Setahun pohontomat.com, Pencapaian, dan Suka Duka

Setahun pohontomat.com, Pencapaian, dan Suka Duka

Konten [Tampil]

cara menjadi blogger yang menghasilkan uang

Alhamdulillah, kamu udah setahun nak, ehe ...

 

Bikin blog ini sebenarnya tanggal 19 Juli 2019. Harusnya tulisan dirilis tepat setahun tanggal segitu juga (19 Juli 2020), tapi ada aja halangannya (bilang aja malas hoho) 😁.


Bingung mau cerita dari mana, nulis ini juga sebenarnya hanya bentuk apresiasi diri sendiri. Biar ingat bagaimana membuat blog ini dari nol


Jangan sampai di tengah-tengah malah dicampakkan wkwk. Mungkin kalau ada yang baru memulai blog dari nol juga bisa sedikit termotivasi dari ini. Aamiin


Awal Mula Ngeblog


Jadi ini bermula ketika ada dapat motivasi dari obrolan-obrolan santai di sebuah grup pencinta buku. Ada yang bilang kalau dirinya sebagai bloger, bisa dibayar orang buat nulis review produk orang atau nama lainnya bisa jadi influencer


Main ratusan ribu bisa sekali dapat job. Saat itu wauw banget, selama ini nulis enggak pernah dibayar soalnya wkwk.

Waktu itu saya masih cukup antusias buat jualan online. Seneng aja gitu kalau ada uang masuk rekening dari usaha sendiri 😎. Apalagi sudah memutuskan berhenti kerja sejak hamil 6 bulan. 


Mulai Aktif Kembali


Nah, saat itu blog saya yang masih pohontomat.worpdress.com (blog gratisan) akhirnya mulai saya hidupkan kembali. Bermula dari ada lomba blog kecil-kecilan sesama member pencinta buku (@gerakan_1week1book). Ada lomba nulis di blog terus dikomentarin gitu sama adminnya.


Selanjutnya ikutan 30 hari nulis Bersama Blogger Perempuan. Yang konsisten bisa dapat merchandise lumayan. Waktu itu dapat mug dan gantungan kunci. 


Udah nambah artikel, motivasi nulis, eh dapat hadiah lagi. Maraton nulis yang kedua dapat baju kaos, ama stiker.  Baik banget emang @bloggerperempuan hehe. 


Terus kan ada tuh yang namanya Blogger Perempuan Network (Sekarang anamanya HIIP). Khusus untuk informasi kerjasama/job gitu, baik di media social dan blog. 


Iseng-iseng daftar. Eh ternyata lolos job media sosial salah satu provider yang emang lagi saya pakai saat itu.

 

Bayarannya lumayanlah. Cuma posting foto di IG. Followers masih 1000-an.


Job kedua, ada campaign di blog gitu. Nulis, diberi bayaran juga. Masih blog gratisan padahal. 


Dan dari situlah saya mulai semakin serius ngeblog


Memulai dari Nol


Karena pengen banget main-main adsense kayak punya orang-orang gitu, nyobain enggak bisa di wordpress gratisan. Ternyata memang kalau di WP itu enggak bisa masang adsense kalau gratisan, di blgospot gratisan bisa. 


Mau beli domain, kok mahal ya di WP itu. Pengennya beli domain murah aja. 


Terus ada kendala baru, saat ikutan menulis 30 hari bareng bloggerperempuan lagi (saat itu yang kedua bulan Juni Ramadhan 2019, yang pertama akhir tahun 2018). 


Link blog saya kok enggak bisa dicopy di IG 😱. Di FB juga. Ternyata informasi dari teman-teman, blog saya udah diblokir ama Mark karena dianggap spam 😞, istilahnya gitu. Karena Mark yang punya IG ama FB hehe. 


Sayang banget padahal mau share jadi susah. Juga siapa tahu lebih banyak rezeki kalau udah TLD (namadomain.com).


Akhirnya dengan 3 alasan itu, saya beli domain TLD baru di blogspot. Setelah nanya sana sini, nama pohontomat tetap dipertahankan, hehe. 


Mulai dari nol. Sengaja enggak pindahin tulisan semuanya dari WP, karena ternyata tulisan lama saya pada alay 😅. Belum lagi jumlah katanya beberapa dikit banget (belum tahu SEO-SEOan ceritanya).

