SEO Moms Community, Tempat Belajar SEO Pemula Terbaik

SEO Moms Community, Tempat Belajar SEO Pemula Terbaik - Sebagai bloger baru, dulu, saat pertama kali dengar kata SEO itu benar-benar melongo. “Itu apaan sih?”, “Gimana caranya?", dan masih banyak pertanyaan lainnya. Ada yang sama dengan saya?

Waktu itu juga pernah lihat informasi job yang mewajibkan untuk mengetahui SEO. Saya pun langsung keder duluan. Sekarang kalau ditanya soal SEO mah alhamdulillah udah mulai mudeng. Bahkan pernah juga dapat juara 10 di antara sekitar 280 peserta lomba SEO. Masih jauh sih dari harapan, tapi lumayan setelah beberapa kali nyoba lomba SEO seringnya gagal menang terus wkwk. 

Tapi belum ahli banget juga, soalnya SEO untuk blog itu ilmunya abstrak. Kadang metode A berhasil, kadang metode B. Yah dicoba semua aja gitu … Termasuk di SEO Moms Community (SEMOC), kita sebenarnya dibebaskan untuk belajar SEO dari manapun. 

O ya bagi yang belum tahu, SEO adalah metode atau cara yang digunakan agar tulisan kita bisa nangkring di halaman pertama Google. 

Manfaatnya tentu banyak sekali kalau tahu ilmu ini. Selain banyak kunjungan dari Google, tulisan kita bermanfaat untuk orang lain (ada yang baca gituuu), dan bisa menambah nilai atau kualitas blog kita kalau ditanyain klien tayangan halamannya berapa. Ya kalau nyantol job kan seneng dong.

Nah, kali ini saya mau cerita salah satu tempat belajar SEO saya. Di sini khusus emak-emak  (perempuan belum emak2 juga bisa)

"Seluruh tukang bangunan memiliki teknik yang sama dalam membangun sebuah pondasi bangunan. Namun saat mulai membangun, mereka memiliki cara yang berbeda dikarenakan harus menyesuaikan dengan lahan yang di hadapi, Begitu pula dengan blog, semua memiliki teknik yang sama tetapi saat penerapan mereka harus menyesuaikan dengan platform yang digunakan”~ Bang Q (Founder)
SEO Moms Community

Mengenal Founder dan Sejarah SEO Moms Community

Foundernya bernama Mas Qbenk. Kadang juga dipanggil Bang Q. Tapi nama asli beliau adalah M. Sahlan (jangan tanya saya kenapa 🀣).

Beliau asli Pontianak, Kalimantan Barat. Lahir dan besar di sana. Namun kini tinggal di Sei Raya, Kabupaten Kubu Raya sejak ibu beliau meninggal di November 2019. 

Percaya atau tidak, kalau ternyata beliau gak ada basic sama sekali dengan komputer ataupun pekerjaan kantoran di dalam ruangan. Justru pekerjaan beliau dulu lebih ke outdoor, yaitu kuli bangunan. Namun beliau mulai aktif ngeblog sejak 2005, masih berprofesi sebagai kuli bangunan. 

Kata beliau awal mula tertarik dengan SEO karena pada tahun 2007 seorang staf BNP Kalbar menemui beliau karena sebuah tulisan beliau yang nangkring di Google tentang narkoba. Wah kebayang dong tahun segitu. Saya sendiri masih ingusan belum tahu internet wkwkw. 

Nah karena tulisan beliau tersebut, beliau diminta untuk berbicara dengan tema "Kampanye Anti Narkoba Lewat Blogging" di aula kantor Gubernur Kalimantan Barat. Kereeeen. 

Jadi deh semenjak itu, beliau mendalami dunia SEO di tahun 2008 lewat forum-forum dunia maya bermodalkan warnet. Jadi memang harus ada motivasi kuat yes!

Tahun 2012 beliau semakin semangat melakukan berbagai test trial error SEO tanpa bimbingan dan hanya mengandalkan warnet dengan biaya hasil nguli bangunan.

Sayangnya, bapak belau sudah pergi lebih dulu sebelum beliau fokus ke SEO. Dan mulai Awal 2013 beliau fokus pada SEO dan berhenti jadi kuli bangunan. Beliau langsung izin ke ibu. Alhamdulillah dengan ikut berbagai kompetisi, penghasilan Adsense, juga membuka jasa SEO membuat beliau sukses sebagai bloger. Namun, beliau dapat cobaan lagi. Beberapa tahun kemudian, tepatnya 25 November 2019, ibu beliau juga berpulang.

