MASIGNASUKAv102
3466012207913743702

24 Pekerjaan Yang Dilakukan Secara Online, Cocok Saat Corona!

 24 Pekerjaan Yang Dilakukan Secara Online, Cocok Saat Corona!
Add Comments
1/06/2021
Daftar Isi [Tampil]

Seorang kawan online mengunggah sebuah foto yang menggambarkan dia tengah tersenyum. Dia tidak sungkan untuk mengatakan bahwa dirinya dan suaminya baru saja kena PHK akibat corona. Katanya, meski cobaan terus datang, dia akan mencoba terus bahagia. 

Pekerjaan Yang Dilakukan Secara Online, Cocok Saat Corona! - pohontomat.com | Sejak mulai santer berita tentang merebaknya sebuah virus baru di Wuhan pada akhir tahun 2019, dunia tiba-tiba geger. Banyak yang takut hal tersebut berdampak banyak hal, dan itu terbukti setelah setahun corona belum juga ingin pergi.

Bukan hanya kehilangan keluarga tercinta secara tiba-tiba, tapi juga kehilangan mata pencarian yang selama ini bisa menangggung beban hidup keluarga.

Tua, muda, pria, wanita, hampir semua lini kena dampaknya. Tidak hanya pekerja, pengusaha pun banyak yang turun omzet bahkan gulung tikar.

Para karyawan dan pegawai mencoba memulai usaha, dan para pengusaha mencoba ladang usaha baru. Ibu-ibu di rumah ikut turut serta membangkitkan kembali perekonomian keluarga. Bahkan ada yang berkata, “lebih baik aku kena corona daripada keluarga tidak makan”. 

Uniknya, beberapa pekerjaan tertentu menjadi menjamur. Salah satunya profesi menggunakan baju badut di pinggir jalan. 

Namun ternyata, ada beberapa pekerjaan yang makin meroket dan tidak terkena dampak corona (meski kena cuma sedikit saja). Beberapa pekerjaan tersebut lebih bersifat online. Lalu apa saja kah pekerjaan-pekerjaan yang bisa dilakukan secara online itu? Berikut saya ulas satu persatu:

1. Guru Privat Online

Bagi teman-teman yang memiliki skill di beberapa mata pelajaran atau mata kuliah tertentu, teman-teman bisa mendaftarkan diri di berbagai platform belajar online

Salah satu contohnya adalah superprof.co.id. Di sana kita bisa ngajar online aja lho! Enggak perlu ketemu peserta kursus. 

Teman-teman cukup mendaftarkan diri dengan merincikan kualifikasi teman-teman. Nanti murid-murid akan mencoba mencari yang cocok. Harganya bahkan bisa diatur sendiri dan tidak dipotong admin sama sekali (terakhir kali sih buka seperti itu). 

Platform belajar lain juga kayaknya sudah semakin banyak, salah satunya yang sering nampil di TV itu  hehe.

2. Penerjemah

Yang memiliki kemampuan berbahasa asing, tenaga kerja penerjemah bisa dibilang selalu dibutuhkan. Bisa menerjemah buku, dokumen, film atau apapun permintaan klien. Bahkan teman dulu diminta untuk menerjemahkan buku SOP sebuah kapal besar.

3. Penulis Konten

Penulis konten lepas, atau content writer ini cukup menjanjikan. Ada lowongan yang bersifat kontrak, misalnya menulis tiap hari di sebuah platform. Ada juga yang bersifat random order, tinggal menunggu pesanan tulisan. 

Tapi kalau mau juga bisa mendaftar di beberapa platform yang membayar tulisan kita, seperti mojok.co, jalantikus.com. babe.news, vebma.com, voxpop.id, nulis.co.id. dll. 

Yang penting mau menulis aja sih hehe. Lumayan kan kalau bisa nulis 10 artikel sehari (1 artikel aja susah ya wkwkw). Penulis konten adalah pekerjaan online tanpa modal menurut saya. Eh modal dikit sih, buat camilan dan kopi.