 

Yes, mulai ngeblog dari tulisan kosong. DA 0/1 (masih perdebatan DA mulainya 0 atau 1). Tapi tetap bawa branding lama, pohontomat (entah ini bisa disebut personal branding atau tidak, wkwk).


Serius Ngeblog Karena Apa?


Niat ngeblog orang pasti beda-beda. Ada yang buat blog untuk sekadar hobi nulis. Ada yang buat melepas stres, juga ada yang emang langsung fokus jadiin ngeblog sebagai kerjaan jadi bisa menghasilkan.


Mungkin saya bisa ketiganya, tapi memang palinn fokus di alasan terakhir. Satu-satunya alasan saya berani beli domain ini karena pengen lebih motivasi rajin nulis (kan udah bayar ceritanya), juga dapat cuan dari ngeblog lebih dari sebelumnya. 


Kalau blog gratisan bisa dapat cuan, biasanya blog dengan TLD lebih mudah lagi. Karena terlihat lebih profesional katanya. Dan Alhamdulillah tujuannya sedikit demi sedikit tercapai.


Jadi buat teman-teman yang sekarang lagi ngeblog, apapun alasannya selama tidak plagiat tulisan orang, tetaplah semangat ngeblog ya 😎. 

 

Tapi yang paling seneng itu kalau tulisan kita ternyata bermanfaat buat orang lain. Tulisan kita dibaca orang, dan tulisan kita banyak diklik di google, hihi.


Menggapai DA 16 dalam Setahun


Ini sebuah prestasi atau bukan saya sendiri tidak tahu. Cuma, kalau udah terjun ke dunia blog, DA naik itu seperti dapat nilai bagus kalau ujian hehe. Seneng banget rasanya.


Ini bukan soal pemuja DA. Tapi ada keunikan tersendiri dengan tantangan tentang DA ini. Buat yang belum tahu, DA adalah nilai “kualitas” domain yang dikeluarkan oleh MOz. 


Jadi kita bisa mengecek DA masing-masing. Biasanya DA tertentu bisa dapat job tertentu. Karena blog saya dimulai dari 0, maka DA saya juga mulai dari 0/1. 


Saat 3 bulan pertama belum ada job yang bisa nangkring tentunya. Alhamdulillah seiring waktu kenaikan DA berangsur-angsur menanjak.


contoh blogger pemula


Katanya sih DA lebih kepada backlink. Ada juga yang bilang rajin nulis dan suia blog berpengaruh. Tapi DA ini memang cukup lama naiknya. Awal-awal emang gemporin tulisan, rajin blogwalking juga, dan saat DA 8 mulai rajin saling tukeran backlink bareng teman-teman. 

 

Alhamdulilah setahun pohontomat bisa menggapai DA 16 dan alexa cukup ramping di 300 ribuan global pada bulan Juli 2020 kemarin, yeaay 💖.


Belajar Meningkatkan Trafik Organik dari Google


Karena blog baru, biasanya trafik yang saya andalkan masih berasal dari blogwalking (saling mengunjungi blog) atau hasil dari share sosial media. 


Namun seiring waktu saya belajar SEO dan meningkatkan kualitas tulisan agar semakin banyak klik di google. Termasuk mulai edit artikel lama yang amburadul abis haha.


Alhamdulillah blog yang awalnya cuma ratusan views per bulan (karena hanya dari share medsos dan BW), kini menjadi belasan ribu per bulan (karena banyak dari google). 

 

Sebenarnya niche gado-gado blog saya cukup sulit untuk dapat banyak views. Apalagi namanya seperti blog tanaman haha. Biasanya paling banyak klik itu niche khusus seperti khusus beauty, khusus teknologi, khusus niche otomotif, dll. Mereka bisa ratusan ribu views mungkin? atau lebih? 😍


Target saya dulu dikit aja, yang penting nembus 10 ribu views aja deh. Alhamdulilah akhirnya tercapai. Kini target saya agar bisa 50 ribu views sebulan, aamiin.


Tentang Kepercayaan 40 Lebih Brand dalam 6 bulan terakhir


Selama 6 bulan terakhir alhamdulillah dapat banyak pekerjaan dari blog dan sosial media. Sebagai bloger pemula (yes saya masih pemula), menjaga kepercayaan adalah hal penting. Karena saya menganggap ini adalah pekerjaan part time, saya harus maksimal dalam melakukan job dari klien.