O ya Ibu beliau dulunya adalah tukang cuci pakaian tetangga. Bang Q mengakui bahwa ibu adalah seorang yang pekerja keras. Hadirnya SEO Moms Community ini kata beliau adalah dalam upaya ungkapan kasih sayang beliau kepada almarhumah. Jujur saya kagum ketika mendengar alasan sejarah membuat komunitas ini. 

“Maka disini saya juga ingin Moms tidak perlu ngotot untuk berjuang untuk maju di SEO, sesuaikan dengan kapasitasnya sebagai seorang ibu bagi anak-anak. Saya ingin memudahkan Emak-emak untuk bersaing, jangan sampai menyulitkan.”~ Bang Q
belajar seo pemula

Mulai Bergabung di SEO Moms Community

Saya pertama kali masuk waktu itu dapat info bahwa akan ada pembukaan belajar di SEMOC part 2. Saya dijapri langsung oleh Kak Ipeh Alena kalau ada tempat belajar SEO yang bagus dan gratis. Emak-emak dengar gratisan langsung melek dong haha. Karena beli domain aja mikirinnya lama banget wkwkw. Belum harus izin suami dulu kan hehe.

Saat itu saya yang masih awam banget sama SEO langsung daftar. Kalau gak salah daftarnya di link facebook gitu mengarah ke website komunitas. Saya juga waktu itu baru saja menambahkan Bang Q sebagai teman di Facebook. Katanya informasi updatenya biasanya ada di sana. Dan kuota pendaftaran saat itu terbatas karena hanya 1 grup per periode untuk seluruh Indonesia.

▶▶ Model Pelajaran di SEO Moms Community

Setelah beberapa lama, kami bergabung dalam sebuah grup WA. Bersama Kak Sari (Co-Founder SEO Moms), kami memulai pembelajaran via WAG. Waktu itu bertepatan bulan Ramadhan tahun 2020. Saat siang hari biasanya materi akan dimulai. Lalu akan ada tugas atau praktek yang diminta. Seingat saya waktu itu jika berhalangan hadir bisa izin. Namun jika tidak mengerjakan tugas, akan "diluluskan duluan" dari WAG. 

Sejak bergabung tahun lalu, banyak sekali hal-hal baru yang saya pelajari. Terutama soal bagaimana blog itu tidak hanya memperbaiki soal tulisan, tapi juga struktur blog. Mulai dari judul blog, deskripsi, tata letak H1, H2, H3, dan sebagainya. 

seo untuk blog

Beberapa kode-kode html juga dengan lancar dan sabar dijelaskan Mas Q. 

Padahal tahu sendiri kan emak-emak gimana hehe. Jangankan ngurusin kode html blog, bisa nulis aja harus nyuri-nyuri waktu dan belum mengorbankan waktu tidur.

Kita juga diajari bagaimana cara mencari kata kunci. Mulai dari kata kunci utama (keyword utama), kata kunci relevan, juga kata kunci turunan. Jujur saya baru benar-benar paham saat belajar di sini. Soalnya terkadang agak sulit jika belajar sendiri atau otodidak.

▶▶ Pentingnya Belajar SEO untuk Blog

Kata Bang Q, SEO sudah dikenal sejak tahun 1990an. Namun saat itu algoritma hanya menilai reputasi sebuah blog hanya berdasarkan seberapa banyak backlink (BL) yang dimilikinya.

Jadi dulu tuh, kalau backlinknya banyak, akan gampang muncul di halaman pertama. Meski backlinknya dari situs-situ berbahaya dan ilegal sekalipun. 

Namun, seiring berjalannya waktu, Google mulai melakukan perombakan besar-besaran pada mesin pencari mereka. Algoritma sekarang benar-benar menilai SEO bukan lagi dari BL. Tapi lebih kompleks. Khususnya fokus pada SEO On Page. Mulai dari struktur blog, keywor, user experience, dan masih banyak lagi (dan algoritma terus berubah).

Jadi hal paling dasar dari SEO ini yaitu SEO On Page. Dan ini yang masih kami pelajari sampai sekarang (mulai kelas baru sekitar sebulan lalu). 

Secara umum SEO On Page berkaitan dengan:

  • Titel blog
  • Deskripsi utama Blog
  • Deskripsi penelusuran
  • Desain dan tata letak blog
  • Struktur Blog
  • Meta tag header (blogspot)
  • Meta robot txt (blogspot)
  • Struktur konten
  • Penulisan standar SEO
  • Related link konten
Untuk SEO Off Page juga akan dipelajari di komunitas ini. Tapi yang paling utama dulu adalah bagaimana kualitas blog kita dari dalam. Jadi jika orang mencari sesuatu di blog kita, mesin Google bisa membaca blog kita dengan baik.

