Pohontomat Rewind 2020: Perkembangan, Penghasilan, dan Harapan 2021


Kan lagi trending tuh Youtube Rewind 2020, kali ini mau narsis dikit, jadi Pohontomat Rewind eeeaaa. Pengen bahas kilas balik tentang saya di balik branding pohontomat di berbagai media sosial. Yang mau baca monggo, yang eneg monggo minum dulu baru baca hoho.

Sebenarnya, jika bisa dikatakan, saya masih dalam tahap meraba dunia perkontenan ini. Saya orangnya adalah tipe yang suka mencoba sesuatu yang baru. 

Jika nyaman, akan bertahan. Jika tidak nyaman, akan ditinggalkan. Apalagi kalau udah enggak menghargai, bikin sakit hati aja, sudah deh, buang jauh-jauh #eh.

Nah, selama 2020 ini, saya cukup memaksimalkan konten di IG dan blog. Oleh karena itu, saya akan mencoba melihat perkembangan perjalanan saya sebagai content creator di kedua platform media sosial ini. 

Setidaknya untuk saya pribadi, bisa menjadi tempat untuk kembali mengenang, jika suatu saat saya benar-benar bisa hidup dari sini hehe. Bisa menjadi pijakan juga buat teman-teman lainnya yang baru mau bergelut di dunia ini.

Menjadi Freelancer Berbagai Media Sosial

Sebenarnya, pekerjaan yang paling agak enak dan naik di tahun 2020 ini menurut saya adalah yang berkaitan dengan internet, atau bisa juga freelancer digital marketing jika sedang part time

Why? Karena sejak 2020 ini kita tahu sendiri kalau semuanya ‘dipaksa’ untuk bercengkrama lebih lama dengan yang namanya teknologi dan internet. 

Kita dituntut untuk menggunakan aplikasi yang biasanya tidak kita gunakan, dan beberapa perusahaan dituntut untuk semakin melebarkan promosi di media sosial. Baik itu Blog, Youtube, Instagram, Tiktok dan media sosial lainnya.

Lantas bagaimana dengan pohontomat sendiri?

Bagi yang belum tahu, sekalian kenalan dulu yes! Saya memiliki beberapa branding dengan nama pohontomat. Entah ini bisa disebut branding atau tidak haha. Lalu kenapa pohontomat? Bisa baca di sini hehe. 

Nah, nama pohontomat ini saya gunakan di Instagram, Twiiter, Youtube dan Blog. Untuk Facebook saya masih menggunakan nama utama, Triyatni Ashari.

Tapi kali ini saya hanya akan bahas IG dan blog saja. Karena hanya kedua itu yang cukup lumayan memiliki perkembangan selama setahun terakhir ini. 

Berbeda dengan Yotuube yang baru rintis, dan Facebook yang hanya sekadar untuk ngecek grup komunitas dan job hehe. Ok langsung saja kita bahas yuk!

Perkembangan Instagram @pohontomat

Bisa dibilang ini adalah tahun terbaik untuk Instagram saya dibanding sebelumnya. Sejak mengikuti seminar “Cara Agar Followers IG Bertambah”, saya mulai sedikit serius membuat konten. 

Konten yang biasanya hanya foto-foto saja, kini bertambah dengan konsep microblog di bagian tengah. Alhamduliullah responnya lumayan bagus. Makin banyak juga ide-ide yang bisa muncul dengan microblog itu.

►► Konten

Konsep konten dulu yang saya buat sebenarnya bisa dibilang tidak beraturan. Kadang bahas soal kehidupan keluarga, kadang cuma sekadar quote

Nah, untuk menunjang Engagement Rate agar tinggi, saya akhirnya menambahkan konten seperti info dan tips di bagian tengah. 

Jadi saran saya jangan mempercantik IG Feed dengan gambar kosong atau hanya sekadar pembatas. 

Sebaiknya isi konten yang mengundang perhatian agar ER tidak anjlok. Kok bisa anjlok? Karena ER itu dihitung dari interaksi komen dan likes di 9 postingan terakhir (ada yang 5 sih katanya), lalu dibagi dengan jumlah followers. Semakintinggi followers, maka kemungkinan akan semakin rendah ER.

Apalagi ditambah semakin sedikit interaksi di postingan terbaru, maka makin sedikit pula ER kita. Nanti saya bakal bahas lebih lanjut ya.

