Bekerja dari Rumah, Berapa Penghasilan Saya sebagai Blogger Pemula?

Bekerja dari Rumah, Berapa Penghasilan Saya sebagai Blogger Pemula?

Konten [Tampil]
bekerja dari rumah
Gambar oleh Lukas Bieri dari Pixabay

Disclaimer :
Saya kan udah nulis di judulnya kalau saya pemula,
jadi yang baca ini cocok untuk yang baru mau jadi blogger pemula atau pemula masih awal-awal ya! (tolong bahasa apa ini? 😄). Kalau yang udah pro bisa di-skip, karena ini akan menimbulkan efek senyum-senyum karena maklum. Atau boleh nambahin cerita pengalaman di komentar sebelum menjadi pro.
 Tulisan ini juga bukan ajang sombong, karena saya tidak pernah ikut audisi ajang sombong, cuma mau bikin penasaran kelen aja 😆

Bekerja dari rumah? Hmm, kok enak ya dengernya?

Apa ada yang pernah bertanya-tanya berapa penghasilan Blogger?

Kita cerita sejarah dan latar belakang dulu ya ...

Setelah itu lanjut pendahuluan, isi, baru kesimpulan, biar sekalian nostalgia ama skripsi XD

SEJARAH

Seperti banyak saya ceritakan di tulisan-tulisan sebelumnya (hello emang banyak yang baca Mak?), saya bilang kalau kenal blog itu udah lama. Ya kenal doang gak pernah akrab gitu. Antara 2010-2012 kalau tidak salah. Saya mencoba daftar banyak blog, mulai blogspot, wordpress, wix, xanga, hingga blog buatan Jepang.Kenapa banyak? Gak tahu juga. Mirip-mirip media sosial kali ya daftarin semua XD.

Padahal blog itu beda. Daftar doang gak nulis sama aja beli beras gak dimasak. Nulis aja tapi gak ada pengunjung, sama aja udah buka hati tapi gak ada yang mau masuk, uhuk. Ya tergantung niat juga, kalau cuma pengen ngeluarin uneg-uneg biar lega, gak harap dibaca, itu beda cerita ya.

Dulu beneran cuma iseng. Malah sibuk ngurusin templatenya biar cantik. Eh tapi nulisnya gak mulai-mulai.

PENDAHULUAN

Memulai di Blog Gratisan

Sampai akhirnya sempat agak sedikit menjelang rajin waktu nulis di wordpress. Lumayanlah ada beberapa biji tulisan. Ngupdate setahun atau 2 tahun sekali. Kayak ngupdate pajak motor gitu kali ya. Satu-satunya pembaca setia saya mungkin cuma Mbak Ila Aswil 🤣 (Eh tapi banyak yang baca kalau tulisan crack windows 8 dulu lho hihi). 

Sekitar 2018 gabung di grup komunitas baca (@gerakan_1week1book). Ada nyerempet bahas-bahas blogger. Salah satu blogger (Kak Reffi kalau tidak salah), sedikit membocorkan bahwa beliau bisa dapat uang dari blog. "Kok bisa?" Tanya banyak orang saat itu. Ya salah satunya dibayar orang buat nulis. 
Dengernya seru gitu kan ya. Apalagi blognya emang udah TLD domain.com. saya yang maish gratisan ciut dong. Beli domain aja gak mampu, mau jadi blogger profesional. Hmmm. 

Di komunitas baca  sendiri kami pernah ada tantangan nulis di blog gitu tiap Minggu. Yang jadi juri si adminnya. Seru! Apalagi kalau tulisan kita ternyata dibaca dan dihargai orang, ehe.  Ada penghargaan favoritnya juga.

Lalu entah kapan, saat itu di media sosial, tiba-tiba saya menemukan komunitas bloggerperempuan. Komunitas blogger yang cukup besar di Indonesia. Langsung tertarik join deh. Siapa tahu bisa semangat nulis. Ternyata bloggerperempuan juga punya namanya BPN (Blogger Perempuan Network). Tempat dapat informasi seputar Job Blogger. Daftar dong aku. Masih modal domain gratisan, pede aja hehe

gambar blog
Gambar oleh Karolina Grabowska dari Pixabay

ISI 

Jadi berapa sebenarnya penghasilan Blogger?

Lupa kapan, ada job sebuah provider dari BPN (sekarang udah jadi Hiip sih), buat posting di media sosial. Followers minimal 1000. Wah nyampe nih. Kebetulan providernya juga lagi saya pakai. Dan mereka butuhin daerah yang saya domisili. Saya daftar deh. Tapi lama gak buka email dan saya gak nyalain notif. Saya di wa langsung sama Mbak dari BPN-nya. Kaget dong. Pertama kali dapat job influencer. Kayak pertama kali dilamar gitu kali ya hihi. 
Tapi soal job tahu dong mau jawab apa. Yes yes, saya terima!