Memang, 6 bulan pertama di tahun 2019 pohontomat.com masih satu atau dua job. Salah satunya karena blog masih baru, dan sosial media juga belum terlalu dimaksimalkan. 

download blogger


Setelah blog berusia 6 bulan dan sosial media semakin dikembangkan kontennya, akhirnya tiap bulan ada saja job. Mulai dari job receh ng-tweet hingga job brand sekali kontrak hampir sejeti.


Ya kalau dibandingkan kerja kantoran pasti dikit buat tiap bulan. Tapi buat emak-emak yang bisa nulis di sela-sela curi waktu tapi tetap menghasilkan itu sudah luar biasa. Dan saya yakin para bloger senior sudah mendapatkan lebih banyak lagi. Katanya, semakin bagus kualitas blog dan personal branding, maka rate card bisa semakin tinggi. Ini yang sedang saya pelajari.

 

O ya, job bloger bukan hanya kerjasama dari brand, tapi bisa juga dari menang lomba blog, dari adsense, menjual skill web design, skill SEO, jualan template, dan lain-lain. Ada banyak jalan menuju Tangerang. 


Suka Duka Menjadi Bloger


Jadi bloger itu enak menurut saya, karena bisa jadi hobi sekaligus profesi. Ada yang bahkan sudah bisa fulltime blogger, bisa hidup lebih dari cukup dari ngeblog. Saya  sebenarnya pengen buka usaha juga, tapi kata suami, fikus ngeblog aja wkwk. 


Suami tahu saya orangnya bosenan dan enggak konsisten. Padahal penghasilan jualan offline dan online kemarin juga lumayan sih.


O ya, seperti kata saya tadi, sumber dapat cuan dari blog itu beda-beda. Ada yang memafaatkan kemampuan menulisnya, jadi sering diminta jadi copywriter maupun ghostwriter.


Ada juga yang memanfaatkan kemampuan coding bikin tema blog, jualan tema blog. Ada yang menyukai afiliasi, memaksimalkan adsense, dan saya sendiri bagian yang memaksimalkan kerjasama dengan brand atau katanya disebut influencer.


"Kok dari tadi ngomongin penghasilan mulu sih? Yang penting dari ngeblog itu ya nulis dulu aja Bambang!"


Nah, kalau kalian jadi bloger, pasti ada saja orang-orang yang akan ngomong seperti ini. Ini kembali sama tujuan masing-masing lagi kalau saya bilang.


Saya yakin, jika tujuan saya untuk serius bekerja sebagai bloger, maka seiring waktu saya akan terus memperbaiki kualitas tulisan saya. 


Beda saat saya masih nulis di platform gratisan, saya jadi malas belajar SEO, belajar tata nulis, enggak peduli kualitas konten, dll. 

 

Mendapatkan kepercayaan brand itu pun tidak asal mudah begitu saja. Mereka tentu melihat dulu kualitas tulisan kita juga kualitas blog kita yang sudah kita rawat seperti anak sendiri. Jadi siapa bilang hanya mikirin cuan? hehe

 

blogger indonesia


Suka menjadi bloger menurut saya :

1. Bisa mengatur waktu sesuka hati

2. Bisa tetap menjalankan tugas negara

3. Bisa dekat dan memantau perkembangan anak secara langsung

4. Hobi sekaligus kerja


Duka Menjadi Bloger :

1. Rela mengurangi waktu tidur

2. Banyak yang mengira bloger bukan pekerjaan

3. Mata jadi lelah depan laptop terusss

4. Bayaran kadang belum sebanding dengan waktu, riset, dan camilan yang dihabiskan 

5. Harus bisa banyak hal, ilmu nulis, inforgrafis, bahkan video editing 


Jadi Kesimpulannya


Terima kasih kepada Allah yang telah menunjukkan salah satu jalan rezeki ini. Untuk suami, terima kasih karena selalu mendukung dan jadi tempat curhat juga tempat saya menanyakan pendapat ketika saya bingung akan suatu hal dan di antara pilihan berat, wkwk. 


Untuk teman-teman yang mau membaca tulisan saya yang masih alakadarnya ini juga terima kasih sekali, juga untuk para bloger senior yang tidak pelit membagi ilmu di berbagai grup WA dan kelas online. 


O ya, bagi yang mau belajar ngeblog serius, mulailah dari ikut komunitas-komunitas. Nanti lama-lama pasti akan belajar sendiri hehe.