SEO Moms Community, Tempat Belajar SEO Pemula Terbaik

Mengapa saya berani bilang kalau komunitas adalah Tempat Belajar SEO Pemula Terbaik? Karena di sini adalah tempat di mana belajar SEO begitu santai namun tetap fokus. Saya rincikan satu-satu deh di bawah agar lebih jelas:

▶▶ Waktu Belajar Kapan Saja

Jadi pemateri alias Bang Q akan menjabarkan materi di waktu kapan beliau mampu. Namun kita diberikan waktu untuk baca kapan saja. Jadi tidak perlu stanby di grup kalau memang tidak memungkinkan. Beliau begitu paham ribetnya emak-emak hehe.

▶▶ Tanya Apapun

Di sini, kita mau bertanya se-dasar apapun pasti dijawab. Bang Q begitu telaten menjawab kita para pemula. Bahkan meski sudah dijelaskan di materi, beliau tetap sabar menjawab ulang kembali. Tapi terkadang admin yang handle (moderator grup), yang lebih tegas untuk menegur atau mengingatkan hehe. 

▶▶ Langsung Praktek

Enaknya belajar di sini, kita bisa langsung praktek materi yang diberikan. Pernah juga ada kompetisi antar member dan berhadiah karena kerjasama dengan sponsor. 

Kalaupun ada kendala di grup langsung dijawab Bang Q. Mau platform blogspot atau wordpress, semua diladeni. Makanya saya gak berani clear chat grup WA karena ilmunya daging semua.

▶▶ Santai tapi Tegas

Meski santai, grup ini juga masih memiliki peraturan. Misalnya jika kita diberi tugas, tapi  kita malah mengabaikan tanpa pemberitahuan, kita bisa jadi akan "lulus duluan".

▶▶ Aktif Kopdar Online

Meski pandemi, komunitas ini tetap aktif melaksanakan kopdar online. Di kopdar ini emak-emak ngumpul bukan buat gosip lho, tapi buat belajar SEO. Keren gak tuh? hehe. Kopdar kemarin malah banjir hadiah dan alhamdulillah sempat dapat buku karya Mbak Bety Kristianti, salah satu member SEO Moms juga. 

Cara Daftar di SEO Moms Community

Lalu bagaimana cara daftar di komunitas ini? Nah buat yang mau daftar sabar ya. Soalnya mereka sistemnya buat per periode gitu. Gak buka anytime

Jadi kalau misalnya udah buka, nanti akan ada form yang disebarkan dan langsung deh cus mendaftar. InsyaaAllah bakal lolos selama kita emak-emak dan serius (non emak2 juga bisa ya katanya). Kalau dulu kuotanya dibatasi karena cuma 1 grup, sekarang lebih banyak karena dibagi per wilayah. 

Kebetulan saya sekarang bergabung (lagi) di SEO Moms Basic SulBalNusra (Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara). Koordinatornya ada Mbak Mugniar (Koordinator Sulawesi) dan Mbak Rizky (Koordinator Bali). Kedua wilayah ini digabung karena pesertanya masih kurang. Ada juga wilayah di kota-kota besar lain. Cek aja instagram atau facebooknya. Karena akan update di sana. 

kursus seo

Kesimpulan

Belajar SEO buat emak-emak menurut saya wajib. Karena ini bermanfaat untuk bersaing dengan para bloger di luar sana yang mayoritas pria dan jago SEO. 

Namun karena berbagai alasan, terkadang emak-emak punya seribu alasan untuk tidak belajar. Apalagi kursus SEO itu mahal lho! Saya pernah dengar katanya dari ratusan ribu sampai belasan juta. Namun semenjak hadirnya SEO Moms Community ini, saya yakin emak-emak bisa dengan mudah belajar SEO untuk blog tanpa beban. 

Pokoknya mau terima kasih sama Mbak Ipeh yang udah ngenalin komunitas ini. Makasih buat Founder  Bang Q dan dan Co-Founder Mbak Sari yang sudah merelakan waktu dan ilmu menghadapi kami. Juga buat teman-teman yang luar biasa semangatnya jadi ikut termotivasi juga. Thank you ...

Ssst, para alumni SEMOC banyak yang sudah pernah memenangkan lomba SEO lho ngalahin bapak-bapak, hihi. 

Informasi lebih lanjut:
https://seomomscommunity.com/
FB: https://web.facebook.com/seomomscommunity/
IG: https://instagram.com/seomoms
Founder: https://web.facebook.com/profile.php?id=100059659085350
Next Post Previous Post
17 Comments
  • Ainun
    Ainun 25 Mei 2021 19.25.00

    gabung di komunitas seperti ini bener bener menambah ilmu
    aku nggak ikutan join mbak, aku kira khusus buat para mom aja soalnya ya

  • Hermansyah
    Hermansyah 27 Mei 2021 06.51.00

    Oh, jadi hanya khusus perempuan atau emak-emak aja berarti saya ngga bisa ikut nimbrung dong?