Briefnya (arahannya) dulu itu diminta foto dengan aktivitas yang dominan warna provider, dan meneritakan kekuatan jaringannya. Posting di FB sama IG kalau tidak salah. Bayarannya? Mayan sih. Bisa beli mie ayam tanpa bakso 15 mangkok. Kenapa mie ayam? Karena saya suka me ayam. Gitu aja.
Jadi gak nyangka juga, daftar buat job blog, dapat juga job media sosial. Mungkin karena saat daftar ada diinput media sosial juga sih ya. Apalagi mulai ada wacana bahwa blog suatu saat nanti akan tergantikan dengan media sosial aja. Hmmm. Itu pembahasan lain. Skip.

Akhir 2018 lalu ada tantangan menulis 30 hari dari bloggerperempuan. Katanya buat latihan nulis. Ada hadiah juga bagi yang beruntung. Semua peserta juga dapat merchandise. Karena saya suka tantangan dan hadiah, saya ikut. Saya selesaikan! Rajin banget kan? Meski saat itu nulis asal-asalan, ada yang panjang artikelnya, ada yang pendek. Trus lebih banyak copas meski ada sumber, hehe. Padahal itu gak baik sih buat blog. Yasudah namanya masa lalu.

Mulai Beli Domain TLD


Sekitar awal 2019. Ada job blog. Sekitar 2 job. Ini domain saya masih gratisan lho. Saya juga masih jarang nulis haha. Job blog itu lumayan juga. Beli produk sendiri, review, nanti diganti dengan tambahan bonus. Yeay.  

Pertengahan 2019, saya mulai tersentuh untuk lebih serius. Biar rajin nulis, saya nekat beli domain. Dulu kan sebagai emak-emak mikirnya mending beli beras daripada domain, hehe. Eh ternyata gak mahal-mahal amat. Kalau dikisarkan ya 8 ribu sebulan. Kan irit tuh. Tapi dengan syarat pakai blogspot. Eh kenapa pindah ke blogspot? Baca tulisan saya yang lain boleh hehe.

blogging
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Tepat 19 Juli 2019 adalah kelahiran blog saya ini yang tercintah. Karena belum bisa apa-apa, jadi belum bisa menghasilkan apa-apa. Nulis kudu rajin dulu. Kan udah bayar. Jadi motivasi. Udah belasan tulisan, pede daftar Adsense.

Setelah sebulan lebih perjalanan ditolak dan lain-lain, saya akhirnya bisa pasang. Perasaannya? Wow. Bisa gitu ada iklan mejeng di blog. Dibanyakin deh. Keliatan banget noraknya saya kan? 🤣 Banyak iklan bikin pembaca gak nyaman, trus lambatin loading blog juga. Haha. Ya namanya juga baru pertama kali hehe.

Adsense sebenarnya gak usah diharapkan kalau page views blog masih cetek kayak saya, haha. Tapi banyak juga yang dapat penghasilan kalau emang pengunjungnya banyak. Untuk sekarang, lebih banyak penghasilan dari job luar dong, hehe.

Masuk Komunitas, Mulai Banyak Job

Umur 3 bulan blog saya, saya mendaftar di Female Blogger Banjarmasin (FBB). Karena syaratnya harus 3 bulan. Jadi sekitar September 2019 kali ya? FBB ini di WA grup ternyata sering share job gitu. Syarat paling sering yaitu minimal DA (Domain Authority). Semakin tinggi semakin bagus. Apa itu DA dan cara naikinnya? Kalau mau tahu silakan baca Cara Meningkatkan Domain Authority milik teman saya.

Ya, kebetulan karena blog baru, DA (Domain Authority) saya masih cetek. Gak ngarep banyak. Tapi kalau ada form dengan syarat yang sesuai (gak ada syarat DA), biasanya daftar. Selama kurang lebih 2 bulan (Oktober-desember) itu, dapat job blog 2, dan media sosial 1. Dapat komisinya lumayanlah buat pemula hehe. Biasanya sih sudah termasuk produk.  Kadang ada yang ngasih lebih juga. 

Bulan januari kemarin nih yang lumayan wow Alhamdulillah. Saya dapat job blog yang mesti posting 4 konten sekaligus (content placement namanya, tinggal masukin tulisan yang sudah disediakan). Padahal blog saya DA masih 8 dan PA masih 23. Alexa masih 2,1 juta sekian (updated 15 Februari 2020). Sekarang udah 400k global alexanya, hiks terharu (update 12 Juni 2020).

Masih rendah banget. Biasanya kan DA minimal 10 tuh kalau job dari luar. O ya saya dapatnya via email. Katanya blog saya nilainya bagus (terharuu). Lalu media sosial sekitar 4 job. Serunya 1 job media sosial kemarin bisa pakai 2 akun jadi bayaran atau fee-nya dobel juga. Jadi anggap aja 5 job ya. Kita hitung sebulan 4 tulisan blog + 5 media sosial, tambahan Alhamdulillah Januari kemarin juga pertama kali menang lomba blog. Dapat hadiah smartphone. Sebulan udah bisa beli mie ayam 90 mangkok kali ya. Mau diapain coba mie ayamnya? Haha. 

