Menang Lomba Blog Pertama Kali : Permulaan yang Baik di Tahun 2020

Daftar Isi [Tampil]
lomba blog
Image by StartupStockPhotos from Pixabay

Sejak dulu, naluri berkompetisi saya sebenarnya cukup tinggi. Jika ada mata pelajaran yang menginginkan adanya juara, saya pasti akan berusaha untuk ikut. Berlanjut  saat SMA, saya senang jika ada lomba-lomba yang bisa saya ikuti (meski tidak banyak). Saat kuliah, saya mencoba peruntungan mengikuti karya Ilmiah bersama senior saya, Alhamdulillah dapat juara 1. Tapi dibandingkan suami saya yang punya banyak piala olimpiade, saya tidak ada apa-apanya, wkwk. Tapi saya bangga sama suami, saya emang nyari suami yang lebih daripada saya, hehe. 


Saat bekerja, jika ada kompetisi antar karyawan yang sesuai minat saya, akan saya usahakan ikut. Pernah ikut pidato bahasa Inggris, yang hanya saya yang ikut di kalangan divisi kerja saya. Meski Bahasa Inggrisnya pas-pasan, modal pede jadi senang aja.

Setelah menjadi ibu rumah tangga, dan dulu mulai aktif di komunitas baca (@gerakan_1week1book), saya rajin mengikuti kompetisi nulis seperti puisi,  cerpen, dan karangan bebas. Di awal tahun 2018, Alhamdulillah terbit antologi pertama dari sayembara menulis. Sekarang sudah mendapatkan 5 buku antologi (semuanya dari hasil sayembara alias berkompetisi). Seneng, apalagi pas pertama kali lihat ada tulisan kita di buku, hehe.

Akhir tahun 2019, saya mencoba untuk benar-benar fokus ke blog saja. Setelah tidak lagi mengikuti kegiatan-kegiatan lainnya. Selain sudah kurang waktu setelah si kecil disapih (dulu sering manfaatkan waktu nulis dan baca saat dia mimi berjam-jam, wkwk), menulis di blog ternyata memberi banyak keuntungan materi baik jangka pendek maupun jangka panjang (dasar emak-emak liat dollar aja langsung seger 🤣).


Jangka pendek adalah ketika dapat job, adanya bayaran ketika kita posting sesuatu di blog kita sesuai permintaan klien. Bisa dengan menempatkan artikel yang mereka sudah siapkan, bisa juga dengan menulis langsung artikel  sesuai permintaan (biasanya bayaran ini lebih tinggi).

Jangka panjang adalah semakin banyak tulisan kita, semakin bagus juga nilai blog kita (tergantung kualitas juga di mata mesin pencari).

Serunya lagi, kita bisa mengikuti banyak lomba blog yang hadiahnya betul-betul menggiurkan. Tapi belum pernah menang. Sebenarnya bukan masalah hadiahnya saja, tapi rasa kepuasan ketika diberi penghargaan atas karya yang kita hasilkan, betul?

Keuntungan mengikuti lomba blog banyak banget menurut saya diantaranya :

1. Menambah wawasan

kita perlu mencari referensi yang lumayan banyak. Bahkan banyak istilah-istilah baru yang saya ketahui setelah menulis lomba blog. Menambah ilmu, dan belajar terus.

2.  Menambah keahlian menulis & editing

Semakin kita menulis semakin sering kita mengasah kemampuan. Pernah sadar gak kalau ternyata setelah nulis ada aja yang menurut kita kurang tepat dan harus diedit? Nah itu salah satu keahlian editing. Siapa tahu nanti bisa jadi editor, hehe. Itu profesi tersendiri yang cukup menjanjikan lho.

3. Menambah skill desain

Tidak dimungkiri, selain menulis, kita perlu juga menambahkan evek visual seperti tabel maupun infografis agar artikel lomba kita semakin menarik. Bahkan ada yang menuangkan karya lukisan animasinya langsung ke dalam artikel. Dan akhirnya sudah bisa ditebak dialah yang juara 1.