Saya banyak belajar selama setahun ini menekuni profesi sebagai part time blogger.  Saya menceritakan soal penghasilan bukan niat mau sok atau sombong ya gaesss. 


Dulu, waktu ada temen yang cerita soal penghasilannya sebagai bloger, saya justru excited pengen tahu. Tapi ada juga orang yang akan komen gini :


"Yang penting nulis dulu, jangan mikirin cuan, nanti datang sendiri"

"Apa hanya saya yang nulis cuma curhat tanpa mikirin penghasilan?"


Nah, ini saya bisa dibilang udah curhat juga kan? 😜


Tapi tujuan saya berbagi ini murni kalau saya ingin memotivasi para emak-emak dan anak muda di rumah, yang mungkin kalau ada waktu luang atau biasanya disebut gabut, mending nulis aja di blog 😆

 

Selain bisa mengasah kemampuan dunia penulisan, kita bisa banyak kawan bahkan nambah uang jajan.


Bisa kerja dari rumah adalah impian saya sejak dulu sebelum menikah. Bisa jadi jawaban untuk cara menjadi blogger yang menghasilkan uang bukan?


Ya, kerja dari rumah akhirnya terealisasi saat ini. Bahkan yang dulunya saya anggap diri ini salah jurusan masuk SMK jurusan komputer, kini bisa saya aplikasikan ke blog yang membutuhkan otak-atik kode html dan lainnya hehe. Yes, semua akan ada hikmahnya.


Sumber Gambar :

Canva

Freepik

Websiteseochecker

Baca Juga

24 komentar

  1. Ceritanya menarik, semangat terus kak. Semoga saya bisa menyusul pencapaiannya. Blog saya juga adipermana[dot]com baru setahun, namun DA-nya masih di bawah 10.

    BalasHapus
  2. Wah, inspiratif sekali mbak. Selamat ulang tahun buat pohontomat. Semoga rezekinya bisa nular ke blog saya yang masih belum TLD 😁
    DA saya masih 5 dengan umur blog yang sudah 2 bulan.

    BalasHapus
  3. Waah makasiih kak atas insight nyaa. Di masa pandemi ini berharap blog bisa membantu menghasilkan pundi-pundi. Namun menyadari juga bahwa saya masih butuh usaha dan berproses. Menulis juga belum konsisten dan belum terarah.

    Baca kisah kakak jadi sadar bahwa perlu usahan dan coba terus dan terus menulis. Agar kesempatan akan datang juga pada waktunya.

    Happy birthday pohontomat 🎉 terimakasih atas tulisan yg menginspirasi dan info-info seputar lomba blog. Sukses selalu yaaa ☺️

    BalasHapus
  4. Suatu pencapaian yang cukup prestisius menurut saya. Dalam setahun bisa membuat banyak konten dan memenangkan banyak event/lomba. Selain itu, dari pertumbuhan traffic juga patut diacungi jempol.

    BalasHapus
  5. Selamat ulang tahun pohon tomat 🥳
    Terima kasih atas sharingnya kak 🤗
    Hebat sekali kak Tri, banyak banget pencapaiannya dalam dunia blogging ini. Aku jadi termotivasi untuk lebih konsisten ngeblog 😆

    BalasHapus
  6. Waaaaw! 40 brand? Salut ni sama si tomat. Kerja keras berbuah manis ya kak *tepuktangan

    Aku malah dulu nggak kepikiran ikut-ikut lomba, karena memang bikin blog buat nulis aja. Tapi makin kesini malah malah sering berburu lomba, wkwk..

    pohontomat adalah salah satu blog panutanque, hihi..

    BalasHapus
  7. Happy anniversary 1 thn kak tri.. Habis Baca ini semoga aku jadi tambah semangat juga nih nulis blognya. Kak kalo kita kerja sama sama brand/ikut lomba brand tu gimana mensiasati kalo menurut kita tuh produk biasa aja? Aku rada susah kalo cerita gak sesuai hati gitu

    BalasHapus
  8. Hallo Kak, luar biasa sekali dari zero to hero ibaratnya.
    Inspiratif banget kisahnya. Mungkin lain kali bisa buka kelas pelatihan kak hehehe ... karena buat saya yang pemula yang masih meraba-raba, masih blur how to nya (meski kakak sebutkan di atas dari mulai perbaiki tulisan, juga tulisan lama, rajin BW, dll).
    Makasih sudah share ya kak.