@pohontomat

►► Insight

Dari segi insight juga alhamdulilah naik. Apalagi konten microblog. Intensitas save dan share-nya lumayan tinggi. Itu bagus untuk algoritma Instagram dan bisa merekomendasikan kita ke explore

Salah satu tips agar insight naik adalah menggunakan hashtag

Langkah terakhir bisa banget mengggunakan IG/FB ads. Bahkan Mas Niko Julius Sang Expert di bidang Instagram tiap hari lho make IG Ads hehe. Katanya biar orang sampai muak lihatnya, nanti bisa kepo deh. Termasuk di timeline-ku muncul terus iklannya hahah.

►► Partnership

Alhamdulillah sudah lumayan banyak partnership dari IG ini. Ada yang saya dapat dari dihubungi langsung, ada juga dari sumber informasi job di aplikasi maupun di grup dan komunitas.

Dengan aktif memperbaiki konten, memprcantik feed, dan terus melakukan personal branding (termasuk daftar di beberapa form job dan aplikasi), akhirnya IG @pohontomat ini semakin dikenal. 

Gak nyangka sampai diundang juga buat ngisi konten melalui IG Live 2x. Padahal ilmu masih cetak. Yang pertama bersama Tellscore, sebuah platform penghubung influencer yang berbasis di Thailand dan Indonesia, juga yang terakhir Dynamic Indonesia. Salah satu platform yang bergerak di dunia digital marketing.

Perkembangan Blog pohontomat.com

Adapun mengenai blog saya juga 2020 adalah tahun paling luar biasa dibanding sebelum-sebelumnya. Bermula di awal Januari 2020 hanya 43 klik dari google, kini di bulan Desember 2020 mencapai 15 ribu lebih klik dari google

►► Tulisan Blog

Tulisan yang saya buat di blog sebenarnya campur-campur. Mulai dari lifestyle, cerita pengalaman (khususnya mengurus hal-hal berbau birokrasi), parenting, beauty, review, jalan-jalan dan masih banyak lagi. 

Saya juga senang berbagi tips blogging di blog ini. Termasuk menjelaskan beberapa istilah perihal blog yang cukup sering digunakan. Tapi saya jelaskan ala saya agar lebih sederhana.

Dulu awalnya nulis suka pendek-pendek. Sekarang semakin hari, kalau kurang dari 1000 rasanya gimana gitu hehe. Kecuali content placement mereka biasanya hanya sekitar 500 kata.

►► PV Blog

Pageviews blog adalah salah satu hal paling membuat saya cukup bangga. Tanpa menggunakan iklan, saya bisa terus belajar untuk menaikkan kunjungan di blog saya. 

Di awal-awal, saya mengandalkan blogwalking untuk pageviews. Akhirnya sekarang penyumbang terbesar adalah dari Google. 

Dengan belajar sedikit SEO meskipun belum terlalu paham hehe, Alhamdulillah bisa mendongkrak dikit si PV ini.

Dulu PV Cuma ratusan sebulan d awal 2020. Semakin hari naik ribuan. Target 10 ribu cukup lama belum kesampaian. 

Hingga bulan Agustus dapat target 10 ribu pageviews. Di akhir Desember alhamdulillah sudah 40 ribu page views sebulan. Salah satu artikel malah menyumbang 14 ribu pageviews hehe. MasyaaAllah Tabarakallah.

►► Partnership Blog

Partnership di blog alhamudlillah juga main banyak. Hingga sampai saat ini bukan hanya partnership lokal, tapi juga sampai global dibayar menggunakan paypal. Alhamdulillah. Dulu padahal DA masih 6 di awal Januari 2020. Sekarang sudah 17. Target sih 30 hehe. Masih jauh huhu.

Sempat juga Alhamdulillah diundang untuk sharing seputar blog oleh Mahasiswa Writing Club dari IPB. Ya masih sharing ilmu-ilmu dasarnya sih. Soalnya belum senior juga wkwk. Niat awalnya sharing gratis aja, seneng soalnya,. Eh tau-taunya ada yang cair juga. MasyaaAllah rezeki.

Sosial Media Lain yang Ingin Dikembangkan 

Beberapa media sosial yang mulai saya lirik yaitu Youtube, Twitter dan Facebook. Untuk Youtube memang butuh effort lebih tinggi (nyari alesan haha).

Alhmdulillah suami sudah pernah cair sekali melalui Youtube. Untuk Twitter juga target followers 1000 sudah tercapai. Pengennya sih nanti 5k hehe. 