4. Menambah kualitas blog

Semakin kita rajin menulis, semakin banyak nilai kualitas pada blog kita. Biasanya diukur dengan DA (Domain Authority) & PA (Page Authority).


Apalagi jika tulisan yang kita cantumkan, banyak dicari orang di mesin pencari seperti google. Kan lumayan menambah kepercayaan google terhadap tulisan kita. Salah satu artikel lomba saya ada yang sering menjadi pencarian di google. Jadi ketika lomba berakhir, saya tidak menghapus artikel tersebut. Hanya mengedit beberapa yang diperlukan dan tetap nangkring di blog saya.

Akhir 2019 kemarin inget banget banyak sekali lomba blog. Setelah mengikuti 2 lomba blog di bulan Desember, saya sempat stuck padahal sudah mengantongi banyak referensi lomba blog lainnya. Saya tiba-tiba ciut setelah membaca tips menang lomba blog dari para suhu. Rata-rata para langganan pemenang lomba blog memang totalitas abis. Selain mencatat lomba di draft excel, mereka melakukan pembelajaran terus-menerus dengan membandingkan karya mereka dengan lainnya jika tidak menang. Benar-benar antara menang aja atau gagal sama sekali pilihan mereka. Saya yang biasa hanya ikut sekadarnya, bermodal infografis ala aplikasi android, menjadi down dan akhirnya memutuskan untuk tidak dulu ikut kecuali benar-benar siap dengan segalanya dan maksimal.

Saya juga tidak lagi menunggu pengumuman dengan antusias seperti biasanya. "Ah paling juga gak menamg lagi", kata saya dalam hati. Malah jadi santai. 

Namun di awal tahun 2020, tepatnya tanggal 10 Januari kemarin, di subuh hari, saya mendapat berita bahagia (dari grup blogger Banjarmasin),  bahwa saya menjadi salah satu pemenang lomba. Padahal pengumuman bahwa saya calon semifinalis sudah ada di email sehari sebelumnya. Haha, dasar diriku!

Dapat kabar pertama kali dari grup
Meski jadi pemenang favorit, hadiahnya menurut saya tetap luar biasa yaitu sebuah hp android xiaomi redmi note 6 pro. Lumayan kalau diuangkan, hihi. Dari dulu emang pingin banget rasain rasanya menang lomba blog. Ternyata luar biasa 😍. Alhamdulillah. MasyaaAllah Tabarakalah.

hadiah pemenang, juara 1-3 keren banget kan?

pengumuman lomba cheria-travel.com

Sedikit beruntung, pemenang lomba cukup banyak yaitu sekitar 13 orang. Biasanya kan hanya juara 1-3. Tapi dari situ saya menjadi pede kembali, toh ikut lomba blog juga tanpa modal. Semoga menang pertama kali di awal tahun ini menjadi permulaan pembuka peluang menang di lomba-lomba selanjutnya. Cuma perlu sedikit (atau banyak?) ketekunan dan waktu ehe. Semoga nanti bisa ikut lomba blog lagi. Bener-bener maksimal biar bisa dapat juara 1. Aamiin.

Di sini ada yang mau berbagi cerita soal lomba blog juga? Siapa tahu pernah menang? 😄
Baca Juga :
@pohontomat | Triyatni Ashari
ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀɴ | ᴍᴜꜱʟɪᴍᴀʜ | ᴀ ᴍᴏᴍ | ᴄᴏᴍᴘᴜᴛᴇʀ ɴᴇᴛᴡᴏʀᴋɪɴɢ ᴠᴏᴄᴀᴛɪᴏɴᴀʟ ʜɪɢʜ ꜱᴄʜᴏᴏʟ ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ᴊᴀᴘᴀɴᴇꜱᴇ STUDY ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ʟᴏᴠᴇ ᴛᴏ ʀᴇᴀᴅ ᴀɴᴅ ꜱʜᴀʀᴇ | ᴄᴏɴᴛᴀᴄᴛ ᴍᴇ ꜰᴏʀ ᴍᴏʀᴇ pohontomat.com@gmail.com ɪɴꜱᴛᴀɢʀᴀᴍ : @ᴘᴏʜᴏɴᴛᴏᴍᴀᴛ

