fitur tanda pintas berbentuk "tanda tambah" untuk mencatat pengeluaran harian. Menggunakan satu tangan pun bisa lho.

▶▶ Fitur Backup Beragam

Buat yang khawatir jika tiba-tiba gawai rusak atau tiba-tiba berpindah tangan tanpa izin alias dicuri (nauudzubillah), kita bisa menggunakan fitur backup lho. Bahkan bisa pakai google drive sekarang update terbarunya. Tapi ingat backupnya sebelum rusak ya haha.

▶▶ Bisa Ganti Warna Template

Buat yang bosanan, bisa ganti-ganti warna template sesuai kesukaan. Tebak saya pakai warna apa? (emang Mbak Tri penting banget?) 🤣

Contoh saat ingin menginput, informasi keseluruhan dan grafik


3. Kekurangan Aplikasi Catatan Keuangan

▶▶ Agak Susah Mengedit Ulang

Nah, jika kita ingin mengedit pengeluaran yang sudah terlanjur tertulis, ini nih yang agak susah. Soalnya emang perlu ketelitian

▶▶ Tidak Ada Catatan Utang

Untuk yang punya bisnis, sebaiknya unduh aplikasi lain yang memiliki catatan utang biar lebih lengkap. Salah satubya saya pernah review di IG saya (@pohontomat), namanya aplikasi Buku Kas.

4. Kesimpulan

Itu dia reviewku mengenai aplikasi catatan keuangan yang saya pakai kurang lebih 2 tahun ini. Semoga tujuan-tujuan pencatatan semakin baik ya. Saya yakin aplikasi ini bisa sangat mebantu pencatatan keuangan keluarga khususnya keluarga baru alias pengantin baru hehe.

O ya aplikasi ini ini termasuk aplikasi keuangan android oflline. Jadi enggak perlu jaringan internet jika ingin menggunakannya. Aplikasinya ringan juga kok!

Semoga review aplikasi catatan keuangan harian ini bisa bermanfaat untuk catatan keuangan pribadi teman-teman sekalian ya. 

Jika ingin aplikasi keuangan usaha, bisa unduh yang saya rekomendasikan juga di atas. Terima kasih sudah membaca ...

Baca Juga
Triyatni A.

ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀɴ | ᴍᴜꜱʟɪᴍᴀʜ | ᴀ ᴍᴏᴍ | ᴄᴏᴍᴘᴜᴛᴇʀ ɴᴇᴛᴡᴏʀᴋɪɴɢ ᴠᴏᴄᴀᴛɪᴏɴᴀʟ ʜɪɢʜ ꜱᴄʜᴏᴏʟ ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ᴊᴀᴘᴀɴᴇꜱᴇ STUDY ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ʟᴏᴠᴇ ᴛᴏ ʀᴇᴀᴅ ᴀɴᴅ ꜱʜᴀʀᴇ | ᴄᴏɴᴛᴀᴄᴛ ᴍᴇ ꜰᴏʀ ᴍᴏʀᴇ pohontomat.com@gmail.com ɪɴꜱᴛᴀɢʀᴀᴍ : @ᴘᴏʜᴏɴᴛᴏᴍᴀᴛ

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Aku juga ada sih aplikasi keuangan, tapi beda judul, dan kurang simple sih kalo kurasa. Coba entar donlot yang nni dah, hihi..

    BalasHapus
  2. Aku masih setia dengan catatan tulisan tangan, hahahaha. Entahlah, karena sering unduh aplikasi catatan keuangan dan kurang nyaman, akhirnya tetap setia dengan tulisan tangan. Mau coba donlod ah, siapa tahu cocok juga. Makasih ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap Mba. Aku salut sama orang yang konsisten bisa nyatat di kertas btw hihi.

      Hapus
  3. Boleh juga recomendasinya bund, nanti coba download deh gak boros" kalo ada catatannya:-d

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya Kak. Btw aku berkunjung ke blog Kakak komentarnya tidak dibuka ya? hhe

      Hapus
  4. Aku sejak ngekos bertahun2 yang lalu juga udah pake aplikasi catat keuangan nih dan emang ini penting banget. Kita jadi bisa ngerem sendiri kalo udah pake kebanyakan bulan ini. Aku ngaturnya per bulan sih langsung jatah dan masukin aplikasi jadi keliatan sisa uangnya berapa.
    Emang ada banyak banget sih macem2nya aplikasi keuangan, yang ini kayaknya lengkap banget ya. Aku pakai Money Lover dan lumayan lengkap juga dan mudah untuk diedit2 hehehe. Tapi emang tergantung kebiasaan juga sih nanti mudahnya pake apa

    BalasHapus
  5. #CatatanKeuangan

    Coba ah, selama ini pakai buku agenda yang sayang dibuang, karena ribet pakai Excell , harus buka laptop segala

    sementara butuh banget aplikasi yang mudah seperti Catatan Keuangan

    Buku Kasnya juga mau saya coba, karena seorang teman, pelaku UMKM, minta diajari mengelola keuangannya

    Terimakasih tulisannya yang bermanfaat ya

    BalasHapus