Untuk Facebook banyak diemnya sih 2020 wkwkw. Belum pernah dapat job tunggal FB. Paling job IG sekaligus share di FB. 

Penghasilan di 2020 sebagai Blogger dan Sosial media Reviewer

Lantas berapakah penghasilan saya sebagai freelancer di 2020 ini? Sumber penghasilan saya adalah reviewer di IG dan blog, buzzer di twitter, content placement dan review di blog, juga sedikit dari fee mengisi acara. 

O ya siapa tahu ada yang minat ngasih job abis baca tulisan ini, sekadar info ada beberapa job yang tidak bisa saya terima ya. Seperti Asuransi, Bank (meski syariah), pinjaman, dll. (bisa baca di sini).

Sejauh ini yang cair sudah sekitar kurang lebih 13 juta rupiah selama 2020. Belum termasuk yang sudah selesai tapi belum cair. Sebenarnya masih kalah sih dari gaji pegawai pada umumnya dalam setahun wkwkw. Tapi ini kan ya hobi sekaligus kerja, cuma sampingan aja, jadi lumayanlah hehe.

Hadiah kecil-kecilan juga tidak dihitung (menang lomba). Jadi alhmadulillah dari sedikit pintu itu bisa dapat lumayan. Bisa bantuin orang tua juga. 

Kalau fokus lagi ke adsense, afiliasi dan lainnya seperti lomba blog mungkin bisa lebih banyak lagi. Soalnya teman-teman lomba blog bisa menangin sampai puluhan juta lho!

Harapan 2021

Untuk harapan 2021 sebenarnya banyak sekali. Sebagai conten creator saya ada bahas resolusi saya di artikel sebelumnya. Yang pasti semoga aja konten yang saya berikan memang dibutuhkan dan bermanfaat bagi yang membaca. 

Namun sebagai hamba, sebagai anak, ibu, istri, dan teman, juga warga Indonesia, saya ingin sekali lebih bermanfaat lagi. 

Ingin melakukan sesuatu yang tidak hanya untuk diri saya sendiri. Semoga juga pandemi ini segera berakhir di belahan dunia manapun. Bisa beraktivitas dan bersilaturahim dengan tenang aamiin. 

Penutup

Nah itu dia beberapa kilas balik bagaimana saya sebagai freelancer di bagian content creator. Saya tentu punya target lebih tinggi lagi. Seperti pageviews blog 100k per bulan, jangkauan IG semakin bertambah, juga youtube semakin rajin upload-nya wkwkw. 

Pengen terima kasih buat teman-teman di grup yang senang sharing, khususnya para suhu di grup Blogwalking Asyik. Makasih buat Mbak Rini, Bang Doel, Mas Fadli, Mas Ari, Mbak Monic, Mbak Vicky, Mas Wahid, dan teman-teman keren lainnya. 

Makasih udah ngasih kursus SEO gratis di SEO Moms, Bang Q dan Mbak Sari. Udah ngasih ilmu gratis Mas Pewe, Mas Irwin, Mas Niko Julius, Mas Ilham Sadli, Mbak Ge, dll. Ah kalian orang-orang baik! 

Juga banyak teman sharing SEO lainnya ada Mbak Putri, Mbak Jihan, Mbak Ky, dan semuanya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. 

Doa saya semoga semua teman-teman bloger yang pengen fokus tahun ini bisa semakin dimudahkan, dilancarkan, dan berkah ya, aamiin.

Itu aja deh dulu. Semoga tulisan ini bisa memotivasi teman-teman yang lagi vakum atau baru mau mulai ngeblog ya. 

Seru kok. Selain cuan, ngeblog itu banyak banget manfaatnya. Salah satunya ya itu, dari awalnya nulis cuma bisa beberapa ratus kata, kini jadi ribuan kata. Nanti bisa jadi beberapa lembar terus jadi buku deh, aamiin. Bener banget yang dikatakan IbuKafa hehe. Semangaat semuanyaaa.

Disclaimer: Tulisan ini tidak ada unsur untuk mengatakan kalau dapat uang dari blog dan media sosial itu mudah. Sebenarnya susah (pake banget deh). Usahanya, begadangnya, idenya, dan masih banyak lagi. Tapi bukan berarti tidak mungkin. Judul membahana di atas juga bukan niat pamer, tapi agar bisa menjadi pemancing tulisan saya agar dibaca wkwkwk. Lumayan kan pageviews nambah hahah.