Related Posts

15 komentar

  1. Sepertinya saya harus berguru nii sama Mbak. Akhir tahun lalu, saya pertama kali ikut lomba flash blogging, dan alhamdulillah juara 2. Selama ini cuma nulis caption di IG, entah kenapa saya ingin menseriusi dunia perbloggingan ini. Namun, saya masih males utak atik printilannya huhuhu

    BalasHapus
  2. Yaiy selamatttt. Tahun lalu saya cuma ikut satu lomba blog dan ga menang wkkwkwkw biasanya down duluan baca postingan para jawara :D

    BalasHapus
  3. Wah...hebat kakaknya awal tahun sudah menyabet prestasi aja... jadi ikutan terpacu juga untuk berkompetisi (doakan berhasil ya)

    BalasHapus
  4. Wah selamaaaaat
    Kabar gembira di awal 2020 ya mbak
    Senangnya mengawali tahun dengan kemenangan. Semoga makin terbuka lagi jaln kemenangan berikutnya ya

    BalasHapus
  5. Awal tahun yang menyenangkan ya mbak bisa menang lomba blog. Wah, rencana ngeblog-nya keren amat. Bikin saya bersemangat bacanya.

    BalasHapus
  6. Selamat mba atas pencapaian nya, pertahankan dan kembangkan agar bisa menjadi jawara utama, saya belum pernah ikutan lomba blog, sepertinya tahun ini saya mau coba.

    BalasHapus
  7. Selamat ya Mbak, semoga semakin banyak lagi prestasinya di 2020. Btw, url url blognya unik ya, hhe

    BalasHapus
  8. Saya dulu juga senang ikut kompetisi blog. Karena itu salah satu cara agar blog saya ada isinya dan melatih kemampuan nulis juga. Tapi sekarang saya jarang ngikuti lomba Blog lagi. Mgkn sedang jenuh..nanti deh nyoba ikut lagi..

    BalasHapus
  9. Hore...selamat yaaa awal tahun 2020 udah diawali dengan menang lomba blog. Semoga makin banyak prestasi yang diraih ya...

    BalasHapus
  10. Semangat berkompetensi itu perlu dimiliki siapa saja, tapi yg positif, seperti mba ini. Keren ih, saya jadi belajar banyak. Selamat ya mbaaaa. You've got it.

    BalasHapus
  11. Wah. Selamat kakak. Saya harus banyak belajar ini ngulik blog. Meskipun sekedar utk kepuasan batin. Klo utk lomba blm berani. Nyali selalu ciut dan males repot kalo ikut lomba2

    BalasHapus
  12. waah selamat ya mbak. saya belum pernah menang lomba blog. tulisan ini jadi penyemangat buat saya. siapa tahu besok saya bisa nyusul jadi juaranya. Aamin...

    BalasHapus
  13. Selamat mbak, sngat memotivasi tulisannya, khususnya buat blogger pemula kayak saya.

    BalasHapus
  14. yeayyyyy selamat.tetap semangat dan sama2 trus belajar yaaaak..pengingat buat diri sendiri nih terutama

    BalasHapus
  15. sama nih mbak tri sama saya, punya jiwa jiwa kompetisi hehehe
    gatel aja rasanya pingin ikutan, karena bisa mengukur kemampuan diri sejauh mana

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Komentar muncul setelah dimoderasi.

Salam kenal 😆

Recent

Masukkan Email untuk Langganan Gratis