4. Editor

Teman-teman lulusan Sastra Indonesia, atau bergelut memperjuangkan pentingnya PUEBI dan KBBI, temant-teman bisa mendaftar sebagi editor. Saya pernah punya kenalan yang tinggal di Kalimantan, tapi bisa jadi editor bahkan di luar pulau. Jadi kerjanya enggak perlu keluar rumah kan?

5. Illustrator

Kalau punya keahlian menggambar, enak lagi nih bisa banyak lapangan pekerjaan. Teman-teman bisa mengajukan diri jadi illustrator sebuah penerbit, atau membuka jasa ilustrasi. 

6. Admin Sosial Media

Kalau teman-teman termasuk orang yang kreatif, suka otak-atik, dan udah jago soal mengatur sosial media sendiri (paham algoritma, engagement rate, dll.), enggak ada salahnya daftar menjadi admin sosial media sebuah perusahaan. 

Biasanya mereka membuka lowongan khusus untuk itu. Pekerjaan ini salah satu pekerjaan online yang cukup menjanjikan saat ini. Kapan lagi main media sosial tapi digaji? 

7. Dropshipper

Dropshipper adalah sistem di mana kita tidak perlu menyediakan barang untuk jualan. Intinya no modal deh. Cukup mempromosikan sebuah produk, nanti tinggal penjual yang utama langsung mengirimkan  ke pembeli. 

Aku pernah nih jadi dropshipper subah buku custom. Lumayan untungnya. Apalagi saat ini lebih mudah karena ada e-ccomerce seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya. Mereka sudah menyediakan fitur dropshipper, jadi nama pengirim otomatis langsung oleh toko kita.

8. Reseller 

Jika ingin lebih berani dan lebih pasti, teman-teman bsia jadi reseller dan jualan online. Enaknya reseller, teman-teman bisa yakin kalau produknya aman tanpa cacat sebelum dikirim. 

Berbeda dengan dropshipper yang tidak kita ketahui bentuknya. Tapi reseller minusnya harus punya modah terlebih dahulu.

9. Blogger Profesional

Blogger professional maksudnya di sini bener-bener merawat dan mengisi blognya dengan tulisan ya hehe. Jika kita rajin bikin konten, dan blog kita mudah diakses, pasti deh penawaran sponsor post akan muncul dengan sendirinya. 

Selain itu sudah banyak forum-forum dan aplikasi atau situs yang menjadi penghubung antara advertiser dan influencer. Orang nitip 1 backlink aja  tanpa nulis baru bahkan bisa dibayar kok hehe.

Soal pengalaman selama menajdi blogger teman-teman bisa baca cerita saya soal blog di kategori blogging. O ya bukan hanya sponsor post, teman-teman juga bisa fokus ke Adsense kalau sudah tahu SEO.

10. Pejuang Lomba Blog

Bagi yang senang berkompetisi, peluang ini luar biasa. Soalnya lomba blog itu pasti ada aja tiap bulan dan pilihannya banyak.

Tinggal sesuaikan suka yang mana. Hadiahnya enggak main-main, ada yang berhadiah laptop, handphone, bahkan uang tunai puluhan juta. 

Tapi tidak sedikit juga yang berhadiah mulai ratusan ribu hingga jutaan. Tapi kan lumayan. Apalagi rasa bangga ketika tahu menang hehe. 

Cuma hati-hati pilih lomba, jangan sampai panitianya enggak amanah. Bisa baca cerita saya soal pengalaman dicurangi panitia lomba blog sebelumnya. 

11. Youtuber Profesional

Ini sebenarnya agak lumayan susah-susah gampang sih (susahnya yang banyak wkwk), selain itu butuh waktu yang agak lama. Tapi kalau tekun, mending upload video daripada nganggur kan? Pelajari juga SEO dalam Youtube agar bisa ditemukan banyak orang.