 Gambar: unsplash.com dan dokumen pribadi

Next Post Previous Post
15 Comments
  • kyndaerim
    kyndaerim 1 Jan 2021 08.25.00

    Hei pohontomaaat.. aku bacanya takjub lho, sampe tahan napas, wkwk..
    hebat banget sih kak Tri, bisa konsisten gitu, aku masih susah nih buat konsisten, apalagi buat ngonten di ig, ini baru mau mulai ngerapihin feed juga, huuhu..

    Yang paling buat aku penasaran sih sama PV itu, warbyasak! Aku nggak sabar nunggu bocorannya lho kak. Yuk ah buruan di muat di mari :D

    Semoga makin sukses buat pohontomat dan keluarga ya kak :*

    • Triyatni A.
      Triyatni A. 3 Jan 2021 06.48.00

      Aku mah cuma remahan dibandingkan Kak Ky hehe. Suka ama blog Kak Ky unik pake GIF. Soal konsisten aku mah bisa dibilang gak konsisten 😂

  • Kak Niken - Kal
    Kak Niken - Kal 1 Jan 2021 19.20.00

    Keren kak untuk resolusi 2021 pvblog 100k. Aduduhhh itu kece bnget ya. GImana caranya supaya bisa mencapai hal tersebut kak?

    • Triyatni A.
      Triyatni A. 3 Jan 2021 06.49.00

      Ini juga masih harapan Kak 😂🤭

  • ila aswil
    ila aswil 2 Jan 2021 05.30.00

    Kk ila insecure membaca ini. 😅

    • Triyatni A.
      Triyatni A. 3 Jan 2021 06.49.00

      Kakak Ila mah bisa tinggal serius (lagi) aja 😍

  • lylamanzila
    lylamanzila 2 Jan 2021 18.25.00

    Dari postingan ini saya belajar, nggak boleh menyamakan target orang lain harus sama seperti kita. Tetap belajar, berusah walau masih terjatuh
    Semangat kak tri
    Makasih sudah memotivasi diriku yang hampir putus semangat

    • Triyatni A.
      Triyatni A. 3 Jan 2021 06.50.00

      Hehe iya Kak tiap orang pasti targetnya beda2. Semangat kitaaa 😍

  • Thessa R
    Thessa R 3 Jan 2021 11.10.00

    Kak tri aku kagum banget sama pencapaian inii 😍😍 Apalagi saat dibandingkan awal thn dg akhir thn yg tembus 40K views. Itu cuma setahun loh, udah peningkatannya sejauh itu. Gimana ga keren coba.. Konsistensi n banyak belajar terutama tntng SEO ya, noted kak.. Makasi buat inspirasinya Kak..

    • Triyatni A.
      Triyatni A. 3 Jan 2021 23.34.00

      Aamiin Kak, semoga kita terus berkembang hehe. Kalau konsisten sebenarnya belum juga sih wkwk. baru mau belajar konsisten malah

  • Dodo Nugraha
    Dodo Nugraha 3 Jan 2021 21.09.00

    Haloo mbak, waah keren banget nih pencapaian2 nya di tahun 2020. Baik di blog, maupun instagram..
    Aku jg sedang buat IG, tapi masih belum gede nih 😅

    • Triyatni A.
      Triyatni A. 3 Jan 2021 23.35.00

      Belum keren Mas masih belajar hehe. Semangat terus ya kita semua ...

  • Tika Insani
    Tika Insani 4 Jan 2021 01.23.00

    Baca postingan Mba Tri pasti selalu kagum, baca ini makin kagum lagi. Keren banget Mba pencapaiannya bisa sedrastis ini dalam kurun waktu 1 tahun! Wah, salut banget lah Mba!
    Apalagi pas baca PV sampe 40rb-an, wah aku langsung kicep 🙈 Padahal baru aja seneng kmren ngecek PV terakhir udah ribuan tapi ternyata masih jauh banget ya. Semangat terus Mba! Aku juga mau semangat lagi ngurusin blog 😆

  • Devina Genesia
    Devina Genesia 7 Jan 2021 07.00.00

    Mba Tri kereeenn... Semangaaat mbaaa, tulisan dari Mba Tri selalu kasih hal-hal yang bermanfaat. Ditunggu tulisan-tulisan lainnyaaa yaa.. 😉

  • flowerry@blogspot.com
    flowerry@blogspot.com 22 Mar 2021 18.33.00

    keren artikelnya gan

Add Comment
comment url