    BalasHapus
  9. Usia blog saya sudah mau 2 tahun tapi pencapaian belum membanggakan karena banyak bikin alasan buat menyelamatkan alasan yang dibuat-buat hehehe

    Semangat untuk terus berbagi ya, Mba Pohon Tomat luv luv

    BalasHapus
  10. Happy birthday buat blog nya kak tri...
    Sukses selalu kak tri,. Semoga semakin hits dan melesat karirnya di dunia blogger,

    Seneng liat template barunya kak... Rapi, simple, lengkap bagus banget pokoknya

    BalasHapus
  11. Selamat ulang tahun untuk blog pohontomat.com ... Bisa jadi inspirasi tersendiri ini buat saya. Saya masih ngeblog sekitar tiga bulan dan memang belum ada apa-apanya. Semoga banyak suka dan manfaat ke depannya. Duka juga enggak apa-apa tapi jangan banyak-banyak.

    BalasHapus
  12. Selamat ulang tahun perdana ya pohontomat com nya Kak Tri... saya genap setahun di 12 Juni 2020 kemaren. Tp Kak Tri sudah 16 aja nih DA nya. Semoga kepercayaan puluhan brand nya terus bertambah menghasilkan cuan-cuan yang barokah yaa

    BalasHapus
  13. Keren kak tri...
    Setahun udah 16 aja..
    Saya juga baru setahun. Tapi masih 9 DA saya.
    Duhhh pengen deh naikin lagi DA ini biar makin kenceng job nya.. eeeeeh makin sering berbagi.. hihihi

    BalasHapus
  14. Selamat ulang tahun pohon tomat! Ikut seneng sama pencapaian kak Tri yang melesat banget. Terimakasih juga yaaa sudah bikin aku semangat untuk kembali ngeblog. Masih inget banget waktu kak Tri pamitan dari OWOB untuk fokus ngeblog. Alhamdulillah, jadi sekeren ini.

    BalasHapus
  15. Waah selamat ultah pohon tomat. Kecil tapi memberi banyak rezeki. Sungguh inspiratif untuk saya yang masih maju-mundur beli domain

    BalasHapus
  16. Ada Bambang juga disebut kak. itu nama teman saya loh. wkwkwk.. keren nih udah DA 16 dan jon ngantri. saya sih masih bayi kak blognya. kapan kapan ajarin ya.

    BalasHapus
  17. Barakallah atas usia blognya, ada banyak pencapaian dan suka duka selama blog ini setahun berjalan. Kereeeen.

    BalasHapus
  18. Wih udah 1 tahun DA-nya pun 16. Amazing. Congrats ya. Semoga kesuksesan nge-blog bisa ditularkan kepada teman-teman yang lain. Pahala nambah, ngeblog pun berkah.

    BalasHapus
  19. DA 16 dalam waktu setahun, wow keren banget Mbak. Ilmunya berkembang banget pasti selama setahun terakhir.

    BalasHapus
  20. salah satu blogger yang aku kenal (((lumayan dekat karena sering komunikasi))) dan menginspirasi itu pohontomat.com hehehe
    setidaknya cerita kamu mengandung cerita bahwa semua pencapaian dihasilkan dari cerita suka duka dan usaha yang tidak sedikit
    selamat dan semoga semakin sukses ya mba Tri

    BalasHapus
  21. Pibesday satu tahunan blognya kak tri. Keren ih selama satu tahun perkembangan blognya meningkat bgt, tentunya sebanding dengan usaha kak tri yg rela mengurangi waktu tidurnya. Semoga aku bisa juga istiqamah ngeblog kyak kak tri hihihi

    BalasHapus
  22. Happy anniversary pohontomat, terus lah menebar informasi yg bermanfaat yaa mbak say hehe

    BalasHapus
  23. Wah ini pencapaian dalam setahunnya sih keren banget ya mbak tp sesuai lah ya ada usaha dibalik semua kesuksesan yg kita miliki. Ga mungkin, diem2 bae tiba-tiba DA naik. Hehe

    BalasHapus
  24. Keren loh mba pencapaiannya. Branding pun menurutku pohon tomat ini kuat. Dr namanya unik, ignya juga keceh. Selamat ulang tahun yak. Semoga makin sukses!

    BalasHapus

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...