12. Social Media Influencer

Ini nih juga peluangnya lumayan banget. Sekarang sudah banyak aplikasi yang kita bisa dapat penghasilan tambahan dari sana. 

Dengan bermodal followers IG, kita bisa bantu UKM bahkan perusahaan-perusaahaan besar untuk mempromosikan produknya. Kita akan dibayar jika melakukan itu (terkadang hanya dapat produk gratis, terkadang dapat fee juga). Orang-orang biasa menyebutnya endorse. Lumayan lho! hehe.

Teman-teman bisa ikut komunitas untuk mendapatkan info job, bisa juga gabung management. Atau coba daftar di aplikasi-aplikasi influencer/reviewer. Ada juga review aku udah narik sejuta dari aplikasi Partipost.

13. Menjual Foto Online

Kalau punya koleksi foto bisa lho katanya dijual. Tahu Shutter Stock? Nah, di sana kita bisa upload foto dan dibayar jika ada yang unduh foto kita. 

Tempat yang lain ada  Alamy, 123rf, 500px, iStockphoto, dan Etsy. Tapi aku belum pernah nyoba sih. Pekerjaan ini memang pekerjaan yang dilakukan secara online. Mungkin ngambil fotonya aja sih harus offline hehe.

pekerjaan yang dilakukan secara online

14. Jual Pulsa, Paket Data dan Listrik

Yang ini enggak perlu buka konter pulsa. Kita cukup install aplikasi jualan, lalu nanti promoin deh ke temen-temen. 

Kalau pelangganya banyak umayan sih. Asal telaten aja masukin nomor. Salah-salah bisa bahaya hehe. Jualan ini juga bermanfaat untuk penggunaan sendiri sih. Jadi lebih hemat. Tapi inget nagih utang, haha.

15. Membuka Kelas Keahlian

Kalau teman-teman pengen berbagi ilmu sekaligus dapat cuan, bisa banget bukan kelas online. Salah satu contohnya si pakar Instagram, Mas Niko Julius. 

Siapa yang nyangka kalau ternyata ilmu Instagram banyak yang nyari. Nah, Mas Niko memanfaatkan hal tersebut. Tentunya harus branding dulu biar dikenal banyak orang kalau kita ahli dalam hal tersebut.

16. Instagram Story Filter Maker

Beberapa perusahaan banyak mencari jasa ini. Pekerjaannya adalah membuat filter Instagram story yang lagi hits saat ini. Tahu kan? Nah teman-teman bisa pelajari dulu cara buatnya. Nanti tinggal nyari jobnya (kayak gampang banget ya wkwkw). Hubungi lilpjourney.com kalau mau nanya-nanya haha.

17. Web Designer

Kalau jago desain sebuah website karena sudah bergelut lama, bisa banget buka jasa ini. Tidak sedikit orang-orang yang ngeblog tapi enggak tahu desain blognya. Mereka biasanya membutuhkan jasa web designer.

18. Web Developer

Kalau tahu Bahasa program karena kebetulan dulu kuliah, jadi web developer juga sangat menjanjikan.s aat ini banayk perusahan baru yang pengen buat web tapi butuh web developer untuk itu. 

Kerja online dari rumah dari rumah

19. Desainer Grafis

Kalau jago desain menggunakan Photoshop dan Corel misalnya, coba deh buka jasa desain. Biasanya itu paling banyak dicari adalah desain logo. 

20. Menguasai Link Afiliasi

Tahu afiliasi? Yang belum tahu, afiliasi adalah menyematkan link di blog/media sosial kita. Nah saat terjadi klik atau penjualan, akan dapat komisi. Ada salah seorang blogger yang fokus afiliasi Amazon, bisa menghasilkan 33 juta per bulan.

21. Ikut Survey Online

Meski ini jarang, tapi sekali-sekali bolehlah ikutan. Paling banyak survey di daerah Jakarta sih. Sekali survey bisa ratusan ribu. 