Ya seperti itulah. Aktif jadi blogger dengan domain TLD (pohontomat.com) sekitar 6 bulan. Dapat pundi-pundi lumayan, balik modal beli domain, sekaligus  sudah bisa beli domain untuk 10 tahun ke depan. Alhamdulillah. MasyaaAllah.
Gitu aja deh. Semoga bermanfaat ya hehe.

Ini sekali lagi saya ceritain dari sisi pemula ya. Kalau yang udah pro, dapat bocoran mereka dibayarnya mulai 200 ribu-1 juta per artikel. Juga ada yang lebih lagi (ada yang 7 juta/artikel). dan sumber-sumber pendapatan blogger bukan hanya artikel yang dibayar, tapi masih banyak lagi. Ada blogger yang bisa dapat puluhan juta sebulan, bahkan ada blogger yang sudah mencapai omset 1 milyar dalam 2 tahun. Nanti saya mau tulis lagi soal itu. Masih di draft, hoho.

KESIMPULAN

Manfaatkan Waktu Luang

Bekerja dari rumah bisa dengan cara apa saja. Berapa penghasilan Blogger tentu berbeda-beda. 

Menjadi Ibu Rumah Tangga (apalagi tanpa ART) juga dinamakan bekerja. Double-double malah. Jadi koki, jadi tukang cuci, perencana keuangan, nasihat pribadi, guru sekaligus baby sitter, plus melayani suami  sebagai asisten pribadi, dan masih banyak lagi. Coba pekerjakan orang dengan masing-masing tugas, berapa gaji yang harus dikeluarkan? Belum lagi kontrak 24 jam x seumur hidup. Jadi semangat ya Mom. Mom bekerja sekaligus dapat pahala dan Surga InsyaaAllah kelak 😍. 

Biar gak bosan dan pengen tambahan penghasilan, bisa nyambi sebagai blogger. Tapi semua orang tergantung lagi sama rezeki ya. Sama usaha juga. Sama doa juga. Saya share ini buat nambah semangat yang baru mau fokus blog. Kalau ternyata blog bukan hanya sekadar tempat bercerita dan berbagi, tapi sekaligus juga bisa menghasilkan. Apalagi kalian yang masih lajang. Manfaatin waktu luang. Karena kalau sudah menikah, ada yang lebih prioritas. Sebagai ibu rumah tangga, selama ada jalan buat menghasilkan sekaligus hobi yang bermanfaat, saya ambil jadi blogger untuk saat ini. Saya juga ada dagang kecil-kecilan (belum fokus sih). Intinya selama niatnya baik, dapatnya juga baik. InsyaaAllah. Yuk saling mendoakan semoga rezekinya semakin baik di tahun 2020. Aamiin :D

#1minggu1cerita



Tulisan ini dibuat dalam rangka tema spesial awal bulan dari #1minggu1cerita : Tema Bekerja

Baca Juga

12 komentar

  1. Wah, masih ada peluang aku bisa dapat uang melalui blog ya, Mbak. Hehehe. Masih benar-benar newbie nih, sampai posting nya jarang. Suka sering hilang motivasi nulis. Sepertinya kok untuk ke tahap dapat uang melalui blog aku masih jauh. 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo Mbak semangat. Pasti bisa kok, hehe

      Hapus
    2. Semangat nulis lagi yuk Mbak. Kalau rajin posting nanti nilai blognya bagus, bisa dapat sponsor biasanya, hehe

      Hapus
  2. Sama lah kita hehe... blog aku lahir desember 2019. Nulis masih jarang2, views nya juga masih sedikit.

    Jadi baiknya aku nunggu agak lama dulu atau jajal daftar adsense sekarang aja ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah baru aja ya Mbak 😆 boleh baca tulisanku yang ini soal Adsense. Ada tanya jawabnya di bagian akhir https://www.pohontomat.com/2019/09/tanya-jawab-google-adsense-masalah-jika.html?

      Hapus
    2. O ya saya lihat blog Mbak tulisannya udah lumayan, coba aja daftar dulu Mbak.

      Hapus
  3. "apalagi kalian yang masih lajang. manfaatin waktu luang."

    Oke baiq buuuuu hahahahah

    BalasHapus
  4. aamiin hehe kalau saya tidak terlalu mengejar penghasilan dari blogger. blog hanya hoby dan upya ekspresi diri hehe

    BalasHapus
  5. Keren kak dari Desember 2019 udah DA 6, aku dari Maret 2019 baru DA 3 :(

    BalasHapus
  6. Baca ini jadi semangat nulis lagi mbak.. Apa kabar blogku yg udah 3 bulan nganggur 😭😭😭 semoga dapet hidayah buat rajin lg 😂

    BalasHapus
  7. Wah, aku jadi semangat nulis nih padahal aku ngeblog sejak 2018 tapi kok males banget gitu rasanya pas mau nulis. Emang gak bisa ngandelin adsense kalo blog masih cetek, aku pun juga ngandelin project dari luar mbak, karena dapetnya juga lumayan.

    BalasHapus
  8. lumayan banget sekarang fee job blogger, paling nggak bisa buat tambahan beli sabun, jajan atau delivery makanan.terus semangatt

    BalasHapus

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...