  • adittyaregas
    adittyaregas 27 Mei 2021 07.07.00

    Kada sengaja ulun tetamu blog urang banjar hihi. Salam kenal Bu.

    Wah beruntung banar pian ni suka belajar SEO. Ulun kdpernah ngeh soal ini walau lingkungan awal Blogger Banua buhan pemburu $$$ Hihi. Rasa supan ada jua mengomen blog pian nih aktif banar ulun lihat luar biasa.

    Semangat gasan pian mudahan kalau umpat komeptisi SEO bisa. Aaamiin...

  • Mualimah
    Mualimah 30 Mei 2021 00.10.00

    Pengen juga belajar di komunitas itu apalagi gratisan..

    Oh ya, bantu kunjungannya ya bund. Masih pemula😊

  • Mariatanjungmenulis
    Mariatanjungmenulis 1 Jun 2021 04.51.00

    Seneng juga saya SEO Moms ini sering kopdar online. Sebagai bagian dari SEO moms Jawa Timur rasanya bangga bisa masuk ke komunitas ini. Belajarnya pun kapan saja

  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh 1 Jun 2021 07.16.00

    Beruntung ya mbak, jadi salah satu bagiannya :) seneng banget bisa ikutan belajar gratis deh :)

  • Shafira Adlina
    Shafira Adlina 1 Jun 2021 07.47.00

    betul mbak kelas SEO itu mahal juga, dari tahun 2008 udah sering denger. tahun 2018 aku ikut malah khusus website toko sih itu aja 3 hari 2juta wkwk. baru semangat nekunin sebagai blogger satu tahun ini. mbak artikelmu saya bookmark dulu nih buat dipelajarin bener2

  • Han
    Han 1 Jun 2021 14.44.00

    Waahh alhamdulillah, kak tri masuk wilayah kalimantan yaakk?

  • Hamimeha
    Hamimeha 1 Jun 2021 15.18.00

    Masya Allah terharu aku bacanya mbak.terima kasih banyak atas banyaknya informasi dan pencerahan.

    Semoga bang Q dan keluarga sehat2. Inspiratif.

    Aku mauuuuuuu kalau ada pembukaan lagi pengen ikut. Kbar2 ya mbak

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 1 Jun 2021 16.39.00

    Senang bisa jadi bagian dari komunitas ini. Bisa bertemu dengan emak-emak yang juga punya semangat luar biasa buat belajar SEO. Bahkan berkat komunitas ini jadi punya keberanian buat turun ikut lomba SEO padahal sebelum-sebelumnya kalau lihat info lomba SEO aja nyali udah ciut duluan hehe

  • Jurnal Bunda Imut
    Jurnal Bunda Imut 2 Jun 2021 05.43.00

    Ehehehe mbak Ipeh aku juga mau dong dikenalin kayak mbak pohon tomat ini belajar mahir CEO.. heheheh

  • Pida Alandrian
    Pida Alandrian 2 Jun 2021 18.04.00

    Eh baru tau ada deskripsi utama sama deskripsi penelusuran..
    Slama ini cuma tau deskripsi pas nulis artikel, dan kayaknya itu masuk k deskripsi penelusuran dehh..

  • Enny Ratnawati
    Enny Ratnawati 5 Jun 2021 15.58.00

    algoritma terus berubah,harus rajin belajar ya

  • chairina bawazir
    chairina bawazir 8 Jun 2021 04.27.00

    Pengen banget gabung di seo mom tapi belum buka lagi pendaftarannya.

  • Nurrahmah Widyawati
    Nurrahmah Widyawati 8 Jun 2021 05.56.00

    Seru ya emak2 pada jago SEO :') aku udah beberapa kali belajar SEO di beberapa zoom kurang maksimal mgkn marena durasi juga sebentar ya. Atau akunya aja yg memang susah memahami wkwk. Semoga sukses selalu SEO Moms Community ;)

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 9 Jun 2021 14.01.00

    Allhamdulillah hepi banget bisa join di SEO MOM DIY Jateng tahun aku Kak.

  • Me
    Me 18 Jun 2021 03.33.00

    Hi kak! Aku suka deh baca2 disini, banyak info2 menarik buat aku yang suka nulis tapi masih terhitung jarang ngeblog. Thank you untuk sharing2nya.

Add Comment
comment url