22. Buzzer Manager

Kalau suka ngumpulin massa wtitter, boleh banget jadi buzzer manager. Artinya kita mengatur para buzzer untuk ngetweet gitu dengan fee (enggak banyak tapi lumayan). Sekalian memanfaatkan twitter.

Tapi saran saya buzzer hanya produk aja ya, jangan sampai menjurus ke pemerintahan wkwk. Jangan yang menyerang instansi atau perusahaan lain juga. Yang positif dong buzzernya. 

23. Admin Influencer Management

Kalau sudah paham soal influencer, bisa juga jadi adminnya yang megurus influencer. Cari kontak brand, buka management, dan cari talent. Biasanya management bisa dapat fee 10-25% dari pendapatan talent. Tapi ingat harus amanah ya.

24. Buka Jasa Giveaway

Saat ini, orang-orang yang pengen ngasih giveaway lebih sering menggunakan jasa orang lain untuk mengadakan giveaway. Para sponsor mengumpulkan uang, dan yang bertugas mengatur giveaway adalah adminnya. 

Kesimpulan

Beberapa di atas adalah pekerjaan online mudah yang bisa dilakukan dari rumah apalagi saat pandemi seperti ini. Teman-teman bisa memulai melihat bagian mana kira-kira yang sesuai dengan passion atau keahlian teman-teman.

Pekerjaan ini cocok juga buat IRT. Kalau pengen nambah ada yang masuk di rekening, boleh banget nyobain jadi blogger.

Kalau nyari kata kunci "kerja online dari rumah" di google biasanya bisa nemu sih, tapi harus pinter-pinter cari relasi juga.

Nah itu dia ulasan mengenai pekerjaan yang dilakukan secara online. Semoga bermanfaat ya ...

Sumber foto: unsplash.com

Baca Juga
Triyatni A.

ɪɴᴅᴏɴᴇꜱɪᴀɴ | ᴍᴜꜱʟɪᴍᴀʜ | ᴀ ᴍᴏᴍ | ᴄᴏᴍᴘᴜᴛᴇʀ ɴᴇᴛᴡᴏʀᴋɪɴɢ ᴠᴏᴄᴀᴛɪᴏɴᴀʟ ʜɪɢʜ ꜱᴄʜᴏᴏʟ ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ᴊᴀᴘᴀɴᴇꜱᴇ STUDY ɢʀᴀᴅᴜᴀᴛᴇ | ʟᴏᴠᴇ ᴛᴏ ʀᴇᴀᴅ ᴀɴᴅ ꜱʜᴀʀᴇ | ᴄᴏɴᴛᴀᴄᴛ ᴍᴇ ꜰᴏʀ ᴍᴏʀᴇ pohontomat.com@gmail.com ɪɴꜱᴛᴀɢʀᴀᴍ : @ᴘᴏʜᴏɴᴛᴏᴍᴀᴛ

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...

  1. Wah, banyak juga ya ternyata peluang selama pandemi. Paling pengin jadi penterjemah dan penulis lepas. Tapi masih kurang PD nih :)

    BalasHapus
  2. Beberapanya saya sudah lakukan nih, hihi
    Btw kenapa sekilas saya baca nomor 15. "Membuka Belas Kasihan" ya? HAHAHHHAA

    Salam kenal Kak Tri

    BalasHapus
  3. Banyak juga ya referensi nya, tinggal kitanya aja mau berusaha mencoba apa rebahan aja sama adu nasib gitu ya bund hehe

    BalasHapus
  4. Wah mantul banget ini mbak Tri tips-tipsnya hehe.. Ingin banget untuk bekerja secara online.. semoga bisa terealisasi ditahun ini hehe memang ya susah susah gampang 🙈

    BalasHapus
  5. Kalau saya, saat ini lagi menjajaki bisnis online. Sekalian mengasah content/copywriting skill-nya.

    Nice sharing mbak.

    BalasHapus