MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

Solusi Agar Pelatihan Karyawan Menjadi Efektif dan Efisien

Solusi Agar Pelatihan Karyawan Menjadi Efektif dan Efisien
Add Comments
8/31/2021
Daftar Isi [Tampil]

Membangun sebuah perusahaan yang baik, bukan hanya soal pengembangan produk atau konsep marketing, tetapi masih banyak hal yang menjadi faktor sebuah perusahaan akan tumbuh sukses dan besar. 

Salah satunya adalah bagimana kualitas SDM yang tidak hanya cakap dari segi skill individu, tapi mengerti dengan baik bidang kerjanya, memiliki etos dan kepribadian yang memberi pengaruh positif terhadap lingkungan, bisa bekerjasama dengan tim dengan baik, dan masih banyak lagi. 

Tentu, ini menjadi tantangan dan PR untuk sebuah perusahaan, baik yang baru merintis, maupun yang sudah memiliki struktur dan manajemen yang baik, kualitas SDM tetap harus dipertahankan dari waktu ke waktu. 

Tantangan Pelatihan Karyawan

Beberapa perusahaan biasanya memberikan anggaran khusus untuk pelatihan karyawan. Tidak tanggung-tanggung, pengeluaran yang dianggarkan untuk pelatihan karyawan perusahaan sangat besar. 

Namun, terkadang ada beberapa hal yang tidak maksimal pada jenis pelatihan konvensional tersebut. Seperti, ketidakhadiran di saat pelatihan karena kondisi darurat, ketidakmaksimalam evaluasi, kurang rapinya pendataan, dan masih banyak lagi. 

Sekarang, dengan kondisi serba digital, Ruangguru sendiri sudah memperkenalkan LMS ruangkerja sebagai solusi agar pelatihan konvensional dengan segala keterbatasannya, bisa menjadi lebih maksimal dan efisien dengan LMS ruangkerja. Lantas apa sih LMS ruangkerja tersebut?

Mengenal LMS ruangkerja

LMS ruangkerja  adalah sebuah produk dari Ruangguru untuk memaksimalkan pengembangan SDM pada sebuah perusahaan. Singkatnya ruangkerja adalah platform pelatihan online berbasis mobile untuk membantu perusahaan dan karyawan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan di dunia kerja.

Fitur yang Oke

Di LMS ruangkerja terdapat kelas umum dan kelas perusahaan. Kelas umum sendiri bersifat gratis dan memiliki topik pembelajaran umum untuk meningkatkan kinerja karyawan. Pilihan opsional jadi bisa dipilih atau tidak. Sedangkan kelas perusahaan sendiri adalah kelas yang diinput oleh perusahaan. Di kelas ini bentuk pelatihannya mulai dari pre-test, topik dan modul, post-test, dan feedback form

aplikaso pelatihan online


Kelebihan LMS ruangkerja

Untuk secara umum sendiri, aplikasi dan situs web memiliki kelebihan fitur lainnya seperti ada leaderboard yang membantu meningkatkan motivasi daan daya saing dengan skor. Ada sertifikat, dll. Secara rinci akan dijelaskan lebih dalam lagi di bawah. 

Mobile Learning

Dengan konsep ini, para karyawan bisa ikut pelatihan tanpa berbatas waktu dan tempat.

Learning Journey

Pengalaman belajar yang lebih dinamis dan menarik.

Powerful user Interface

Tampilan aplikasi yang menarik, ringan, dan user friendly

Collaboration

Di dalam kelas pelatihan, tiap peserta bisa saling diskusi dan berkolaborasi hingga bertanya pada para ahli mengenai materi pelatihan.

Leaderboad

Dengan kompetisi dalman belajar, ini akan mendorong peserta untuk menyelesaikan pelatihan dengan sebaik mungkin agar bisa mendapat peringkat atas.

Notifications

Notifikasi update tentang perkembangan pelatihan. 



Certificate

Setelah menyelesaikan pelatihan, para peserta bisa mengunduh sertifikat digital dan mencetaknya,

Web Version

Versi web atau laptop juga bisa diakses dengan mudah.

Adminitrator Controlling

Terdapat fitur control bagi admin yang memudahkan tanpa perlu membuat sistem baru yang lebih mahal. 

Cloud Base

Dengan penyimpanan data berbasis cloud, maka akan mengehmat pengeluaran lebih banyak. Subscription model melalui cloud ruangkerja, akan menjadikan perusahaan lebih hemat dan jadi investasi perusahaan hingga milyaran rupiah dibandingkan membangun sistem sendiri. 

Waktu implementasi pun jauh lebih singkat dan hanya butuh 2 minggu saja untuk dapat go live. Semua fitur sistem sudah dilengkapi SSL Security, konten dan data perusahaan juga akan aman terlindungi di cloud ruangkerja.

Kesimpulan

Kita sudah tahu bahwa pelatihan karyawan adalah salah satu komponen penting agar sebuah perusahaan bisa terus meningkatkan kualitas SDM. Tentunya ini tidak hanya bermanfaat untuk karyawan itu sendiri, tapi juga bermanfaat untuk perusahaan dan kinerja secara keseluruhan. 

LMS ruangkerja menawarkan kepada kita sebuah platfrom untuk pelatihan karyawan perusahaan yang fleksibel. Para peserta akan diberi kemudahan dalam mengakses materi belajar dengan menggunakan beragam perangkat mulai dari handphone atau PC/laptop.

Kini, dengan LMS ruangkerja dari Ruangguru, bisa menjadi solusi pelatihan berbasis mobile yang memudahkan karena memiliki fitur-fitur yang menarik dan modern. 

Jadinya pelatihan akan menjadi lebih efisien dan efektif melalui LMS ruangkerja. Terakhir, tentunya harapan kita semua agar karyawan menjadi semakin berprestasi dan bertumbuh bersama perusahaan. 

Gambar ilustrasi sampul: unsplash.com

Baca Juga
Triyatni A.

Terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, semoga bermanfaat ya ^^ Untuk sharing atau kerjasama lebih lanjut bisa hubungi di Instagram: @pohontomat atau email: pohontomat.com@gmail.com

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Sangat bermanfast,, terima kasih mba, semoga sukses,,
    Kunjungi juga blog saya
    Mytekiz.com

    BalasHapus